Rumah Gadang Perlambang Kebesaran Penghulu


Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:37:54 WIB
Rumah Gadang Perlambang Kebesaran Penghulu Kegiatan batagak rumah gadang Suku Simabua Nagari Balimbiang, Rambatan, Rabu (12/10). Terlihat Wabup Zuldafri Darma turut menarik tali bersama masyarakat saat mendirikan tonggak rumah gadang. (HUMAS)
Selain itu di nagari ini masih banyak rumah-rumah gadang yang tidak terawat lagi. Dalam rang­ka melestarikan kebudayaan dan peninggalan sejarah, Ke­men­terian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan ba­n­tu­an untuk Pembangunan baru rumah adat dan rehab bangu­nan rumah adat tersebut. 

Ketua Komunitas Kam­pung Adat Balimbing Sy Dt Rajo Mangkuto ucapkan rasa syukur atas perhatian peme­rintah ter­hadap pelestarian nilai-nilai adat di masyarakat terutama di Na­gari Balimbing ini.

 

Baca Juga : Hadiri Wisuda TK dan SMP Adz-Zikra, Wako Padang Hendri Septa Beri 'Reward'

Prof  DR Herwandi, SH, MHum pembina kampung adat Balimbiang me­nga­takan, pem­bina­an adat ini dimulai dari rumah gadang, baru dari tem­pat lain seperti surau, masjid balai adat dan lain sebagainya. Kepada pemerintah daerah ia berharap Nagari Ba­lim­biang masuk zona pengem­bangan wisata sehingga ke­bera­daan rumah gadang ini dapat lestari dan menjadi kebanggaan bersama.

 

Sementara itu Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma menyampaikan, adat dimulai dari rumah gadang. Dan kegia­tan batagak rumah gadang ini merupakan sebuah tonggak sejarah yang harus dilestarikan.

 

“Dengan dibangunnya ke­m­­bali Rumah Gadang Suku Simabua Nagari Balimbiang ini, kita harapkan pe­ma­haman adat bagi generasi muda akan labih dapat di­mak­nai, dan filosofi Adat Basandi Syarak, Syarak Ba­sandi Kitabullah akan tumbuh dan berkembang pada gene­sari muda itu sen­diri,” jelas Zuldafri. (h/fma/mg-ina)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]