SKP2D Tertibkan Ratusan PKL


Sabtu, 15 Oktober 2016 - 00:37:35 WIB
SKP2D Tertibkan Ratusan PKL Tim Satuan Koordinasi Penegak Produk Hukum Daerah (SKP2D) Lubuk Basung saat melakukan penertiban PKL.

AGAM, HALUAN — Ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan dibahu jalan dan di fasilitas umum di Lubuk Basung terjaring dalam operasi penertiban, tim Satuan Koor­dinasi Penegak Produk Hukum Daerah (SK­P2D). Operasi ini merupakan bagian dari penegakan kepada Perda No 2 tahun 2009 tentang Kebersihan, Ketertiban dan Keindahan (K3).

Tim Satuan Koordinasi Penegak Produk Hukum Da­e­rah (SKP2D) terdiri dari Satpol PP, TNI, Polri, Dis­hubkominfo dan Dinas PU yang beranggotan sebanyak 30 orang. Paska penertiban tidak ada satupun pedagang yang kembali memenuhi jalan.

Kepala Satuan Polisi Pa­mong Praja (Satpol PP) Kabupaten Agam, Danil De­fo, Jumat (14/10) Di­dam­pingi PPS, M. Arnia me­ngatakan, penertiban oleh SKP2D berjalan dengan lan­car.  Dalam penertiban tim berhasil menertibkan sekitar 100 unit warung dan kios yang berjualan pada sejumlah ruas jalan di Lubuk Basung. Kepada pedagang yang terja­ring dilakukan pembinaan, mereka diminta untuk tidak berjualan dibahu jalan

“Kita melakukan pe­ner­tiban di sepanjang jalan Soe­karno Hatta, dan jalan raya Kecamatan Lubuk Bausng, mulai dari Pasar Lama Lubuk Basung hingga Simpang Gu­dang Nagari Manggopoh, Kamis Kemarin, alham­dulil­lah lancar, dan saat peman­tuan Jumat tidak ada peda­gang yang kembali berjualan di lokasi tersebut,” jelasnya.

Menurutnya,  kese­pa­katan bersama pedagang sudah ada. Mereka boleh berjualan mulai pukul 16.00 WIB hingga subuh dan pagi­nya lokasi sudah bersih kembali. Tetapi sebagian dari mereka tidak mengindahkan hal tersebut.

“Penertiban dan pem­binaan ini dilakukan beradasarkan Perda No 2 tahun 2009 tentang Kebersihan, Ketertiban dan Keindahan (K3). Tidak boleh menggunakan fasilitas itu pada pagi hari. Kemudian  Pada H-1 sudah diumumkan kepada PKL untuk tidak berjualan dibahu jalan,” ungkapnya.

Dikatakannya, setelah pebertiban ini akan dilakukan pemantauan, apabilaads PKL berjualan siang hari di bahu jalan, barang-barangnya leda­gang akan disita untuk dia­mankan  Mako Satpol PP Agam. Meski sulit Walau penertiban tersebut  duku­ngan masyarakat, dan banyak kalangan. (h/yat)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 11 September 2017 - 01:43:18 WIB

    SKP2D Agam Amankan Pasangan Ilegal

    SKP2D Agam Amankan Pasangan Ilegal AGAM, HALUAN - Satuan Kordinasi Penegakan Produk Hukum Daerah (SKPPD), Kabupaten Agam menggelandang dua orang pasangan ilegal, beserta sembilan orang kariyawan kafe yang diduga memiliki profesi ganda, pada razia pekat Sabtu M.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]