Hujan Berpotensi Bencana, BPBD Imbau Warga Waspada


Sabtu, 15 Oktober 2016 - 00:49:26 WIB

Padang, Haluan —   Dalam beberapa waktu terakhir, Kota Padang dilanda cuaca ekstrem yaitu hujan disertai badai.  Hujan lebat dan angin kencang tiba- tiba  terjadi, juga  berpotensi banjir, longsor serta pohon tumbang.

Ketua Komisi III DPRD Kota Padang Helmi Moesim Jumat (15/10) mengatakan, Kota Padang merupakan  lokasi topografi. Banyak  daerah perbukitan,  dan rawan longsor. 

DPRD Kota Padang me­ng­imbau  warga  waspada dan berhati-hati terutama dikawasan yang rentan ben­cana,  khususnya daerah per­bukitan.

Untuk upaya antisipasi dengan mengingatkan warga berulang kali agar  waspada dan berhati-hati. 

“Yang namanya bencana,  tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi,” katanya.

Ia meminta,  dinas terkait agar  melakukan pengecekan terhadap lokasi-lokasi lereng perbukitan yang bisa ber­potensi longsor.

Anggota Komisi III DP­RD Kota Padang, Iswanto Kwara mengatakan,  dengan keadaan cuaca yang tak me­nentu, ia  mengimbau ma­sya­rakat  waspada. Karena, ka­panpun bencana  datang se­muanya tidak ada yang tahu.

“Harapan pada ma­syara­kat,  tidak lagi membangun rumah di sepanjang pinggiran sungai yang rawan banjir besar dan khususnya bagi warga dikawasan lereng per­bukitan yang rawan longsor, “ katanya.

Masih banyak,  warga yang tinggal di lereng per­bukitan dan  tidak memiliki izin.

Hal ini,  harus menjadi perhatian pemerintah. Harus ada kontrol, jika memang kawasan tersebut tidak me­mungkinkan atau beresiko.

Diharapkan  pemerintah  melakukan sosialisasi bagi masyarakat setempat.

” Ya nantinya  jika terjadi masalah kembalinya pun ke pemerintah juga, “ tegasnya.

Dinas terkait  agar me­lakulan evaluasi dan kontrol pada  daerah  rentan ben­cana. Lakukan sosialisasi, pada warga setempat untuk antisipasi jika terjadi ben­cana.

Kepala Dinas Badan Pe­nanggulangan Bencana Dae­rah dan Pemadam Ke­bakaran (BPBD-PK) Padang Rudy Rinaldy  mengimbau warga waspadai hujan lebat disertai angin kencang yang sering terjadi dalam beberapa waktu te­rakhir.

“Kami mengimbau war­ga mengurangi aktivitas di luar ruangan ketika turun hujan disertai angin kencang. Tu­juannya,  mengantisipasi hal yang tak diinginkan, seperti longsor, pohon tumbang atau atap bangunan yang lepas yang bisa saja mengenai kita ,” katanya.

Imbauan ini juga ditu­jukan  bagi warga yang ting­gal di beberapa daerah rawan banjir.

Sebab  hujan dan angin kali ini dinilai akan sedikit mengejutkan dengan ritme yang berubah-ubah,  tiba-tiba panas kemudian hujan dan sebaliknya atau angin kencang saja.

Pihaknya sama sekali  tak mengen­durkan kesiap­sia­gaan dan ke­was­padaan bencana. Kami, siaga 24 jam. Juga menurunkan tim,  untuk kontrol di daerah  rawan bencana.

“Bencana alam se­perti,  banjir dan longsor serta  pohon tumbang  terjadi se­tiap waktu. Karena itu, war­ga harus selalu diingatkan agar tetap waspada. Kami juga   membuka pintu bagi warga yang butuh bantuan. Apalagi hingga kini, cuaca ekstrem  melanda wilayah Kota Padang, “ungkapnya.(h/ade)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 29 Januari 2020 - 21:36:31 WIB

    Hujan Angin, BPBD Padang Evakuasi 36 Titik Pohon Tumbang

    Hujan Angin, BPBD Padang Evakuasi 36 Titik Pohon Tumbang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Satu pohon kelapa dengan panjang 20 meter dan diameter 55 cm tumbang menimpa rumah warga di jalan Gambolo RT.003/RW.004 Pasia Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah, Rabu, 29 Januari 2020 sekira pukul 15.2.
  • Selasa, 22 Januari 2019 - 22:51:50 WIB

    Sampai Akhir Januari, BMKG Prediksi Padang Diguyur Hujan

    Sampai Akhir Januari, BMKG Prediksi Padang Diguyur Hujan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Minangkabau memperkirakan Kota Padang akan diguyur hujan sampai akhir Januari 2019. Hal ini disampaikan Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stas.
  • Kamis, 18 Oktober 2018 - 18:55:37 WIB

    Musim Hujan, Volume Sampah di Padang 480 Ton per Hari

    Musim Hujan, Volume Sampah di Padang 480 Ton per Hari PADANG, HARIANHALUAN.COM - Hujan lebat yang terus mengguyur Kota Padang beberapa hari belakangan ini membuat volume sampah meningkat. Jika biasanya sehari jumlah sampah mencapai angka 450 ton, beberapa hari belakangan volumen.
  • Jumat, 09 Februari 2018 - 12:25:09 WIB

    Berharap Hujan Turun, DPRD Padang Ajak Salat Istisqa

    Berharap Hujan Turun, DPRD Padang Ajak Salat Istisqa PADANG, HARIANHALUAN.COM--DPRD Kota Padang mengimbau Pemerintah dan warga Kota Padang untuk melakukan salat minta hujan (Istisqa) agar hujan segera diturunkan Allah SWT..
  • Senin, 11 September 2017 - 03:01:57 WIB

    Hujan, Pantai Penuh Sampah

    Hujan, Pantai Penuh Sampah PADANG,HALUAN—Hujan yang turun Sabtu (9/9) hingga Minggu (10/9) pagi tidak hanya membuat Kota Padang dikepung banjir, namun, juga menyisakan tumpukan sampah di sepanjang Pantai Padang, sehingga membuat wisatawan enggan untu.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM