Wagub Terpesona Keasrian Pariangan


Senin, 17 Oktober 2016 - 01:27:46 WIB
Wagub Terpesona Keasrian Pariangan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit berbincang dengan tokoh Tanah Datar, saat mengunjungi Nagari Pariangan, Jumat (14/10) lalu. Nasrul mengaku terpesona dengan keasrian Nagari Pariangan. (FERI MAULANA)

TANAH DATAR, HALUAN — Wakil Gu­bernur Sumatera Barat Nasrul Abit ber­sama Wakil Ketua TP PKK Sum­bar Wartawati, mengunjungi Paria­ngan, nagari yang disebut-sebut ter­indah di dunia, Jumat ((14/10) sore. Ke­da­tangan Wagub disambut jajaran Pemda Tanah Datar bersama perang­kat nagari dan tokoh masyarakat setem­pat.

Kedatangan orang nomor dua di Sumbar didorong rasa penasaran karena Nagari Pariangan akhir-akhir ini santer diperbincangkan sebagai desa terindah di dunia pascadirilis majalah Travel Butged terbitan Ame­rika Serikat. “Saya sengaja cepat-cepat ke sini, nanti kalau orang bertanya pada saya, sementara saya belum tahu persis Pariangan ini, kan enggak enak,” ungkapnya.

Diakui Nasrul, ternyata peman­dangan alam di Pariangan sangat indah dan alami. Banyak situs-si­tus, peninggalan bersejarah Mi­nang­­ka­bau di sana. Seperti tigo tungku sa­jarangan, hingga makam orang per­tama yang mendesain rumah gadang. “Ini perlu dikem­bangkan dan ditata sebaik-baiknya agar wisatawan nya­man berkun­jung,” ungkap Nasrul Abit.

Pada kunjungannya, Wakil Gu­ber­­nur yang juga didampingi Wakil Ke­tua DPRD Tanah Datar Saidani, Asis­ten I Setda Tanah Datar Altri Suan­di, Kadis Budparpora Marwan dan Camat Pariangan Suhardi. Rom­­­bo­ngan sempat meninjau ber­ba­gai lokasi wisata Pariangan, mulai da­ri melihat situs kuburan panjang Da­tuk Tentejo Gurhano, pemanda­ngan alam dari Nagari Guguak, Mas­jid Tua Pa­riangan dan batu prasasti yang ter­letak di sebelah Masjid tua ter­sebut.

Dengan banyaknya kunjungan wisatawan ke nagari itu, Nasrul Abit menekankan agar segera dibangun fasilitas-fasilitas pendukung untuk kenyamanan pengunjung. “Ini akan kita koordinasikan dengan Pemkab untuk sarana pendukung untuk memberikan kenyamanan para wisa­tawan, sehingga mereka tidak hanya sekali berkunjung ke sini,” terangnya.

Nasrul Abit juga mengajak seluruh masyarakat Pariangan dan perangkat nagari untuk menjaga keaslian nagari, keamanan serta menunjukkan kera­mahan kepada pengunjung yang berwisata. “Keasrian nagari harus tetap dijaga. Ini menjadi tang­gung­jawab kita bersama,” ungkap mantan Bupati Pesisir Selatan dua periode itu.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Tanah Datar, Saidani berharap agar Pemda membangun karakter masya­rakat Pariangan yang sadar wisata dan mampu memanfaatkan sumber daya tersebut untuk meningkatkan eko­nomi masyarakt. “Ini merupakan rahmat Allah dan aset terbaik untuk pertumbuhan perekonomian bagi masyarakat Pariangan. Pembangunan infrastruktur dan karakter masyarakat oleh instansi terkait tentu perlu secara berkesinambungan,” sebut Saidani.

Asisten I, Altri Suandi, juga mengatakan bahwa Pemda telah menginventarisir beberapa kegiatan yang mendesak untuk dibenahi pada tahun ini dan rencana kegiatan pada tahun 2017. “Kita sudah melakukan rapat koordinasi antar SKPD dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumbar, Riau dan Jambi beberapa waktu lalu apa yang bisa diperbuat untuk Paria­ngan ini baik melalui dana nagari, APBD Kabupaten, maupun usulan melalui APBD Provinsi, APBN bah­kan merangkul BUMN dan perantau,” sebutnya. (h/fma)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]