DPRD: Izin Lima Perusahaan Sawit Harus Dicabut


Senin, 17 Oktober 2016 - 00:27:50 WIB

TEMBILAHAN, Haluan — Karena tak ada itikad baik dari pihak perusahaan per­kebunan kelapa sawit yang berkonflik dengan masya­rakat, akhirnya DPRD dan Pemkab Inhil mengeluarkan rekomendasi pembekuan perizinan perusahaan ‘bandel’ tersebut.

Ketua Komisi I DPRD Inhil Yusuf Said menye­butkan, rekomendasi itu dike­luarkan sebab perusahaan terkait dinilai tidak mem­punyai keseriusan dalam penyelesaian berbagai perma­salahan yang ada.

Padahal, banyak perma­salahan itu yang telah meru­gikan masyarakat seperti penyerobotan lahan dan ke­bun masyarakat yang rusak akibat operasional perusaha­an nakal itu.

“Sampai hari ini belum ada penyelesaian terhadap berbagai permasalahan yang timbul. Seperti banyaknya hama kumbang yang telah merusak kebun masyarakat sekitar diduga akibat dampak dari pembukaan lahan, belum lagi mengenai sengketa lahan yang terjadi sampai hari ini belum kunjung ada pe­nye­lesaian,” tegas Yusuf dalam rapat lintas Komisi I dan II, Jumat (14/10) malam.

Seharusnya, katanya, jika perusahaan kooperatif untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, tentu ada komu­nikasi yang baik dengan pemerintah daerah.

“Seperti laporan secara berkala ke pemerintah dae­rah. Ini kan tak ada,” sesal­nya.

Untuk itu, pada malam itu sepakat DPRD dan Pemkab Inhil untuk mere­komen­dasi­kan perusahaan itu agar izin­nya dicabut. Dalam rapat yang digelar di Gedung DP­RD Inhil itu terungkap, ada lima perusahaan yang dire­komen­dasikan untuk dicabut izin­nya.

Kelima perusahaan terse­but merupakan anak peru­sahaan dari Surya Dumai Grup yang kini berganti nama menjadi Agrindo Jaya Grup. Yakni PT. Setia Agro Mandiri (SAM), PT. Setia Agrindo Lestari (SAL), PT. Indo Green Jaya Abadi (IJA), PT. Indo Manis Lestari (IML) dan PT. Citra Palma Kencana (CPK). (h/rt)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 13 Mei 2016 - 03:20:32 WIB

    DPRD: Perketat Keamanan di Tampan

    PEKANBARU, HALUAN—Mengingat aksi kriminalitas yang terjadi begitu tinggi, khususnya di Kecamatan Tampan. Seperti di sejumlah titik di wilayah itu, kawasan Main Stadion Utama Riau, dan lainnya menjadi kerihatinan kalangan DP.
  • Sabtu, 30 Januari 2016 - 03:30:47 WIB
    Wacana Pelantikan Kepala Daerah di Istana

    DPRD: Itu Kemunduran Demokrasi

    PEKANBARU, HALUAN — Wacana pemerintah pusat melakukan pelantikan pa­sangan bupati dan walikota terpilih dalam pilkada se­rentak di Istana Negara dinilai salahi aturan.Bahkan, dewan menilai pelantikan di istana negara mer.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]