Kota Solok Buka Peluang Berinvestasi


Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:15:04 WIB
Kota Solok Buka Peluang Berinvestasi KETUA DPP Apindo Sumbar melantik kepengurusan DPK Apindo Kota Solok, Rabu (12-10). Pada kepengurusan 2016-2021, Yazid Kasim kembali terpilih untuk ke-2 kalinya. (ALFIAN)

SOLOK, HALUAN — Ke­tua Dewan Pimpinan Kota Asosiasi Pengusaha Indo­nesia (DPK APINDO) Kota Solok, Yazid Kasim menga­takan, masalah mahalnya harga kebutuhan pokok dan barang lainnya di Pasar Solok bukanlah hal yang baru lagi, melainkan sudah sejak lama menjadi gunjingan bagi ma­sya­rakat luar namun tidak jelas siapa yang akan mem­benahi.

“Sudah lama masyarakat mengeluhkan tentang prilaku pedagang di Pasar Solok dalam mematok harga yang tidak wajar. Bahkan sudah diibaratkan berbelanja di Mentawai maupun daerah Papua dengan transportasi yang susah,” jelas Yazid Kasim menjawab Haluan usai dirinya dilantik sebagai Ketua DPK Apindo Kota Solok masa bakti 2016-2021, Rabu (12/10).

Kalau boleh diibaratkan, sebut Yazit, pedagang di Kota Solok seperti katak dalam tempurung. Seakan dia saja yang berdagang dimuka bumi ini. “Pada hal sekarang per­saingan dalam berdagang makin ketat dan transportasi lancar. Kelancaran transpor­tasi, orang mulai memilih berbelanja di Kota Padang ataupun Bukittinggi bahkan berbelanja lewat internet,” ungkapnya.

Harga-harga berbagai kebutuhan sandang maupun kebutuhan dapur jauh ber­beda dengan Kota Padang. Walaupun berbagai kebu­tuhan itu diproduksi di Solok sendiri, sebut saja bawang merah, kelapa dan telur. Sedangkan pakaian juga tidak kalah hebatnya, harga hampir 2 kali lipat di banding Kota Padang dengan jenis barang yang sama.

Untuk membenahi masa­lah itu, perlu ada pihak yang berkopenten mengumpulkan seluruh pedagang, kemudian memberi arahan tentang penetapan harga suatu pro­duk yang dijual. Memang dalam berdagang itu seseo­rang mencari keuntungan. “Namun hendaknya ke­un­tungan yang diambil tidak terlalu mencekik dan masih dalam batas yang wajar,” harap Yazid Kasim yang terpilih untuk kedua kalinya sebagai Ketua DPK Aspindo Kota Solok.

Senada dengan itu, Wa­likota Solok, Zul Elfian ketika pelantikan pengurus DPK Aspindo mengatakan, Kota Solok sebenarnya merupakan lahan subur bagi pengusaha untuk menanamkan inves­tasinya. Pasalnya, letak Kota Solok sangat strategis. Hanya saja selama ini, para pelaku bisnis banyak yang tidak serius dalam menanamkan investasi di Kota Solok. (h/alf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]