DPRD Solsel Setujui OPD dan KUPA-PPAS


Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:32:06 WIB
DPRD Solsel Setujui OPD dan KUPA-PPAS Bupati Muzni Zakaria kompak dengan unsur Pimpinan DPRD, Sidik Ilyas, Ali Sabri Abbas dan Armen Syahjohan setelah penandatanganan nota kesepakatan KUPA-PPAS Perubahan 2016, di Ruang Paripurna DPRD Solsel, Kamis, (13/10). (JEFLI)

SOLSEL, HALUAN — Dewan Perwa­kilan Rakyat Daerah Solok Selatan (Solsel) menyetujui Rancangan Pera­turan Daerah (Ranperda) pembentukan dan susunan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan penandatanganan nota kesepakatan KUPA-PPAS Peru­bahan 2016 saat Rapat Paripurna dengan Forkompida Solsel di Golden Arm, Kamis, (13/10).

Menurut Juru Bicara Pansus DPRD Solsel, Werhanudin, dalam penyusunan pembahasan OPD tersebut terdapat perubahan dari 18 rumpun Dinas yang diusulkan hanya 15 Dinas yang disetujui perubahannya. Sedangkan dari 5 rumpun Badan yang diusulkan hanya 3 Badan yang disetujui perubahannya.

Perubahan OPD yang paling men­colok adalah bidang Perhubungan yang sebelumnya tergabung pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan In­for­matika (Dishubkominfo), setelah peru­bahan tergabung ke Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan dengan tipe A. Sehingga Dishubkominfo berganti jadi Dinas Komunikasi dan Informatika dan Kantor Lingkungan Hidup menjadi Dinas Lingkungan Hidup dan Perhu­bungan.

Anggota DPRD Solsel, Khamislihat menyebutkan perubahan tersebut diaki­batkan karena SKPD terkait yakni Dishubkominfo selama kegiatan pemba­hasan dan penyusunan OPD tidak pernah mengikuti kegiatan itu. “Ketika sidang paripurna akan dimulai baru menemui Pansus sehingga mengakibatkan sidang molor dari jadwal,” terangnya.

Ia mengharapkan kedepan hal itu menjadi evaluasi bagi kepala daerah. “Kita mengharapkan kepada Bupati untuk dapat mengevaluasi pejabat SKPD tersebut untuk tercapainya sinergi yang baik,”ungkapnya.

Sementara, Bupati Solsel, Muzni Zakaria menyebutkan pihaknya selaku kepala daerah sangat menerima masukan dan saran yang konsstruktif sebagai bahan evaluasi kinerja pihaknya untuk mewujudkan masyarakat Solsel yang sejahtera dan religius. “Hal ini akan menjadi catatan bagi kita untuk koreksi kedepannya sehingga terciptannya perubahan kearah lebih baik dimasa yang akan datang,”kata Muzni.

Kemudian, Muzni menyampaikan masih ada beberapa tahapan yang akan dilalui sehingga tentang OPD dapat segera diisi yang terkait dengan RPJMD, Renstra dan APBD 2017. “Sekaitan dengan waktu yang tinggal dua bulan kedepan maka dengan kebersamaan  harus mengefektifkan waktu dan segera menyiapkan aturan turunan Perda OPD sehingga bisa berjalan efektif di 2017,” terangnya.

Ia berharap Perda tentang OPD dan KUPA-PPAS akan memberikan kontri­busi yang signifikan terhadap penye­lenggaraan pemerintah. “Terciptanya percepatan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat,”tuturnya.  Semen­tara, terkait APBD Perubahan 2016 harus segera diselesaikan katanya, sehingga apapun kegiatan di APBD Perubahan itu dapat terealisasi dengan maksimal di akhir tahun. (h/jef)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]