Jadwal Kick off El Clasico Disesuaikan


Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:19:48 WIB
Jadwal Kick off El Clasico Disesuaikan UNTUK memenuhi kebutuhan pasar, jadwal pertandingan El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid disesuaikan dengan beberapa wilayah seperti Asia dan Amerika.

Madrid, Haluan — Jam mulai El Clasico pertama musim ini bakal menyesuaikan beberapa region, termasuk Asia. Apesnya buat Inggris, mereka justru tak kebagian jatah untuk menontonnya. El Clasico pertama di La Liga musim ini masih lama, masih sekitar dua bulan lagi. Duel yang mempertemukan Real Madrid dan Barcelona itu akan lebih dulu digelar di Camp Nou pada 4 Desember 2016.

Namun, perkara soal pada jam berapa kick-off pertan­dingan tersebut akan dila­kukan sudah dibahas sejak sekarang. Pasalnya, La Liga harus memikirkan juga ke­pen­­tingan hak siar dan pe­nonton di luar Spanyol. Se­bagai dua klub yang punya basis peng­gemar besar di seluruh dunia, duel Barcelona vs Madrid tentu akan menye­dot perhatian be­sar.

Baca Juga : Mohamed Salah Ucapkan Selamat Idul Fitri 1442 H Menggunakan Bahasa Arab

La Liga tentu juga sadar bahwa dengan perkembangan sepakbola modern, penonton di luar Spanyol adalah pasar. Dan pasar adalah bagian pen­ting dari sepakbola modern yang sudah menjadi industri.

Maka, dipilah berbagai opsi jam pertandingan  El Clasico pertama musim ini tersebut, yakni pada pukul 1 siang, pukul 4.15 sore, dan pukul 6.30 malam. Pada akhir­nya dipilihlah, sepak mula El Clasico dilakukan pada pukul 4.15 sore. Alasannya? Demi kepuasan penonton di Asia dan Amerika.

Baca Juga : Skor 3-1, Inter Milan Hajar AS Roma di Guiseppe Meazza

Sialnya buat Inggris, de­ngan dilakukannya sepak mula pada pukul 4.15 sore, mereka tidak akan kebagian tontonan.”Pertandingan itu tidak akan disiarkan di Inggris karena pada jam itu ada em­bargo siaran TV,” ujar Presiden La Liga, Javier Tebas, kepada Cadena Ser.

“Ada tiga opsi, pukul 1 siang, pukul 4.15 sore, dan pukul 6.30 malam. Kami me­nganalisisnya dengan tim audiovisual kami. Kalau dila­kukan pada pukul 6, itu terla­lu larut untuk Asia. Sementara kalau pukul 1 siang, itu terlalu dini untuk pasar Amerika,” kata Tebas.

Musim ini, La Liga me­nga­ku lebih selektif dalam memu­tus­kan jadwal kick off. Teru­ta­ma untuk pertan­di­ngan-per­tan­dingan yang di­siar­kan di te­levisi. Oleh karenanya, ja­ngan heran jika ada per­tan­di­ngan La Liga yang sudah ta­yang pada sore hari di Indo­nesia.

“Saya meniru liga-liga lain ketika menentukan jadwal. Strategi mengatur jadwal ini adalah rencana yang sudah kami susun dalam beberapa tahun belakangan dan hasil­nya sudah ada. Penjualan kami dalam skala inter­nasio­nal sudah naik tiga kali lipat,” ucap Tebas. (h/dtc)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]