Plt Boleh Tandatangani APBD 2017


Senin, 17 Oktober 2016 - 01:33:32 WIB

PADANG, HALUAN — Setelah diajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Pemprov Sumbar kini tinggal menunggu, siapa nama yang ditetapkan untuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) di Kota Payakumbuh dan Kepulauan Mentawai, yang kepala daerahnya ikut bertarung dalam Pilkada serentak 2017. Nantinya, Plt boleh menandatangani APBD.

Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Provinsi Sumbar Mardi menyebutkan, Pemprov Sumbar hanya bersikap me­nung­gu intruksi dari Mendagri, setelah melakukan pengajuan nama. “Pengajuan sudah dila­kukan jauh-jauh hari. Ada enam nama yang diajukan ke pusat. Kita menunggu saja, siapa dari enam nama tersebut yang akan ditunjuk sebagai Plt Kepala Daerah di Payakumbuh dan Mentawai,” ungkap Mardi.

Plt Kepala Daerah untuk periode sekarang ini, diberikan kewenangan berlebih oleh Ke­mendagri. Jika dulu, Plt dilarang bersikap terkait pe­nan­data­nganan anggaran, sekarang boleh dan diberikan keleluasaan. Salah satunya, dapat menan­datangani Anggaran Penda­patan Belanja Daerah (APBD) Ta­hun Anggaran 2017. Keten­tuan tugas-tugas Plt diatur dalam Peraturan Mendagri (Permendagri) Nomor 74/2016.

Tjahjo optimistis, para Plt dapat menjalankan tugasnya dengan baik, termasuk tidak akan bermain politik. Setidak­nya, terdapat lima tugas pokok plt. Pertama, mengawal dan menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2017. Kedua, menangani proses penyusunan APBD Tahun Anggaran 2017. Ketiga, menata organisasi pe­rang­kat daerah dan SOTK se­suai Peraturan Pemerintah 18/2016. Keempat, pengisian per­so­nel sesuai SOTK, dan yang terakhir, melaksanakan tugas pemerintahan sehari-hari.

Daerah berkewajiban me­ngu­sulkan calon Plt yang me­miliki pangkat II A atau mini­mal II B. Aturan kepangkatan itu diberlakukan agar Plt tidak berada di bawah Sekretaris Daerah Kota dan Kabupaten yang berpangkat II B. Plt bupati dan wali kota itu nanti akan bertugas satu hari sebelum masa kampanye pemilu kepala daerah dimulai, yaitu 27 Oktober 2016.

Menurutnya, apakah Plt bupati dan wali kota itu nanti dilantik seperti pelantikan Pen­jabat (Pj) kepala daerah pada pemilu kepala daerah tahun 2015, atau hanya diserahkan Surat Keputusannya oleh guber­nur, tergantung petunjuk teknis dari Kemendagri. Penunjukan Plt tersebut untuk menjalankan roda pemerintahan pada kabu­paten/kota yang melangsungkan pemilihan umum.

Dua daerah yang melak­sa­nakan pemilihan umum ke­pala da­erah di Sumbar masing-ma­sing Kota Payakumbuh dan Ka­bupaten Kepulauan Men­tawai. Kepala daerah dan wakil kepala daerahnya sama-sama ikut pemilihan umum kepala daerah.

Di Payakumbuh, Wali kota Riza Fahlepi kembali menca­lonkan diri bersaing dengan dua calon lain yang salah satunya adalah wakilnya saat ini, Su­wandel Mukhtar. Ka­bupaten Kepulauan Mentawai juga de­mikian, Bupati Yudas Sabagalet maju kembali ber­pasangan dengan Kortanius Sabeleake, sementara wakil­nya saat ini, Rijel Samaloisa juga maju ber­pasangan dengan Binsar Sale­leubaja. (h/ben)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 Oktober 2016 - 02:43:41 WIB

    Gubernur Lantik Dua Plt Kepala Daerah

    Gubernur Lantik Dua  Plt Kepala Daerah PADANG, HALUAN — Gu­bernur Sumatra Barat Irwan Prayitno mengukuhkan Ke­pala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sumbar Syafrizal sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kabu­paten Kepulauan Mentawai dan Kepala Dinas Pemuda .
  • Kamis, 27 Oktober 2016 - 02:42:47 WIB

    Plt Bupati Mentawai: Netralitas PNS Harga Mati

    Plt Bupati Mentawai: Netralitas PNS Harga Mati PADANG, HALUAN — Ke­pala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sumbar Syafrizal resmi menduduki jabatan Plt Bupati Kabu­paten Kepulauan Mentawai. Ke depan, ia berkomitmen untuk menjaga netralitas, khususnya dalam pelak­sa.
  • Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:47:16 WIB
    PAYAKUMBUH DAN MENTAWAI GELAR PILKADA

    Plt Kepala Daerah Diusulkan ke Mendagri

    PADANG, HALUAN — Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengusulkan beberapa nama bakal calon yang akan mengisi jabatan sebagai Pelaksana Tugas (Plt), untuk dua daerah yang akan mengikuti Pilkada serentak 2017 kepada Kementerian Da.
  • Jumat, 22 Juli 2016 - 07:11:55 WIB

    Eddy Asri Jabat Plt Kasat Pol PP

    Eddy Asri Jabat Plt Kasat Pol PP PADANG, HALUAN - Berdasarkan SK Wali Kota Padang Nomor : 824.385/SK- BKD/2016, yang ditetapkan di Padang tertanggal 18 Juli 2016, Edy Asri, SH dengan Pangkat Pembina Tk.I (lV b) ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Kepala.
  • Jumat, 10 Juni 2016 - 03:32:35 WIB

    Mahasiswa UBH Ciptakan Alat Kontrol PLTMH

    Mahasiswa UBH Ciptakan Alat Kontrol PLTMH PADANG, HALUAN—Ma­hasiswa Teknik Elektro Fa­kultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta me­lakukan terobosan baru me­rancang Governor sebagai alat pengontrol pada Pem­bangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM