TANGKAP DAN ADILI AHOK

Hari Ini, Ribuan Massa Gelar Aksi Damai


Sabtu, 15 Oktober 2016 - 00:16:44 WIB

PEKANBARU, HALUAN —  Ribuan massa ber­bagai elemen, mulai dari ormas Islam, mahasiswa, ulama dan lain sebagainya, bakal menggelar aksi damai di Jalan Cut Nyak Dien, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Sabtu (15/10) pagi.

Aksi damai yang digelar ribuan massa Islam di Riau ini, merupakan wujud protes atas pernyataan Gubernur DKI Ja­karta, Basuki Tjahja Purnama atau Ahok, terkait per­nya­taannya dalam sebuah video tentang Surat Almaidah ayat 51.

Untuk aksi besok (hari ini,red) yang bertajuk “tangkap dan adili Ahok” ini, rencananya akan menghadirkan beberapa orator, di antaranya dari kala­ngan ulama dan pakar hadits, Ketua Hizbut Tahrir Indonesia, Ketua FPI, Sekum MUI Riau, serta dari Kahmi Provinsi Riau.

“Insyaallah, kita akan tu­runkan ribuan umat Islam di Riau besok (hari ini,red) pagi,” kata Ketua Front Pembela Islam (FPI) Provinsi Riau, Ustad R Ade Hasibuan, Jumat (14/10).

Dikatakannya, ribuan massa ini kabarnya akan terlebih dahulu menggelar konvoi dari markas FPI menuju Jalan Cut Nyak Dien, samping Kantor Gubernur Riau. Dari sana, agenda berlanjut dengan long­march ke Bundaran Zapin dan kembali ke Jalan Cut Nyak Dien.

Sementara itu, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Toni Hermawan mengatakan, Po­l­resta Pekanbaru berencana menyia­gakan 100 personil ga­bungan, mulai dari Polsek hing­ga beberapa kesatuan lainnya, seperti Sat Lantas, Intel, Reserse hingga Dalmas (Pengendalian massa,red).

“Dari polsek masing-masing 20 personil, Sat Lantas 20 personil, Intel lima personil, dari reserse lima personil dan Dalmas Polresta sekitar 30 personil,” kata Toni Hermawan.

Meski ada rencana konvoi dan longmarch, lanjutnya, polisi belum bisa memastikan apakah bakal ada pengalihan arus lalu lintas untuk mencegah pe­numpukan kendaraan, terutama di sekitar lokasi konsentrasi massa, yakni Jalan Jenderal Sudirman dan Cut Nyak Dien.

Polda Telah Sampaikan Tuntutan ke Kapolri

Terpisah, Kapolda Riau Brigjen Pol Zulkarnain me­ngaku sudah menyampaikan tuntutan massa Islam Riau tersebut ke Kapolri, Jenderal Tito Karnavian. “Beberapa waktu lalu, adik-adik HMI juga sudah datang ke Mapolda Riau soal tuntutan ini,” ujarnya usai melaksanakan salat Jumat ber­jamaah di Masjid Raya, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, kemarin.

Bahkan jemaah Masjid Raya juga menyampaikan hal serupa melalui pengurus. Mereka me­minta, agar Zulkarnain mengabarkan kepada Kapolri untuk menuntaskan laporan dugaan penistaan ayat Alquran tersebut. (h/nas/net)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]