Di Solsel, Sapi Ikut Program Asuransi


Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:34:42 WIB
Di Solsel, Sapi Ikut Program Asuransi PENDAMPING program Asuransi ternak Disnak Sumbar, Nirmala Puspita Dewi bersama pihak Jasa Asuransi Indonesia ketika melakukan tinjauan di kandang Sapi, Kamis, (13/10). (JEFLI)

SOLSEL,HALUAN — Seba­nyak 55 ekor Sapi di Solok Selatan (Solsel) telah mengikuti program asuransi ternak. Pro­gram tersebut diukuti dari sejumlah kelompok ternak dan perorangan. Hal itu dikatakan Kepala Bidang Ternak Solsel, Yuherdi pada Haluan, Kamis, (13/10).

“Untuk Sumbar, program Asuransi Untuk Ternak  Sapi (AUTS) mendapat kuota seba­nyak 5.000 ekor Sapi. Sedang­kan, di Solsel kita masih me­nam­pung sebanyak mungkin sebab jika dibandingkan Kabu­paten Lima Puluh Kota kita masih sedikit karena disana sudah 250 ekor yang ikut asu­ransi,”kata Yuherdi.

Ia mengatakan program AUTS merupakan program pemerintah pusat yang beke­r­jasama dengan PT. Jasa Asuransi Indonesia. Dimana, pemerintah mensubsidi premi sampai 80 persen katanya. Namun, program diprioritaskan pada Sapi betina. Adapun ben­tuk jaminan adalah jaminan kematian melahirkan, jaminan kematian sakit serta jaminan kehilangan.

Menurutnya, untuk klaim satu ekor Sapi maksimal sebesar Rp.20 juta dan minimal Rp10 juta. “Peternak hanya memba­yar premi sebesar dua persen dari harga klaim. Contohnya, jika harga klaim satu ekor sapi Rp10 juta maka dalam satu tahun hanya membayar premi sebesar Rp.40 ribu saja sebab premi yang 80 persen lagi disubsidi pemerintah,”katanya.

Sementara, Pendamping program AUTS dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, Nirmala Pus­pita Dewi menyebutkan untuk polis asuransi juga bisa dija­minkan ke pihak perbankan. “Sangat disayangkan jika peter­nak tidak memanfaatkan pro­gram AUTS ini,”katanya.

Ia menyampaikan, ketika di Solsel pihaknya bersama PT Jasindo baru mengunjungi be­be­rapa peternak yang tersebar di kecamatan Sangir, KPGD dan Pauh Duo. “Kita harapkan juga dari kecamatan lainnya juga ikut sebab setiap ternak sapi bakal dilindungi terhadap risiko kematian dalam jangka waktu setahun dengan nilai pertanggungan Rp10 juta- Rp 20 juta. Semoga, peternak di Solsel tertarik mengikuti pro­gram tersebut,”katanya. (h/jef)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]