TIMBULKAN BAU MENYENGAT

Sampah Berserakan di TPS Air Tawar


Sabtu, 15 Oktober 2016 - 00:46:26 WIB
Sampah Berserakan di TPS Air Tawar MASYARAKAT Air Tawar Kecamatan Padang Utara keluhkan bau sampah yang berserakan dari kontainer. (CHAIRUL)

Padang, Haluan—Ma­syarakat Air Tawar Kecamatan Padang Utara keluhkan bau sampah yang berserakan dari kontainer  yang tidak memadai, Jumat (14/10). Kondisi ini mengakibatkan warga setempat resah dengan bau sampah yang menyengat.

Dari pantauan Haluan ke lokasi kontainer yang terletak di Jln. Enggang Raya No I, ba­nyaknya volume sampah yang dibuang oleh masyarakat tidak sebanding dengan daya tam­pung bak sampah yang dise­diakan oleh Dinas Kebersihan Kota Padang (DKP) sehingga sampah berserakan dan meng­hasilkan bau yang menyengat.

Hal ini telah dikeluhkan oleh masyarakat sekitar. Jailani (48) warga yang tinggal di dekat lokasi pembuangan sam­pah sementara (TPS), Jalan Enggang Raya, menjelaskan bahwa kondisi sampah yang menumpuk ini sudah lama terjadi.

Menurutnya, hal ini terjadi bukan hanya karena TPS yang kurang memadai, tetapi juga disebabkan oleh kurangnya kesadaran warga saat mem­buang sampah di sana.

“Jelas ada bak sampah yang disediakan, masih juga dibuang sem­barangan. Bahkan di lem­par ke pinggir jalan saja,” ujarnya.

Ia  juga menyatakan kalau masalah pembuangan sampah ini kerap membuat adu mulut antar warga sekitar dengan yang membuang sampah.

Terkait pengambilan sam­pah oleh petugas kebersihan, Jailani mengatakan kalau pe­tugas ada mengambilnya sekali sehari.

Tapi tak jarang pula diambil dalam sekali dua hari, bahkan ada dalam rentang 3 hari.

Ita dan ibunya pernah ber­niat untuk berjualan makanan di warungnya, tetapi karena bau tak sedap, rencana itu diu­rungkan.

Menanggapi hal ini, Lurah Air Tawar Barat, Afrizul, me­ngatakan bahwa Ia dan pihaknya juga sudah berusaha maksimal untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Bekerjasama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Padang, sudah diadakan tiga titik TPS di ATB dan 4 titik di sepanjang Jalan Hamka.Hanya saja Ia juga menyayangkan tinda­kan warga yang juga tidak taat akan atu­ran.

“Terkadang pagi hari petu­gas keber­sihan baru meng­ambil sampah, siang sudah menumpuk lagi.

Pihak kelurahan juga sudah mem­buatkan pengumuman melalui spanduk mengenai jam peletakkan sampah. (h/mg-rul)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]