MMI Hengkang Tak Pengaruhi Mazda Padang


Sabtu, 15 Oktober 2016 - 00:28:49 WIB

PADANG, HALUAN — PT Mazda Motor Indonesia (MMI), agen tunggal pemegang merek (ATPM) Mazda resmi tutup. ATPM asal jepang itu resmi mengakhiri bisnisnya di Indonesia pada Februari 2017.

Dikutip dari Kompas.com, Jumat (14/10), meski MMI tidak beroperasi lagi, semua bisnis Mazda di Indonesia akan dialihkan ke Eurokars Motor Indonesia. Dengan pengam­bilalihan Eurokars, status Maz­da di Indonesia berubah dari ATPM menjadi importir resmi dari Mazda Motor Cor­po­ration-Jepang.

Lalu, bagaimana nasib diler Mazda di Padang?

Kepala Cabang Mazda Pa­dang, Beni Santoso menga­takan, hengkangnya MMI dari Indonesia tidak memengaruhi bisnis Mazda di Padang.

“Tidak ada efeknya ke Maz­da Padang karena sudah diambil alih oleh Eurokars. Justru heng­kangnya MMI dan bisnis Mazda di Indonesia diambil alih peru­sahaan dalam negeri, bisnis Mazda akan berkembang ka­rena perusahaan dalam negeri memahami pasar Indonesia. Jadi, Mazda tidak pergi dari Indonesia, tapi hanya berganti payung, dari MMI ke Grup Eurokars,” ujar Beni Santoso ketika dihubungi surat kabar ini di Padang, Jumat (14/10).

Beni menyebutkan, diler Mazda Padang berada di bawah PT Sinari Putra Kencana. Peru­sahaan tersebut tidak ada hu­bungannya dengan MMI.

Di Padang, kata Beni, diler Mazda berada di Jalan Khatib Sulaiman Nomor 97. Saat dita­nya mengenai bisnis Mazda di Sumatra Barat (Sumbar), se­perti penjualan dan pangsa pasar, ia mengatakan bisnis Mazda di provinsi ini cukup baik. Saat ditanya kembali jumlah penjualan. ia tidak bisa menyebutkan jumlah penjualan mobil Mazda di Sumbar selama ini karena data tersebut di kantornya.

Beni menambahkan bahwa pihaknya optimistis bahwa bisnis Mazda di Padang akan semakin membaik di bawah payung Eurokars.

Dikutip dari Kompas.com, Senior Marketing Manager MMI, Astrid Ariani Wijana mengatakan, MMI segera me­ng­alihkan bisnis kepada Euro­kars Motor Indonesia (Euro­kars), per Februari 2017. Ia menggaris bawahi bahwa stra­tegi bisnis itu bukan berarti Mazda angkat kaki dari In­donesia, melainkan se­ma­cam corporate act, yang bisa dilakukan kapan saja.

“Perlu kami tegas­kan, Mazda stay here, jangan khawatir. Justru langkah ini akan memperkuat merek Maz­da,” ujar Astrid.

Astrid juga meminta kon­sumen dan pencinta otomotif untuk tidak memandang lang­kah ini sebagai tindakan me­ninggalkan Indonesia. Saat ini, MMI sudah memberikan fon­dasi yang tepat, mem­perbaiki merek pada masa lalu hingga terbentuk sede­mikian rapi saat ini.

Bisa dibilang, langkah ini lebih mengarah pada “per­gantian kepengurusan”. Astrid kembali meyakinkan bahwa merek Mazda masih aman.

“Justru dengan langkah ini, Mazda Motors Corporations (MMC) ingin memperkuat iklim usaha, memaksimalkan kesempatan berkembang. Ba­nyak manajemen lokal di Euro­kars dengan strategi dan penga­turan yang lebih paham (ketim­bang MMI),” tutur Astrid.

Eurokars, meski berbasis di Singapura, menurut Astrid, tetapi pentolannya orang Indo­nesia. Di bawah kendali mereka, Mazda akan tetap hadir di pasar Indonesia. Produk-produk baru juga akan menyapa sesuai jad­wal yang diterapkan secara global.

Kesimpulannya, kisah Maz­da ini tak seperti Ford yang benar-benar hengkang tanpa menunjuk pengganti di sisi penjualan. “Sekali lagi, kon­sumen tidak perlu khawatir. We are here to stay,” ucap Astrid. (h/dib)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 10 November 2019 - 16:31:15 WIB

    Jangan Terbujuk Diskon Harbolnas, YLKI: Banyak Hanya Gimmick

    Jangan Terbujuk Diskon Harbolnas, YLKI: Banyak Hanya Gimmick JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengimbau konsumen tidak terjerat bujuk rayu diskon pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh pada 11 November 2019 mendatang. Pasalnya, ban.
  • Rabu, 18 Juli 2018 - 09:38:25 WIB

    Skimming Marak, Pengguna ATM Agar Waspada

    Skimming Marak, Pengguna ATM Agar Waspada PADANG, HARIANHALUAN.COM—Mencegah kasus skimming yang marak belakangan ini, masyarakat Sumatera Barat diingatkan untuk lebih waspada menggunakan kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM