Padang Gelugur Bakal Punya RS Pratama


Senin, 17 Oktober 2016 - 01:33:09 WIB
Padang Gelugur Bakal Punya RS Pratama BUPATI Pasaman Yusuf Lubis saat meninjau lokasi pembangunan RS Pratama di Padang Gelugur. Warga di sana berharap, pembangunan rumah sakit itu bisa segera terealisasi.

PASAMAN, HALUAN — Warga di Padang Gelugur, Kabupaten Pasaman menyambut baik rencana pembangunan Rumah Sakit (RS) Pratama di wilayah itu. Pasalnya, keberadaan rumah sakit dinilai strategis dalam rangka pemenuhan pelayanan kesehatan masyarakat setempat. 

“Kita dukung rencana pemerintah bangun rumah sakit di sini. Itu akan memu­dahkan kita untuk berobat. Tidak perlu lagi jauh-jauh ke Lubuksikaping,” ujar salah seorang tokoh warga se­tempat, Muklis.

Menurutnya, selama ini ma­syarakat harus berobat ke RS­UD Lubuksikaping. Ka­re­na hanya itu satu-satunya ru­mah sakit rujukan milik Pem­kab setempat. Padahal, kata dia, jarak dari wilayah itu ke ru­mah sakit lumayan jauh. Apa­lagi masyarakat dari Ma­pat­tunggul dan Mapat­tunggul Se­latan. “Kita akan dukung dan sukses­kan pem­bangunan ru­mah sakit itu. Ini untuk kepentingan masya­rakat ba­nyak,” tuturnya. 

Sebelumnya, Bupati Pa­sa­man Yusuf Lubis, bersama Kadis Kesehatan Desrizal dan sejumlah pejabat lainnya sudah meninjau lokasi pem­bangunan rumah sakit tipe pratama di Muara Bangun, Nagari Sitombol, Kecamatan Padanggelugur. 

Menurut Bupati Yusuf Lu­bis, RS Pratama di daerah ter­sebut merupakan bentuk ak­ses layanan publik di sektor ke­sehatan guna mempercepat dan mempermudah pelaya­nan kesehatan bagi warga di uta­ra Pasaman itu. “Ini terkait de­ngan kebutuhan masya­ra­kat akan pelayanan keseha­tan. Kita cek lokasi dulu, ka­lau sesuai dengan lokasi dan kon­disinya, kita akan bangun rumah sakit tersebut disini,” kata Yusuf Lubis.

Ia menyebutkan, pemba­ngunan RS Pratama itu akan menjawab keluhan masya­rakat di Pasaman bagian utara selama ini. Masyarakat, kata dia, mendambakan pela­yanan kesehatan yang mudah diakses selain Polindes dan Puskesmas. “Kami harapkan masyarakat Pantura yang mengalami gangguan kese­hatan bisa mendapatkan pela­yanan yang cepat dan sesuai standar pengobatan, sehingga tidak perlu jauh-jauh lagi ke Lubuksikaping atau bahkan ke Bukittinggi yang lokasinya jauh,” ujar Yusuf Lubis.

Kepala Dinas Kesehatan Ka­bupaten Pasaman Desrizal me­ngatakan anggaran pem­ba­ngunan rumah sakit pra­ta­ma ini berasal dari Dana Alo­ka­si Khusus (DAK) pu­sat, de­ngan nilai Rp33 milyar, de­ngan kapasitas 53 unit tempat tidur. “Itu dengan rincian, Rp15 milyar untuk pemba­ngu­nan fisik, dan Rp 18 mil­yar untuk penyediaan per­ala­tan dan perlengkapan pe­nun­jang rumah sakit. RS Pratama ini berkapasitas 53 tempat tidur,” ujar Desrizal.

Dikatakan, salah satu persyaratan pembangunan RS itu adalah kesediaan pemerintah daerah menye­diakan lahan untuk pemba­ngunan rumah sakit, dengan cakupan luas 3 hektare. “Sa­lah satu persyaratan pemba­ngunan rumah sakit tersebut adalah kesediaan Pemerintah Kabupaten Pasaman menye­diakan lahan seluas 3 hektare. Setelah berkoordinasi dengan Bupati maka lokasi pemba­ngunan itu akan dilakukan di Padang Gelugur,” katanya.

Keberadaan RS Pratama itu nantinya akan melayani ma­syarakat di delapan keca­ma­tan, seperti Mapattunggul Se­latan, Mapattunggul, Rao Uta­ra, Rao, Rao Selatan, Pa­dang­gelugur, Panti dan Duo­ko­to. 

Seperti diketahui, rumah sa­kit kelas Pratama ini meru­pa­kan rumah sakit umum yang mempunyai fasilitas dan ke­mampuan pelayanan kese­ha­t­an dasar yang tidak mem­be­dakan kelas perawatan. Da­lam pelayanannya sesuai de­ngan Peraturan Menteri Ke­­sehatan memiliki pela­ya­nan gawat darurat selama 24 jam, pelayanan rawat jalan, dan rawat inap dan sejumlah dokter spesialis. (h/yud)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]