MARAK DI MUSIM PENGHUJAN

Sudah 759 Warga Kena DBD


Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:42:19 WIB
Sudah 759 Warga Kena DBD Ilustrasi.

PADANG, HALUAN—Data dari Dinas Kesehatan Kota Padang, sejak Januari hingga September 2016, jumlah penderita penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) tercatat 759 orang.

Data itu berasal dari 104 kelurahan di Kota Padang. Dari jumlah itu , Sembilan dian­taranya meninggal dunia,” ujar Kasi Pengendalian Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kese­hatan Kota Padang, Eva Wes­tari, S.KM, M,I.Kom ketika dikonfirmasi Haluan,  sekaitan kembali maraknya penyakit ini karena sudah masuknya musim penghujan.

Dikatakannya lagi, dari 104 kelurahan di Kota Padang,  kelurahan yang paling endemis untuk penyakit DBD adalah Kelurahan Koto tangah dengan jumlah 167 penderita.

Selain Kelurahan Koto Tangah, Kelurahan Kuranji dan Padang Timur pun juga men­jadi daerah endemis untuk penyakit DBD. Tercatat seba­nyak 163 orang penderita di Kelurahan Kuranji dan 87 orang di Padang Timur.

Lebih lanjut Eva menje­laskan bahwa grafik untuk penderita DBD di Kota Padang mulai menurun hingga Sep­tember bulan lalu.

Hal ini disebabkan program yang digalakkan oleh DKK untuk membersihkan ling­kungan sekitar, seperti meng­uras bak mandi dan menjaga agar tidak ada air yang ter­genang di dalam dan luar rumah.

“ Kami telah melakukan fogging untuk membunuh bibir penyakit untuk daerah yang endemis sebelum memasuki bulan yang rawan dengan kon­dsi cuaca yang tidak stabil, diharapkan hanya sedikit ma­sya­rakat yang terkena penyakit ini,”katanya.

Disamping itu, jika pada bulan Oktober ditemukan ka­sus DBD lebih banyak dari perkiraan, DKK akan meng­ambil tindakan melakukan fogging massal terhadap semua kelurahan untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah pen­derita.

Untuk mengurangi ba­nyak­nya kasus DBD yang mengan­cam masyarakat Kota Padang, Dinas Kesehatan Kota Padang mengimbau masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan.

Selain juga melaksanakan program 3M yaitu Menguras, Menutup, dan mengubur segala hal yang dapat menjadi tempat bersarangnya nyamuk DBD.

“Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan mem­berikan penyuluhan kepada masyarakat untuk tetap menja­ga kebersihan lingkungan dan akan melakukan fogging untuk daerah endemik penyakit DBD

Ditambah lagi sekarang memasuki musim penghujan dan kondisi cuaca sangat tidak menentu.

Hal ini rentan ber­pengaruh terhadap kondisi tubuh warga untuk terserang penyakit yang berbahaya ini,” ujarnya. (h/mg-eby)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]