GAPENSI SUMBAR SABTU INI MUKERDA

Pemda Agar Dukung Pengusaha Lokal


Sabtu, 15 Oktober 2016 - 00:40:30 WIB
Pemda Agar Dukung Pengusaha Lokal Pengurus dan Pantia Gapensi Sumbar untuk persiapan Mukerda memberikan keterangan pers. (ARIE)

Padang, Haluan — Persoalan yang dihadapi oleh Gabungan Pelaksana Konstruksi seluruh Indonesia ( Gapensi ) wilayah Sumbar, masih banyak. Salah satunya, dukungan dan keberpihakan pemerintah daerah terhadap pengusaha lokal masih minim.

 Menyikapi hal tersebut, Gapensi Sumbar akan menga­dakan Musyawarah Kerja Da­erah (Mukerda), guna untuk mengevaluasi berbagai persolah dan program kerjanya. Mukerda akan dilaksanakan, Sabtu ini (16/10) di Hotel Axana Padang, akan dihadiri oleh ketua DPP Gapensi Pusat Isakndar Z Har­tawi dan dibuka oleh Gubernur Sumbar. Mukerda 2016 ini, mengusung tema “Dengan Mu­kerda kita mantapkan pro­fe­sionalisme anggota dalam rang­ka mamacu pertumbuhan eko­nomi untuk menyuseskan pem­bangunan daerah.”

Ketua Gapensi Sumbar juga ketua Mukerda, Ir. H Darmizon kemarin mengatakan, pe­nger­jaan proyek-proyek besar dan menengah di Sumbar masih didominsai oleh pengusaha luar daerah. Bukanya pengusaha lokal yang tidak mau dan mam­pu, namun persyaratan yang dibuat oleh pokja tender proyek, tidak transparan dan sangat menyulitkan pengusaha lokal. Padahal, kata Darmizon, pe­ngusha lokal tidak kalah ke­mam­puannya dengan pengu­saha luar daerah. “Bisa kita lihat dan barometernya hasil kerja proyek pembangunan yang dikerjakan selama ini sangat baik bahkan tidak ada per­solan,” tegasnya.

 Ditambahkan, Darmizon dari 1.800 orang anggota Ga­pensi Sumbar telah melakukan pembinaan terhadap anggota Gapensi, pelatihan-pelatihan, sertifikasi, dan rekruitment pengurusan LPJK. Ini terus dilakukan guna meningkatkan ke­mapuan dan daya saing bagi pengusaha di Sumbar. “Kita (pengusaha) lokal lebih ber­tanggung jawab terhadap pro­yek atau tender yang dilakukan, karena kami beretika, ber­komitmen tidak mau melanggar hukum, selain itu yang bukan hak kami tidak akan kami usik. Ini mestinya menjadi catatan penting bagi pemerintah daerah baik itu, gubernur, walikota dan bupati agar lebih ada keber­pihakan terhadap pengusha lokal,” harapnya.

Sementara itu, Humas Mu­kerda Ir. M Syahrudi didam­pingi Wakil Ketua Organition Commite (OC) Interdi Syair mengatakan, inti dari Mukerda  untuk mengevaluasi apa yang telah di programkan di Musda sebelumnya. Kemudian Ga­pensi Sumbar berupaya meman­tapkan profesionalisme anggota dalam rangka mamacu pertum­buhan ekonomi untuk me­nyu­seskan pembangunan daerah ke depan yang lebih baik, tertata dan profesional. “Bila pengu­saha lokal yang mengerjakan proyek, tentunya berdampak ba­ik terhadap pertumbuhan eko­nomi rakyat Sumbar. Arti­nya, uang akan beredar di Sumbar, para pekerja dan se­mua bahan baku dibeli di Sum­bar. Secara keseluruhan, terjadi perputaran roda ekonomi yang cukup tinggi maka pendapatan masya­rakat­pun akan mening­kat,” pung­kasnya. (h/mg-rie)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]