PAYAKUMBUH DAN MENTAWAI GELAR PILKADA

Plt Kepala Daerah Diusulkan ke Mendagri


Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:47:16 WIB

PADANG, HALUAN — Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengusulkan beberapa nama bakal calon yang akan mengisi jabatan sebagai Pelaksana Tugas (Plt), untuk dua daerah yang akan mengikuti Pilkada serentak 2017 kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Namun, Gubernur tidak membeberkan, siapa saja nama yang diusulkan.

Irwan mengatakan, bahwa ia telah menyerahkan sejumlah nama ke Kemendagri untuk dipilih dan diputuskan siapa nantinya yang akan menjabat sebagai Plt untuk mengisi keko­songan kepala daerah yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 Sumbar. 

“Kami sudah menyerahkan beberapa nama dan nanti Men­dagri yang akan memilih siapa yang akan mengisi kekosongan ini,” ujarnya, Kamis (13/10).

Berdasarkan aturan yang ada, untuk penganti kepala daerah yang bertarung di pilka­da 2017 ditunjuk langsung oleh Gubernur, tetapi atas perse­tujuan mendagri. Berbe­da de­ngan sebelumnya, dila­kukan oleh Sekda ditunjuk sebagai Plt, tapi karena Sekda masih ba­wahan kepala daerah yang ber­tarung, maka dipilih oleh Gu­bernur, begitu juga Plt Gubernur ditentukan oleh pu­sat sehingga netralitas Pilkada lebih terjaga.

Untuk daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai di­ka­rena­kan kepala daerah habisnya 5 Desember 2016, sehingga pada 5 Desember akan diusulkan Penanggung Jawab (Pj) kepada Mendagri. Bisa orang yang sama bisa tidak, keputusan ada di Mendagri. Tapi untuk peng­ganti kepala daerah Kota Paya­kumbuh sampai habis pelan­tikan masih Plt, karena habis masa kepala daerah itu melewati waktu pelantikannya.

Terkait nama calon yang akan menjadi Plt tersebut ia enggan berkomentar dan me­nga­­takan masih dirahasiakan. “Kita lihat saja nanti, karena sesuai aturan ada tiga nama untuk diusulkan dan harus Eselon II. Karena masih ada Sekda yang Eselon II B. Harus Eselon II A supaya efektif dan pejabat tinggi pratama dari lingkungan pem­prov Sumbar,” ujarnya. (h/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 Oktober 2016 - 02:43:41 WIB

    Gubernur Lantik Dua Plt Kepala Daerah

    Gubernur Lantik Dua  Plt Kepala Daerah PADANG, HALUAN — Gu­bernur Sumatra Barat Irwan Prayitno mengukuhkan Ke­pala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sumbar Syafrizal sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kabu­paten Kepulauan Mentawai dan Kepala Dinas Pemuda .
  • Kamis, 27 Oktober 2016 - 02:42:47 WIB

    Plt Bupati Mentawai: Netralitas PNS Harga Mati

    Plt Bupati Mentawai: Netralitas PNS Harga Mati PADANG, HALUAN — Ke­pala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sumbar Syafrizal resmi menduduki jabatan Plt Bupati Kabu­paten Kepulauan Mentawai. Ke depan, ia berkomitmen untuk menjaga netralitas, khususnya dalam pelak­sa.
  • Senin, 17 Oktober 2016 - 01:33:32 WIB

    Plt Boleh Tandatangani APBD 2017

    PADANG, HALUAN — Setelah diajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Pemprov Sumbar kini tinggal menunggu, siapa nama yang ditetapkan untuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) di Kota Payakumbuh dan Kepulauan Mentawai, yan.
  • Jumat, 22 Juli 2016 - 07:11:55 WIB

    Eddy Asri Jabat Plt Kasat Pol PP

    Eddy Asri Jabat Plt Kasat Pol PP PADANG, HALUAN - Berdasarkan SK Wali Kota Padang Nomor : 824.385/SK- BKD/2016, yang ditetapkan di Padang tertanggal 18 Juli 2016, Edy Asri, SH dengan Pangkat Pembina Tk.I (lV b) ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Kepala.
  • Jumat, 10 Juni 2016 - 03:32:35 WIB

    Mahasiswa UBH Ciptakan Alat Kontrol PLTMH

    Mahasiswa UBH Ciptakan Alat Kontrol PLTMH PADANG, HALUAN—Ma­hasiswa Teknik Elektro Fa­kultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta me­lakukan terobosan baru me­rancang Governor sebagai alat pengontrol pada Pem­bangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]