Empat Negera Kunjungi IAIN Batusangkar


Senin, 17 Oktober 2016 - 01:35:46 WIB

TANAH DATAR, HALUAN — Pelak­sana­an Batusangkar International Conference yang berlangsung dua hari di Pasca Sarjana IAIN Batusangkar mendapatkan dukungan penuh Pemkab Tanah Datar. Hal itu disampaikan langsung Bupati Irdinansyah saat menjamu makan malam narasumber dari empat negara, pemakalah, direktur Pasca Sarjana PTKI se-Indonesia dan tamu undangan lain di Gazebo Indo Jolito, Sabtu (15/10) malam. “Untuk suksesnya kon­fe­rensi tingkat inter­nasional ini, Pemkab dengan IAIN Batu­sangkar tidak dapat dipisahkan, satu sama lain bekerja untuk mencapai tujuan yang sama membangun daerah yang lebih maju dan berdaya saing,” ungkap bupati.

Dalam kesempatan itu Irdinansyah mengapresiasi langkah IAIN mengangkat seminar skala internasional dengan meng­hadirkan 61 pemakalah.  Menurutnya, pelaksanaan seminar merupakan bagian tugas IAIN sebagai lembaga ilmiah, mencari dan terus meng­gali ilmu.

Agenda yang digelar IAIN Batusangkar pada Sabtu dan Minggu itu, mendukung salah satu program pemerintah daerah melalui peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).  “Tanah Datar tidak mempunyai sumber daya alam yang melimpah seperti daerah lain di Indonesia, program mening­katkan kualitas SDM menjadi keharusan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” sebut Irdinan­syah di hadapan Direktur Pasca Sarjana PTKI se-Indonesia.

Kepada narasumber utama dari Saudi Arabia, Malaysia, Brunei Darussalam dan Indonesia, pemakalah serta Direktur Pasca Sarjana PTKI se-Indonesia, bupati men­yam­paikan Tanah Datar merupakan pusat budaya Minangkabau dan salah satu destinasi wisata utama di Sumatera Barat, memiliki banyak objek wisata baik budaya maupun wisata alam.

Rektor IAIN Batusangkar, Kasmuri menyampaikan terima kasihnya atas dukungan dari berbagai pihak atas pelak­sana­an seminar internasional tersebut. IAIN Batusangkar yang telah naik status saat ini, seluruh civitas akademika IAIN bertekad membuktikan ingin lebih baik, harap Kasmuri. “Kami ingin besar seperti IAIN lainnya, dengan melahirkan kegiatan, karya dan sumbangsih yang besar pula terhadap dunia pendidikan dan keilmuan termasuk untuk Tanah Datar ini,” harapnya.

Apa yang telah digagas Program Pasca Sarjana IAIN Batusangkar, sebut Kasmuri, seminar internasional itu menjadi mo­mentum IAIN menjadi lebih besar dan kegiatan tersebut akan dijadikan agenda tahunan. (h/fma)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM