Bupati Kumpulkan Camat Bahas Persiapan MTQ


Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:13:05 WIB
Bupati Kumpulkan Camat Bahas Persiapan MTQ BUPATI Pasaman, Yusuf Lubis ketika mengumpulkan seluruh camat bahas persiapan MTQ. (YUDI)

PASAMAN, HALUAN — Bupati Pasaman, Yusuf Lubis kumpulkan seluruh camat di daerah itu secara mendadak. Para camat dari dua belas kecamatan itu dikumpulkan di ruang kerja bupati, Kamis (12/10) sore. 

Itu dilakukan guna me­mastikan pelaksanaan Mu­shabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 tingkat kabu­paten itu berjalan sesuai jadwal, pada 17 Oktober 2016 di Kecamatan Rao Selatan. Bupati Yusuf Lubis meminta, pelaksanaan MTQ  harus megah, meriah dan berkualitas. Sehingga dapat menghasilkan qori qoriah terbaik. 

“Gembirakanlah warga masyarakat kita. Pelaksanaan MTQ harus wahh. Ini tak bisa ditawar-tawar lagi. Ini untuk mewujudkan visi misi yang Pasaman yang agamis,” ka­tanya. 

Turut hadir, Sekretaris DPPKA Oyong Yasrin, Ka­bag Kesra Edi Erman, Kabag Humas Antony Rachmat, Kabid Anggaran M Roni, serta para camat. 

Tidak hanya bagi tuan rumah, bupati juga meminta penegasan dari para camat lainnya tentang kesiapan dan kendala yang dihadapi ma­sing-masing kecamatan terse­but bersama para kafilahnya. 

Pasalnya, bupati tidak menginginkan ketidaksiapan salah satu kecamatan menjadi bumerang bagi kesuksesan pelaksanaan acara MTQ ter­sebut. Sehingga berujung pada molornya jadwal MTQ. 

“Saya tidak ingin itu terja­di. Makanya, para camat saya kumpulkan dadakan disini. Kita bahas bersama apa ken­dala yang dihadapi, jika itu ada,” katanya. 

“Alhamdulillah, kami semua sudah siap pak bupati. Tidak ada kendala lain lagi. Tinggal pelaksanaan saja,” jawab seluruh camat dengan kompak.  

Bupati ke-18 Pasaman ini juga meminta masyarakat setempat ikut mensukseskan pelaksanaan MTQ ke-44 itu. 

“Pelaksanaan MTQ, ba­gian iplementasi dari visi-misi, yakni terwujudnya ma­sya­r­akat Pasaman yang sejah­tera, agamis dan berbudaya,” katanya.

Sebanyak 41 cabang ba­kal diperlombakan pada ajang Mushabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tersebut, mem­perebutkan 276 piala. 

Diantaranya, cabang qira­at sab’ah, tahfidz, tartil, tilawah, khutbah jumat, mu­sa­baqah fahmil quran (MFQ), kitab standar, khattil quran (kaligrafi), MSQ, bin­tang qasidah dan MMQ,” katanya.

Sementara Camat Rao Selatan, Darlis mengatakan, pihaknya sudah mema­tang­kan seluruh persiapan MTQ di kecamatan itu. 

“Tempat sudah siap, pe­mon­dokan para kafilah serta fasilitas penunjang juga de­mikian. Seluruh umbul-um­bul dan baliho sudah terpa­sang pak bupati. Jadi, kita sudah siap melak­sana­kan­nya,” ujar Darlis. 

Pada kesempatan itu, Bupati juga menginstruksikan para camat setempat tegas memberantas penyakit ma­sya­rakat (pekat) di kecamatan masing-masing, seperti judi, miras dan narkoba. 

“Saya minta komit­mennya. Tolong para camat fokus pemberantasan pekat ini diwilayah masing-masing. Seperti, menenggak miras, judi dan menghisap narkoba. Tolong laporannya,” tukasnya. (h/mg-yud)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]