Jadwal Kick off El Clasico Disesuaikan


Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:19:48 WIB
Jadwal Kick off El Clasico Disesuaikan UNTUK memenuhi kebutuhan pasar, jadwal pertandingan El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid disesuaikan dengan beberapa wilayah seperti Asia dan Amerika.

Madrid, Haluan — Jam mulai El Clasico pertama musim ini bakal menyesuaikan beberapa region, termasuk Asia. Apesnya buat Inggris, mereka justru tak kebagian jatah untuk menontonnya. El Clasico pertama di La Liga musim ini masih lama, masih sekitar dua bulan lagi. Duel yang mempertemukan Real Madrid dan Barcelona itu akan lebih dulu digelar di Camp Nou pada 4 Desember 2016.

Namun, perkara soal pada jam berapa kick-off pertan­dingan tersebut akan dila­kukan sudah dibahas sejak sekarang. Pasalnya, La Liga harus memikirkan juga ke­pen­­tingan hak siar dan pe­nonton di luar Spanyol. Se­bagai dua klub yang punya basis peng­gemar besar di seluruh dunia, duel Barcelona vs Madrid tentu akan menye­dot perhatian be­sar.

La Liga tentu juga sadar bahwa dengan perkembangan sepakbola modern, penonton di luar Spanyol adalah pasar. Dan pasar adalah bagian pen­ting dari sepakbola modern yang sudah menjadi industri.

Maka, dipilah berbagai opsi jam pertandingan  El Clasico pertama musim ini tersebut, yakni pada pukul 1 siang, pukul 4.15 sore, dan pukul 6.30 malam. Pada akhir­nya dipilihlah, sepak mula El Clasico dilakukan pada pukul 4.15 sore. Alasannya? Demi kepuasan penonton di Asia dan Amerika.

Sialnya buat Inggris, de­ngan dilakukannya sepak mula pada pukul 4.15 sore, mereka tidak akan kebagian tontonan.”Pertandingan itu tidak akan disiarkan di Inggris karena pada jam itu ada em­bargo siaran TV,” ujar Presiden La Liga, Javier Tebas, kepada Cadena Ser.

“Ada tiga opsi, pukul 1 siang, pukul 4.15 sore, dan pukul 6.30 malam. Kami me­nganalisisnya dengan tim audiovisual kami. Kalau dila­kukan pada pukul 6, itu terla­lu larut untuk Asia. Sementara kalau pukul 1 siang, itu terlalu dini untuk pasar Amerika,” kata Tebas.

Musim ini, La Liga me­nga­ku lebih selektif dalam memu­tus­kan jadwal kick off. Teru­ta­ma untuk pertan­di­ngan-per­tan­dingan yang di­siar­kan di te­levisi. Oleh karenanya, ja­ngan heran jika ada per­tan­di­ngan La Liga yang sudah ta­yang pada sore hari di Indo­nesia.

“Saya meniru liga-liga lain ketika menentukan jadwal. Strategi mengatur jadwal ini adalah rencana yang sudah kami susun dalam beberapa tahun belakangan dan hasil­nya sudah ada. Penjualan kami dalam skala inter­nasio­nal sudah naik tiga kali lipat,” ucap Tebas. (h/dtc)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 19:53:25 WIB

    Akhirnya! Piala FA Digulirkan Kembali, Catat Jadwalnya

    Akhirnya! Piala FA Digulirkan Kembali, Catat Jadwalnya HARIANHALUAN.COM - Badan sepakbola Inggris, FA memberikan sebuah kejutan hari ini. Mereka mengumumkan bahwa gelaran FA Cup musim ini resmi dilanjutkan pada bulan Juni 2020 mendatang. Sejak pertengahan Maret 2020 kemarin, selu.
  • Sabtu, 07 Maret 2020 - 07:00:29 WIB

    Catat! Jadwal Liga Inggris Malam Ini, Ada Arsenal Vs West Ham

    Catat! Jadwal Liga Inggris Malam Ini, Ada Arsenal Vs West Ham JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Derbi London antara Arsenal vs West Ham akan menjadi menu utama jadwal Liga Inggris malam ini, Sabtu (7/3/2020). Kedua tim sama-sama membutuhkan kemenangan untuk memperbaiki posisinya di Liga In.
  • Selasa, 11 Februari 2020 - 07:25:49 WIB

    Catat..! Jadwal Siaran Langsung Bali United vs Than Quang Ninh

    Catat..! Jadwal Siaran Langsung Bali United vs Than Quang Ninh JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Jadwal siaran langsung Bali United vs Than Quang Ninh pada laga perdana Grup G Piala AFC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (11/2/2020), ditayangkan pukul 18.30 WIB..
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 07:23:45 WIB

    AS Roma Raih Tiket Terakhir, Inilah Tim dan Jadwal Laga Perempat Final Copa Italia

    AS Roma Raih Tiket Terakhir, Inilah Tim dan Jadwal Laga Perempat Final Copa Italia JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Sukses membekuk Parma di Stadio Ennio Tardini, dini hari tadi, Jumat  (17/1/2020) , AS Roma menjadi klub terakhir yang mendapat tiket ke  pertarungan  perempat final Coppa Italia 2019/2020..
  • Jumat, 06 Desember 2019 - 12:02:40 WIB

    Ini Jadwal Semifinal Cabor Sepakbola SEA Games 2019

    Ini Jadwal Semifinal Cabor Sepakbola SEA Games 2019 BOLA, HARIANHALUAN.COM -- Timnas Indonesia U-22 sukses melaju ke semifinal cabang olahraga sepakbola SEA Games 2019 usai menjadi runner-up Grup B. Di babak empat besar, Timnas Indonesia U-22 pun akan bentrok dengan Myanmar ya.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]