LKKS DAN BAZNAS PEDULI

Puluhan Mustahiq Lumindai Dibantu


Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:25:36 WIB
Puluhan Mustahiq Lumindai Dibantu Ketua Umum LKKS Provinsi Sumbar Nevi Irwan Prayitno menyerahkan bantuan modal kepada Mustahiq Desa Lumindai Sawahlunto. (RIKI)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sumatera Barat menyerahkan bantuan modal pengembangan usaha bagi 25 mustahik Desa Lumindai Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto, Kamis (13/10).

Hal ini merupakan salah satu bentuk realisasi program kerjasama dan kemitraan an­tara LKKS dengan BAZNAS dimana bantuan paket modal ini berasal dari BAZNAS yang bertujuan untuk mem­ber­daya­kan dan meningkatkan ke­mam­puan keluarga kurang mam­pu penerima zakat (mus­tahik) agar dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarganya sehari-hari.

Ketua Umum Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Prov Sumbar Ny. Nevi Irwan Prayitno kepa­da Haluan mengatakan, ban­tuan ini merupakan tambahan modal bagi mustahiq pro­duktif yang diharapkan akan dapat menjadi usaha peno­pang ekonomi masyarakat untuk keluar dari kemiskinan. “Kali ini menerima bantuan zakat, untuk tahun tahun selanjutnya yang menerima bisa menjadi muzakki atau yang mengeluarkan zakat, paling tidak keluar dari daftar penerima bantuan, “ sebutnya.

Dia menambahkan, 25 Ke­pala Keluarga (KK) diusulkan mendapatkan bantuan melalui BAZNAS Provinsi Sumbar, dan dari hasil verifikasi kese­luruhan KK tersebut layak untuk mendapatkan bantuan, bantuan yang diberikan dise­rahkan langsung oleh Ketua BAZNAS Provinsi Sumbar kepada Ketua Umum LKKS Prov. Sumbar selanjutnya kepada mustahiq itu dengan total bantuan yang diberikan bernilai Rp50 juta.Nevi meng­harapkan kegiatan ini dapat berlanjut sehingga dapat me­nurunkan tingkat kemiskinan yang ada di masyarakat yang setiap tahunnya semakin bertambah.

Walikota Sawahlunto Ali Yusuf dikesempatan itu me­ngu­capkan terima kasih atas perhatian LKKS dan BAZ Sumbar dalam upaya bersama sama mengentaskan angka kemiskinan di Kota Sa­wah­lunto. ”Sengaja sasarannya ke­luarga miskin usia produktif yang kita bantu, sehingga me­reka dapat berusaha me­ning­katkan ekonomi ke­luar­ganya dengan bantuan terse­but se­hingga keluar dari kemis­kinan,“

Di Sawahlunto sebutnya, angka kemiskinan masih ada sekitar 2,22 persen dan akan diupayakan ditekan turun menjadi 1,6 persen nantinya, melalui berbagai program ekonomi kerakyatan meli­batkan seluruh potensi yang ada disekitar lingkungan ma­syarakat masing masing. (h/mg-rki)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]