KONI Sumbar Siap Diaudit


Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:21:48 WIB
KONI Sumbar Siap Diaudit Plt KONI Sumbar Syaiful mengaku siap untuk diaudit oleh BPK Sumbar terkait pengunaan dana KONI Sumbar. Terlihat Syaful foto bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Ketua Kontingen Sumbar Budi Syukur dan sejumlah atlet peraih medali emas PON. (DOK TIM PELIPUT PON)

PADANG, HALUAN — Terkait adanya permintaan dari DPRD Sumbar untuk mengaudit KONI Sumbar, Plt Ketua KONI Sumbar mengaku siap diaudit oleh BPK Sumbar. Menurutnya pengauditan oleh BPK terhadap KONI Sumbar merupakan hal yang wajar.

“Audit oleh BPKP kan hal biasa dan itu bagian tugas BPK karena dana yang diterima KONI Sumbar berasal dari APBD yang merupakan uang rakyat. KONI Sumbar siap diaudit oleh BPK maupun audit indenpenden.  Sebagai pimpinan yang bertanggung jawab itu harus siap diperiksa keuangan dan manajemennya oleh instansi yang diatur oleh undang-undang,” ujar Plt Ke­tua KONI Sumbar, Syaiful, Kamis (13/10).

Menurut Syaiful tidak ada yang janggal dalam peng­gunaan dana oleh KONI Sum­bar. “Tidak ada yang janggal,  karena laporan bersifat se­men­tara dari penggunaan dana  KONI, makanya KONI Sumbar siap diaudit oleh BPK Sumbar atau auditor inden­pen­den,” bebernya.

Pada APBD perubahan KONI Sumbar mengajukan anggaran tambahan sebesar Rp8,5 mliliar. Rinciannya ada­lah bonus atlet Rp7,4 mi­liar, pembinaan jangka pan­jang atlet Rp620 juta, ter­ma­suk untuk biaya Mu­syawarah Provinsi (Musprov) KONI atau pemilihan ketua KONI Rp443 juta lebih. Se­telah melalui pembahasan di ting­kat Banggar bersa­ma TAPD, DPRD me­nyetujui anggaran hibah un­tuk KONI hanya ditambah Rp5 miliar di APBD Perubahan. 

“Masalah tambahan hanya Rp5 miliar,sebagai Plt Ketua KONI Sumbar saya dapat me­mahaminya karena kita tahu seluruh anggaran baik di pusat dan provinsi dipotong oleh negara dalam rangka efe­sien­si,” tuturnya.

Dalam anggaran Rp5 mi­li­ar tersebut tidak termasuk di­dalamnya biaya Musprov dan pembinaan atlet. “Dana untuk Musorprov dan pembinaan atlet sedang dicarikan solu­sinya. Insya Allah semuanya akan ada solusinya apabila kita ikhlas, transparan dan berbuat untuk yang baik,” ungkapnya.

Sebelumnya, penggunaan dana APBD KONI Sumbar mendapat kritik dari DPRD Sumbar.

DPRD menilai peng­gu­naan dana banyak tidak tepat. Karena alasan itu audit khusus diminta dilakukan oleh BPK.

Anggota Badan Angaran (Banggar) DPRD Sumbar, Marlis mengatakan, penggu­naan dana KONI dinilai tak tepat karena banyak kejang­galan yang ditemukan.Marlis me­nyebut, anggaran yang janggal diantaranya berhu­bungan dengan perbaikan alat fitnes yang terbilang besar yakninya sebesar Rp70 juta. Kemudian ada biaya bantuan operasional pimpinanan KO­NI dengan nilai Rp183 juta.

Tidak hanya itu, pada pem­bahasan di DPRD dana KONI yang telah dikucurkan Rp30 miliar juga mendapat sorotan. Anggaran tadi ren­cananya sudah termasuk un­tuk bonus atlet. Namun men­jelang pembahasan APBD perubahan (APBD-P) KONI mengaku anggaran Rp30 mi­liar tersebut tak cukup. (h/san)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 31 Mei 2020 - 15:21:50 WIB

    Suarez Dipastikan Merumput, Barcelona Antusias Lakoni Jadwal Padat

    Suarez Dipastikan Merumput, Barcelona Antusias Lakoni Jadwal Padat HARIANHALUAN.COM - Gelandang Barcelona Arturo Vidal menyambut kembalinya Luis Suarez. Eks Liverpool itu telah pulih dari cedera lutut..
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 10:22:13 WIB

    Ketua KONI Dharmasraya: Atlet Diimbau Tak Latihan Bersama

    Ketua KONI Dharmasraya: Atlet Diimbau Tak Latihan Bersama DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Seiring pemerintah pusat, gubernur dan bupati sudah mengeluarkan imbauan, edaran dan instruksi kepada masyarakat secara umum, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Dharmasraya mempertajam b.
  • Selasa, 03 Maret 2020 - 17:37:48 WIB

    Koni Solsel Matangkan Persiapan Porprov Sumbar 2020

    Koni Solsel Matangkan Persiapan Porprov Sumbar 2020 SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN. COM -- Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Solok Selatan (Solsel) persiapkan 33 cabang Olahraga (Cabor) untuk ajang Porprov XVI 2020 yang akan diselenggarakan di 13 kabupaten/kota di Sumbar..
  • Sabtu, 15 Februari 2020 - 21:48:48 WIB

    Untuk Para Penerima Dana Hibah KONI, Ini Ancaman dari Imam Nahrawi..!

    Untuk Para Penerima Dana Hibah KONI, Ini Ancaman dari Imam Nahrawi..! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi hari ini didakwa menerima suap dan gratifikasi yang totalnya mencapai Rp 20,1 miliar. Seusai sidang pembacaan dakwaan di Pengadilan Tipikor.
  • Selasa, 04 Februari 2020 - 20:27:22 WIB

    KONI Solsel Dorong Kegiatan Keolahragaan Pelajar

    KONI Solsel Dorong Kegiatan Keolahragaan Pelajar SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Solsel selalu mendorong kegiatan keolahragaan yang dilakukan oleh pelajar. Hal ini sekaitan dengan bentuk sinergi melahirkan bibit atlet olahraga di .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]