MPC PP PADANG DUKUNG TES URINE SEMUA PEJABAT

BNN Tes Urine Anggota Fraksi PDI-P


Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:54:13 WIB
BNN Tes Urine Anggota Fraksi PDI-P BNN Sumbar memeriksa Salman Hardani anggota Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Padang Pariaman, Kamis (13/10) pagi sekitar pukul 10.00 WIB. (MUHAMMAD AIDIL)

PADANG, HALUAN — Ba­dan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumbar ak­hir­nya memeriksa Salman Hardani anggota Fraksi Par­tai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Padang Pariaman pada Kamis (13/10) pagi sekitar pukul 10.00 WIB.

“Sesuai dengan janji saya, saya mendatangi BNN Sumbar untuk menjalani tes urin,” ucap Salman kepada sejumlah awak media.

Pantauan Haluan, dalam pe­meriksaan yang berlangsung selama dua jam tersebut, Salman terlihat mengenakan baju batik dan selalu didampingi oleh Kepa­la BNN Sumbar, Mohammad Ali Azhar dan Dir Resnarkoba Polda Sumbar, Kombes Pol Kumbul Kuswidjanto Sudjadi.

Selesai melaksanakan serang­kaian tes urin, Salman pun mengi­kuti ‘jejak’ dari rekannya, Januar Bakri dari Fraksi Partai Demokrat untuk melakukan tes rambut oleh BNN Pusat di DKI Jakarta.

“Karena hanya di sana yang tersedia laboratorium pemerik­saan uji rambut bagi penyalah­gunaan narkoba, hasilnya akan diketahui hingga dua hari ke depan,” papar Ali.

Polda Sumbar telah meminta keterangan terhadap lima orang terkait beredarnya video dugaan nyabu anggota DPRD Padang Pariaman yang menjadi viral di media sosial.

“Sejak terbentuknya tim khu­sus kami terus melakukan pe­ngum­pulan data terkait persoalan ini,” kata Direktur Reserse Narko­ba Polda Sumbar, Kombes Pol Kumbul KS di kantor BNN Sumbar.

Ia mengatakan kedua orang yang berada di dalam video tersebut telah kami mintai ketera­ngan. Keduanya adalah anggota DPRD Padang Pariaman dari Fraksi Demokrat Januar Bakri dan Framsi PDIP Salman Hardani.

“Hari ini kita telah meminta keterangan dari Salman Hardani meskipun sebentar karena dia langsung bertolak ke Jakarta melakukan tes narkoba,” jelasnya.

Mantan Kapolres Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini menga­takan bahwa pihaknya akan kembali melakukan dan meminta keterangan dari Salman terkait video untuk melengkapi data.

“Keterangan kader Partai PDI-Perjuangan Salman Hardani belum lengkap dan terus akan kami dalami,” sebut Kumbul.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumbar AKBP Syamsi menyebutkan dalam mengung­kap kasus ini pihaknya masih me­nunggu hasil dari pemeriksaan yang dilakukan BNN Sumbar. “Kalau terlibat dalam jaringan narkoba tentu akan dipidanakan namun kalau hanya pecandu akan direhab, namun kita masih me­nunggu,” sebut mantan Wadir Lantas Polda Sumbar ini.

Terkait pernyataan Ketua DPRD Kota Padang, Erisman beberapa waktu lalu yang me­nyam­but baik rencana BNN Sum­bar melakukan tes urine terhadap seluruh pejabat di Sumbar, terma­suk anggota DPRD Padang, Maje­lis Pimpinan Cabang (MPC) Pe­muda Pancasila Kota Padang, mendukung dan mendorong BNN untuk melaksanakan renca­na­nya tersebut. Khususnya pada anggota DPRD Padang yang nota­bane merupakan wakil rakyat yang harus memberikan contoh kepada masyarakat.

“Kami setuju dan sangat men­d­ukung apabila dilakukan tes urine kepada seluruh pejabat di lingkungan pemko dan anggota DPRD Kota Padang,” Kata Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Padang, Roy Madea Oka saat ditemui di Mapolresta Padang, Kamis (13/10).

Menurut Roy upaya BNN Sum­bar yang sedang gencar-gencarnya memberantas segala penyalahgunaan narkoba patut mendapat apresiasi.

“Apabila BNN Sumbar mene­mukan salah satu ASN, Pejabat dan anggota DPRD Kota Padang kedapatan positif menggunakan narkoba dalam pemeriksaan uri­ne, harus ditindak tegas,” ujar pria yang kerap disapa Boni ini.

Langkah BNN Sumbar dalam melakukan tes urine dinilai ben­tuk konkret implementasi dalam menekan penyalahgunaan narko­ba.BNNP Sumbar agar melakukan tes urine secara berkala bagi pejabat. “Kapan perlu tes urine dilakukan satu kali dalam satu bulan,” ujar Boni.

Setelah dilakukan pemerik­saan akan dapat dilihat apakah ada pejabat di Pemko dan anggota DPRD Padang yang terlibat nar­koba atau tidak.

Sejak keluarnya surat kepu­tusan (SK) MPC Pemuda Panca­sila Kota Padang pada tanggal 25 Agustus 2016 yang lalu, MPC Pemuda Pancasila Kota Padang juga telah merencakan program terkait pemberantasan  dan baha­ya laten narkotika pada tingkat usia dini.

“Kita akan mengangkat semi­nar bertema anti narkoba, peserta berasal dari pelajar se-Kota Pa­dang,” tukasnya. (h/mg-adl)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 21 Februari 2019 - 11:30:35 WIB

    Cegah Pengaruh Narkoba, BNNP Beri Pelatihan Pecandu Narkoba

    Cegah Pengaruh Narkoba, BNNP Beri Pelatihan Pecandu Narkoba PADANG, HARIANHALUAN.COM--Karena ingin menyelamatkan anak-anak bangsa ini dari pengaruh narkoba, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar, memberikan pelatihan kepada para pecandu narkotika untuk bisa melakukan hal yan.
  • Kamis, 13 September 2018 - 21:54:08 WIB

    Cegah Bahaya Narkoba, BLK Padang Bersama BNNP Sumbar Gelar Pameran Edukasi

    Cegah Bahaya Narkoba, BLK Padang Bersama BNNP Sumbar Gelar Pameran Edukasi PADANG, HARIANHALUAN.COM- -Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Padang, menggelar pameran dan edukasi bahaya narkoba, Kamis (13/9)..
  • Jumat, 02 Desember 2016 - 00:52:12 WIB
    SOAL PENYALAHGUNAAN NARKOBA

    BNNP Sumbar Terima 138 Laporan

    PADANG, HALUAN — Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat menyatakan sejak Januari hingga November 2016 sudah ada 138 orang yang melapor kepada pihaknya karena melakukan penyalahgunaan narkoba..
  • Senin, 30 Mei 2016 - 06:36:24 WIB

    PKS Sumbar Teken MoU dengan BNN

    PKS Sumbar Teken MoU dengan BNN PADANG, HALUAN — De­wan Pengurus Wilayah Par­tai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumatera Barat me­neken nota kesepahaman de­ngan Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumbar dalam rangka pencegahan dan pemberantasan narkoba di kal.
  • Sabtu, 26 Maret 2016 - 04:32:00 WIB

    Kanwil Kemenkum-BNNP Sepakat Perangi Narkoba di Lapas Sumbar

    PADANG, HALUAN — Kan­tor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkum dan HAM) Sum­bar memberikan kewe­na­ngan penuh kepada Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar untuk mem­bersihkan Lembaga Pe­mas­ya.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]