Setahun, 2.436 Anjing Tewas Diracun


Senin, 17 Oktober 2016 - 01:26:15 WIB

PAINAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, pada 2016  ini berhasil  melakukan eliminasi (peracunan) anjing liar sebanyak 2.436 ekor. Kegiatan eliminasi anjing liar tersebut dimaksud untuk menjaga keselamatan masyarakat dari wabah rabies.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pessel Nuzirwan didamping Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Yusmal mengajak masyarakat pemilik ternak untuk dapat memilihara  ternaknya dengan baik serta diikat pakai tali. Bila tim TKP4 menemui ada hewan peliharaan berkeliaran, tim tidak akan segan-segan merancunnya karena di­ang­gap anjing liar.

Kebaradaan anjing liar  jelas membahayakan serta menggangu kenyaman ling­ku­ngan, apalagi dapat meru­gikan masyarakat, pasalnya virus rabies yang ditularkan oleh gigitan anjing gila dapat membawa kematian yang ti­dak dinginkan. Faktor yang memicu hewan gila, kemung­kinan  akibat kurangnya kepe­dulian masyarakat ter­hadap kesehatan hewan pe­lihara­annya. Artinya, hewan itu tidak pernah men­da­pat­kan vaksinasi rabies dari petugas kesehatan hewan.

Menurutnya, Pessel popu­lasi anjing terus meningkat di Pessel. Sesuai data, ter­dapat sebanyak 16 ribu ekor anjing liar yang didominasi anjing betina sebanyak 14 ribu ekor, sedangkan pengen­dalian po­pulasi anjing terse­but sangat sulit. “Upaya un­tuk mem­be­rantasnya dengan melakukan peracunan an­jing liar dengan target seba­nyak  3.500 ekor anjing, teraliasasi sebanyak 2.436 ekor,” tandasnya.

Nuzirwan juga men­jelas­nya, pada 2016 terdapat 44 kasus gigitan anjing gila. Empat kasus dinyatakan po­si­tif rabies. Kasus yang terjadi menurun diban­ding­kan pada 2015 lalu yaitu,  kasus gigitan anjing gila sebanyak 68 ka­sus. “Sedang­kan upaya untuk me­ngan­ti­si­pasi serangan an­jing gi­la, telah dilakukan pelaya­nan vaksin terhadap hewan pe­­liharaan  masya­rakat, mem­­­berikan sosialisasi ke­pa­da masyarakat tentang lang­kah upaya yang dapat ditem­puh, bila terkeka gigi­tan an­jing gila,” sebutnya. (h/mjn)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM