MINIMALISIR PERSOALAN PILKADA

KPU Harus Tingkatkan Koordinasi


Senin, 17 Oktober 2016 - 00:40:18 WIB

PADANG, HALUAN — Me­minimalisir munculnya persoalan pada Pilkada Kabupaten Ke­pulauan Mentawai dan Kota Pa­yukumbuh yang segera dilak­sanakan, Komisi I DPRD Sumbar meminta KPU Sumbar dan KPU kabupaten/kota terkait me­nge­depankan koordinasi dalam pe­nyelenggaraan kegiatan.

Ketua Komisi I DPRD Sum­bar, Aristo Munandar me­nga­takan, koordinasi amat diper­lukan. Ala­sannya penyelenggaran Pilkada memakai dana dae­rah. ”Ha­rapan DPRD jelas, aturan yang ada agar dilaksanakan dengan baik,” ujar Aristo, Jumat (14/10) lalu.

Aristo menjelaskan, koor­dinasi yang  dimaksud di sini adalah, KPU mesti melaporkan setiap tahapan kepada mitra kerjanya. DPRD, jelas dia, juga akan mendorong KPU dan juga Bawaslu bisa menyusun peran­canaan dan mengawal tahapan untuk lebih baik.

“Koordinasi sangat utama dilakukan. Apalagi peran badan pengawas saat ini semakin kuat. Tidak ikut aturan bisa bermuara pada sanksi tegas,” katanya.

Sementara itu, anggota Ko­misi I DPRD Sumbar, Sitti Izzati Aziz menyebut, belajar dari pelaksanaan pilkada yang sudah-sudah persoalan sosialisasi ter­hadap pemilih juga mesti men­dapat perhatian dari KPU.

“Seperti kita ketahui, pada pemilihan kepala daerah beberapa waktu lalu, tingkat partisipasi pemilih terbilang sangat rendah. Kita berharap hal seperti itu tak terulang Pilkada di dua daerah ini,” kata Sitti.

Sitti menilai sosialisasi tak cukup hanya dilakukan melalui spanduk, papan blioboard atau poster saja. Namun juga harus dilakukan dengan turun secara langsung ke lapangan. ”Perangkat pemerintahan terendah seperti yang ada di nagari dan kecamatan bisa juga turut dilibatkan untuk melakukan sosialisasi,” katanya.

Sesuai peraturan UU Nomor 1 tahun 2015 maupun PKPU Nomor 7 tahun 2015 disebutkan, sosialisasi dapat dilakukan dengan tatap muka ataupun pertemuan terbuka dan juga dengan atribut.

Melalui berbagai langkah tadi masyarakat dinilai akan bisa tahu pentingnya memilih dan men­jatuhkan pilihan pada orang yang tepat. Terkait Pilkada Paya­kum­buh-Mentawai, untuk men­dukung penyelenggaraan kegiatan sebesar Rp1,1 miliar telah disetujui diberikan oleh DPRD melalui APBD-Perubahan. (h/len)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]