Cuaca Buruk, Nelayan Takut Melaut


Sabtu, 15 Oktober 2016 - 00:50:06 WIB
Cuaca Buruk, Nelayan Takut Melaut Cuaca buruk yang wilayah Padang membuat nelayan di Muaro Padang enggan melaut, Jumat (14/10). Himbauan BPBD, Hujan deras akan melanda Kota Padang hingga dua hari mendatang. (HUDA PUTRA)

PADANG, HALUAN—  Kon­disi cuaca yang tidak menentu, membuat nelayan di Pantai Purus Padang tidak turun ke laut untuk mencari ikan. Mere­ka lebih memilih membiarkan kapal mereka bersandar di tepi pantai ketimbang berlayar ke laut.

Kondisi cuaca akan sering berubah di pagi dan sore hari, seperti hujan deras dan bahkan disertai angin kencang, mem­buat nelayan takut untuk pergi melaut.

Sigit(26) pada Haluan, Jumat (14/10) mengatakan bahwa ia rencananya pagi ini akan pergi melaut, namun melihat cuaca yang tidak ber­sahabat, ia mengurungkan niatnya untuk membawa kapal­nya berlayar ke tengah lautan.

Lelaki yang sudah lima tahun berkerja sebagai pe­nangkap ini mengatakan bahwa beberapa hari yang lewat ada kapal nelayan yang tidak kem­bali karena terseret arus.

Selain itu, kondisi angin di tengah laut juga lebih kencang daripada di daratan. Hal ini membuat kapal susah untuk berlayar dan kalau dipak­sapun akan menim­bulkan resiko.

“Kondsi Cuaca yang ti­dak bisa  diperkirakan seperti saat ini akan beresiko saat dipak­sakan juga melaut,” katanya.

Tak hanya di Pantai Pu­rus, nelayan di Pasir Jambak pun tak turun ke laut untuk me­nangkap ikan. Mereka lebih memilih beristirahat dari mela­ut, karena takut kondisi yang tak menentu dan sering beru­bah-ubah.

Imran (36), mengatakan bahwa ia sudah tiga hari tidak turun ke laut.

 Ia menjelaskan bahwa untuk turun melaut biasanya dilakukan pada pagi dan sore hari. Sedangkan kon­disi cuaca cenderung hujan pada situasi tersebut.

“Sekarang hujan se­ring­kali turun dipagi dan sore hari, sehingga tidak memung­kinkan untuk turun ke laut mencari ikan,”katanya.  (h/mg-eby)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 15 Juni 2020 - 11:52:04 WIB

    Cuaca Cerah, Nelayan Pantai Puruih Kembali Melaut

    Cuaca Cerah, Nelayan Pantai Puruih Kembali Melaut HARIANHALUAN.COM - Setelah mandeg selama 2 (dua) hari terakhir karena dilanda cuaca ekstrem disertai badai, sejumlah nelayan di Pantai Puruih, Kota Padang pada Senin (15/6/2020) sudah kembali melaut. Pasalnya, kondisi ombak .
  • Jumat, 22 Desember 2017 - 13:40:04 WIB

    Wisata Pantai Ramai, Waspada Cuaca Buruk Saat Liburan

    Wisata Pantai Ramai, Waspada Cuaca Buruk Saat Liburan PADANG, HARIANHALUAN.COM------Kalangan Anggota DPRD Kota Padang mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi cuaca di akhir tahun..
  • Rabu, 22 Maret 2017 - 15:13:28 WIB

    Simulasi Cuaca Ekstrim, Dua Orang Tewas di Padang

    Simulasi Cuaca Ekstrim, Dua Orang Tewas di Padang PADANG, HALUAN - Cuaca ekstrim yang melanda hampir sebagian besar wilayah di Sumatera Barat beberapa waktu belakangan membuat korban jiwa berjatuhan. Setidaknya itulah yang terjadi di Jalan Raya Padang-Painan dimana longsor m.
  • Kamis, 16 Februari 2017 - 13:17:37 WIB

    Cuaca Panas, Kekeringan Ancam Padang

    Cuaca Panas, Kekeringan Ancam Padang PADANG, HALUAN – Cuaca panas ekstrim yang melanda Padang sejak beberapa hari terakhir, mulai membawa dampak buruk. Sejumlah warga kota ini mulai mengeluhkan kekurangan air bersih karena sumur di rumahnya mengalami kekeringa.
  • Rabu, 21 Desember 2016 - 00:39:58 WIB

    Imbas Cuaca Buruk, Penyelesaian Drainase Tertunda

    PADANG,HALUAN— Cuaca yang sering hujan belakangan ini, apalagi semenjak me­masuki awal Desember, membuat pengerjaan penyelesaian Drainase di Jalan Gajah Mada Gunung Pangilun Padang ter­lambat dari yang direncanakan..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]