PILKADA PAYAKUMBUH DAN MENTAWAI 2017-2022

Gubernur Teken Izin Cuti 4 Petahana


Sabtu, 15 Oktober 2016 - 00:20:39 WIB

PADANG, HALUAN — Surat izin cuti peta­ha­na yang bertarung pada Pilkada serentak 2017 (Payakumbuh dan Mentawai), akhirnya ditan­datangani Gubernur Sumbar Irwan Pra­yitno. Sesuai dengan ketentuan yang ada, surat cuti tersebut diserahkan paling lambat seminggu menjelang penetapan calon dilaku­kan.

Keempat petahana yak­ni­nya, Wali Kota Paya­kum­buh Riza Fahlepi, Wawako Pa­yakumbuh Suwandel Mukh­­­tar, Bupati Mentawai Yu­das Sabagalet, dan Wa­kil­nya Rijel Samalois. “Em­pat pe­tahana yang menya­takan akan maju pada Pil­kada 15 Fe­bruari 2017 men­datang su­dah me­ngajukan surat cu­tinya dan sudah ditan­da­ta­ngani oleh Guber­nur be­be­rapa hari lalu,” terang Ke­pa­la Biro Pe­merin­tahan Set­da­prov Sumbar, Mardi menga­ta­kan.

Selain itu, kata Mardi, Gu­bernur juga sudah me­nyam­paikan usulan Pelaksa Tu­gas (Plt) kepala daerah un­tuk dua daerah tersebut, Pa­ya­kumbuh dan Mentawai ke Men­dagri. “Karena ke­pala da­erahnya sama-sama maju pa­da Pilkada serentak tahun 2017 ini. Dimana masing-masingnya di­usul­kan 3 na­ma,” ujarnya, Jumat (14/10).

Diketahui, KPU mene­tap­kan tanggal 22 Oktober 2016 dilaksanakan pene­ta­pan calon, dan sehari sete­lah itu dilakukan pengun­di­an dan pengumuman no­mor urut. “Jadi tanggal 14 atau 15 ini menjadi batas terakhir pe­ngajuan cuti dari kepala da­erah yang kembali men­calonkan diri sebagai pe­serta Pilkada. Tapi ke­em­patnya telah mengi­rim­kan sebelum itu,” ungkap­nya.

Terkait penyerahan Surat Ke­putusan (SK) Plt kepala da­erah tersebut, sesuai de­ngan arahan saat ini SK akan di­serahkan ke Plt Bupati dan Plt Walikota sehari sebelum masa kampanye dimulai. KPU telah menetapkan tang­gal 26 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017 dilak­sa­na­kannya masa kampanye dan de­bat publik. “Sehari jelang kam­panye dimulai SK Plt ter­­sebut akan diserahkan gu­bernur. Hanya penye­ra­han SK Plt. Tapi kami terus me­nung­gu petunjuk teknis se­lanjutnya, apakah nanti di­la­kukan pelantikan seren­tak atau tidak. Sementara ara­han­nya, SK Plt tersebut di­se­rahkan di provinsi diha­da­pan kepala daerah,” ujar­nya.

Gubernur Irwan Prayitno se­belumnya mengatakan, bah­wa ia telah menyerahkan se­jum­lah nama ke Kemen­da­gri un­tuk dipilih dan di­pu­tus­kan sia­pa nantinya yang akan men­jabat sebagai Plt un­tuk me­ngisi kekoso­ngan ke­pala da­erah yang akan me­ngikuti Pe­milihan Kepala Da­erah (Pil­kada) 2017 Sumbar. (h/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]