PILKADA PAYAKUMBUH DAN MENTAWAI 2017-2022

Gubernur Teken Izin Cuti 4 Petahana


Sabtu, 15 Oktober 2016 - 00:20:39 WIB

PADANG, HALUAN — Surat izin cuti peta­ha­na yang bertarung pada Pilkada serentak 2017 (Payakumbuh dan Mentawai), akhirnya ditan­datangani Gubernur Sumbar Irwan Pra­yitno. Sesuai dengan ketentuan yang ada, surat cuti tersebut diserahkan paling lambat seminggu menjelang penetapan calon dilaku­kan.

Keempat petahana yak­ni­nya, Wali Kota Paya­kum­buh Riza Fahlepi, Wawako Pa­yakumbuh Suwandel Mukh­­­tar, Bupati Mentawai Yu­das Sabagalet, dan Wa­kil­nya Rijel Samalois. “Em­pat pe­tahana yang menya­takan akan maju pada Pil­kada 15 Fe­bruari 2017 men­datang su­dah me­ngajukan surat cu­tinya dan sudah ditan­da­ta­ngani oleh Guber­nur be­be­rapa hari lalu,” terang Ke­pa­la Biro Pe­merin­tahan Set­da­prov Sumbar, Mardi menga­ta­kan.

Selain itu, kata Mardi, Gu­bernur juga sudah me­nyam­paikan usulan Pelaksa Tu­gas (Plt) kepala daerah un­tuk dua daerah tersebut, Pa­ya­kumbuh dan Mentawai ke Men­dagri. “Karena ke­pala da­erahnya sama-sama maju pa­da Pilkada serentak tahun 2017 ini. Dimana masing-masingnya di­usul­kan 3 na­ma,” ujarnya, Jumat (14/10).

Diketahui, KPU mene­tap­kan tanggal 22 Oktober 2016 dilaksanakan pene­ta­pan calon, dan sehari sete­lah itu dilakukan pengun­di­an dan pengumuman no­mor urut. “Jadi tanggal 14 atau 15 ini menjadi batas terakhir pe­ngajuan cuti dari kepala da­erah yang kembali men­calonkan diri sebagai pe­serta Pilkada. Tapi ke­em­patnya telah mengi­rim­kan sebelum itu,” ungkap­nya.

Terkait penyerahan Surat Ke­putusan (SK) Plt kepala da­erah tersebut, sesuai de­ngan arahan saat ini SK akan di­serahkan ke Plt Bupati dan Plt Walikota sehari sebelum masa kampanye dimulai. KPU telah menetapkan tang­gal 26 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017 dilak­sa­na­kannya masa kampanye dan de­bat publik. “Sehari jelang kam­panye dimulai SK Plt ter­­sebut akan diserahkan gu­bernur. Hanya penye­ra­han SK Plt. Tapi kami terus me­nung­gu petunjuk teknis se­lanjutnya, apakah nanti di­la­kukan pelantikan seren­tak atau tidak. Sementara ara­han­nya, SK Plt tersebut di­se­rahkan di provinsi diha­da­pan kepala daerah,” ujar­nya.

Gubernur Irwan Prayitno se­belumnya mengatakan, bah­wa ia telah menyerahkan se­jum­lah nama ke Kemen­da­gri un­tuk dipilih dan di­pu­tus­kan sia­pa nantinya yang akan men­jabat sebagai Plt un­tuk me­ngisi kekoso­ngan ke­pala da­erah yang akan me­ngikuti Pe­milihan Kepala Da­erah (Pil­kada) 2017 Sumbar. (h/rin)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 21:59:35 WIB

    Legislator Bekerja Nyata, Mulyadi Didorong Jadi Gubernur Sumbar

    Legislator Bekerja Nyata, Mulyadi Didorong Jadi Gubernur Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI Mulyadi memang dikenal sebagai legislator yang bekerja nyata untuk memajukan tanah kelahirannya yakni Sumatra Barat (Sumbar). Telah banyak program bantuan dan pembangunan yang disalur.
  • Selasa, 17 Maret 2020 - 06:22:55 WIB

    Gerindra Sumbar Minta Gubernur Batasi Aktivitas Masyarakat di Ruang Publik

    Gerindra Sumbar Minta Gubernur Batasi Aktivitas Masyarakat di Ruang Publik PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Guna mengantisipasi atau mencegah indikasi penyebaran Covid-19, Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat (Sumbar) Mario Syahjohan meminta Gubernur Sumbar menerbitkan edaran untuk membatasi se.
  • Ahad, 15 Desember 2019 - 11:37:32 WIB

    MKD DPR Persilakan Andre Laporkan Istri Gubernur Sumbar soal 'Tembak Mati'

    MKD DPR Persilakan Andre Laporkan Istri Gubernur Sumbar soal 'Tembak Mati' JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Respons istri Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nevi Zuariana, atas manuver Gerindra Sumbar menginisiasi hak interpelasi terhadap Gubernur Irwan Prayitno bikin heboh. Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD.
  • Jumat, 17 Mei 2019 - 01:22:27 WIB

    Pemilu Usai Digelar, Calon Gubernur Mulai Mengapung

    Pemilu Usai Digelar,  Calon Gubernur Mulai Mengapung PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemilu serentak presiden, legislator, dan senator 2019 sudah usai digelar dan tinggal menunggu hasil. Menengok ke sebaran pemenang berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat provinsi, dan tentu saja rek.
  • Ahad, 12 Mei 2019 - 15:19:55 WIB

    Gerindra Diprediksi Bisa Usung Calon Gubernur Tanpa Koalisi

    Gerindra Diprediksi Bisa Usung Calon Gubernur Tanpa Koalisi PADANG, HARIANHALUAN.COM --Meskipun perhelatan pemilu serentak 2019 belum usai, namun menjelang 2020 masyarakat Sumbar sudah dihadapkan dengan pemilihan calon gubernur dan wakil. Dari hasil penghitungan sementara, duprediksi .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM