TINGKATKAN DAYA SAING

HIPKI Padang Adakan Pelatihan Kecakapan Kerja


Senin, 17 Oktober 2016 - 01:34:38 WIB
HIPKI Padang Adakan Pelatihan Kecakapan Kerja Peserta dari berbagai LPK di Kota Padang mengikuti Pelatihan Kecakapan Kerja (PKK), di Aula Koperasi Sumbar, pekan lalu.

PADANG, HALUAN —Tak sebandingnya jumlah antara angkatan kerja dengan penye­dia lapangan kerja, membuat para pencari kerja harus meningkatkan kemampuannya di atas rata-rata. Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbar, Him­pu­nan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (HIPKI) Padang mengadakan Pelati­han Kecakapan Kerja (PKK)  untuk pencari kerja meningkatkan kompetensi di Aula ko­perasi Sumbar, pekan lalu.

Sebanyak 110 peserta dari seluruh Lembaga Kete­ram­pilan dan Pelatihan (LKP) se-Kota Padang menjalani pelatihan selama 200 jam atau sekitar dua bulan. LKP tersebut terdiri dari 20 orang dari LKP Primadata, 30 ora­ng dari Smart College, 20 orang dari LKP Hazika Edu­cation, 20 orang dari PKBM Anavani dan 20 orang dari PKBM Surya.

Kabid PAUDNI Dis­di­kbud Sumbar Dra, Sumarni, MPd, mengatakan, dengan adanya pelatihan kecakapan kerja ini akan tercipta tenaga kerja yang terampil dan ahli yang nantinya bisa me­ning­katkan taraf hidup masya­rakat.

Ketua HIPKI Padang Ir­van Kudus, SE mengatakan, pihak­nya sudah memetakan masalah kenapa banyak pe­ngang­guran yang muncul di era saat ini.

“Dari beberapa data yang ada, permasalahan yang ada umumnya disebabkan oleh angkatan kerja yang menga­lami daya saing yang rendah ak­i­bat kemampuan atau ke­terampilan angkatan kerja cenderung rendah. Kondisi ini semakin parah jika dilihat pada bidang-bidang yang khusus, yang membutuhkan kemampuan bahasa dan tek­nik pekerjaan,” paparnya.

Kemudian, juga di­temu­kan keterampilan yang di­miliki pencari kerja tidak sesuai dengan kebutuhan industri. Lebih lanjut, kata Irvan Kudus, untuk meningkatkan daya saing angkatan kerja dibu­tuh­kan bantuan dari perusahaan yang juga be­kerja­sama dengan lembaga kursus yang membina para pencari kerja.

“Dengan adanya ke­seim­bangan pendidikan dan pela­tihan serta tenaga kerja maka akan mencapai suatu kemak­muran bagi suatu negeri. Dimana setiap insan bangsa akan bekerja sesuai bidang keterampilan dan saling me­ngisi satu dengan yang lain­nya dan penggangguran akan berkurang dan rakyat se­makin makmur,” tutup Irvan Kudus. (h/eni)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]