PPNI Diminta Tingkatkan Kinerja


Senin, 17 Oktober 2016 - 01:29:53 WIB
PPNI Diminta Tingkatkan Kinerja Pengurus PPNI menyerahkan cenderamata kepada Bupati Irfendi Arbi. (ZUL)

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Per­satuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) diharapkan bisa meningkatkan kinerja para perawat. Sebab, mereka dituntut supaya mampu memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat.

Untuk itu organisasi PPNI harus mampu berperan nyata dalam peningkatan mutu sumberdaya manusia para perawat di daerah ini. Tu­juannya jelas, untuk mewu­judkan mutu pelayanan kese­hatan masyarakat.

Hal ini diungkapkan Bu­pati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, ketika membuka Mu­syawarah Daerah (Musda) IV PPNI Kabupaten Limapuluh Kota, di aula kantor bupati setempat, Jumat (14/10).

Selain itu, PPNI harus semakin solid dan betul-betul bisa memperjuangkan as­pirasi anggotanya termasuk dalam pengurusan registrasi perawat. Sebab, registrasi tersebut harus dimiliki setiap pelayan kesehatan ini agar mereka bisa melakukan pela­yanan kesehatan sesuai atu­ran berlaku,” sebut bupati saat itu.

Inilah tugas organisasi, lanjut Irfendi. Untuk itu ketua yang dipilih menjalankan nakhoda PPNI ini tahu ke­sulitan perawat, salah satunya adalah registrasi. Karena registrasi ini penting, bila perlu bantuan bupati kita akan bantu.

Tak kalah pentingnya, kata Irfendi lagi, perawat juga diminta untuk terus me­nambah ilmunya. Dinas Ke­sehatan diminta untuk me­nyediakan peningkatan pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kesehatan ini.

“Kita minta Dinas Kese­hatan memberikan peluang bagi para perawat untuk melakukan peningkatan pen­didikannya. Begitu juga ter­ha­dap para perawat, diha­rapkan bisa mengembangkan diri guna meningkatkan pela­yanan kesehatan di daerah ini khususnya,” sebut Irfendi.

Dikatakan, kesehatan me­ru­pakan salahsatu prioritas visinya sebagai Bupati Li­mapuluh Kota, karenanya ia juga sangat mendukung pe­ningkatan kapasitas dan kom­petensi perawat. Dengan keilmuan yang memadai ten­tunya pelayanan kesehatan masyarakat akan semakin meningkat.

Menurut Irfendi, peran perawat sangat menentukan dan akan memberikan gam­baran pelayanan kesehatan pada sebuah rumah sakit atau Puskesmas. Karenanya, sum­berdaya manusia perawat itu harus benar-benar berkom­petensi dan bekerja iklas dengan niat pengabdian.

Disamping iu, diharapkan juga perawat itu bekerja iklas dengan niat pengabdian dan ibadah serta penuh senyum ramah. Dengan begitu, kita yakin masyarakat akan benar-benar merasakan pelayanan yang memuaskan.

“Kalau bekerja iklas de­ngan niat pengabdian untuk mencari ridha Allah, apapun akan bisa dilaksanakan de­ngan baik. Tapi kalau dalam setiap pekerjaan itu mem­bayangkan uang atau materi, kegagalan akan membaya­ngi,” ujarnya.

Bukan tidak boleh memi­kirkan uang, tetapi sebagai pelayanan yang harus dipi­kirkan itu adalah pengabdian. Agar bisa mengabdi dengan baik, tentunya dengan kei­klasan. Yakinlah, Allah akan memberikan kemudahan ter­masuk rezki. Untuk me­ningkatkan semangat kerja para perawat, ia meminta PPNI juga bisa mengadakan pemilihan perawat teladan setiap tahunnya.

Ketua PPNI Kabupaten Limapuluh Kota, Misral da­lam laporannya menyebut jumlah perawat di daerah ini sebanyak 310 orang yang tersebar di 22 Puskesmas dan Rumah Sakit Dr. Achmad Darwis Suliki. Ikut hadir dalam kesempatan itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota, Adel dan pengurus DPD PPNI Provinsi Sumatera Barat, Juliar Dian­sah. (h/zkf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 01 Mei 2016 - 19:13:02 WIB

    Yurnalis Pimpin PPNI Agam

    AGAM, HALUAN- Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Agam mengelar seminar Nasional dan Musdakab di Aula RSUD Lubuk Basung, Sabtu. Dalam kesempatan itu Yurnalis kembali terpilih untuk memimpin PPNI Agam lima t.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM