AINAKI Jaring Animator Sumbar


Senin, 17 Oktober 2016 - 01:37:15 WIB

PADANG, HALUAN — Un­tuk menggirah bisnis animasi di Sumbar, Asosiasi Industri Ani­masi dan Kreatif Indonesia (AINAKI) Sumbar akan men­cari ratusan anomator asal Sumbar. Langkah ini pun dimu­lai dengan melakukan work­shop ke berbagai universitas di Sumbar.

Ketua AINAKI Sumbar, Taufik Gusman, kepada Haluan mengatakan, untuk potensi lahirnya animator dari Sumbar itu cukup besar. Hal ini terlihat dari beberapa kali workshop yang selalu dibanjiri peserta.

“Pada pelaksanaan work­shop di UNP ini memang sa­ngat banyak peminat, hanya saja kami membatasi untuk tahap pertama ini hanya 30 orang,”terangnya saat ditemui usai pembukaan AINAKI Road goes to Campus.

Sebenarnya kata Taufik, untuk animasi, Sumbar mem­punyai potensi yang sangat besar dan tidak kalah dengan animasi sekelas Upin dan Ipin, Boboboy, dan karya animasi luar lainnya. Hanya saja selama ini para animator tersebut bekerja sendiri-sendiri dan karya mereka pun hanya dinik­mati oleh segelintir kalangan saja.

“Sebenarnya di sini lah peran AINAKI, yang ingin merangkul para animator ini untuk bekerja sama guna meng­hasilkan karya yang bisa ber­saing di pasar interna­sio­nal,” ungkapnya.

Dari Sumbar selama ini lanjut Taufik, telah banyak muncul Intelektual Product (IP)  atau karakter animasi dengan kehebatan dan ke­unggulannya masing-masing.

“Yang perlu dimengerti bagi para animator bahwa untuk menghasilkan suatu kar­ya animasi yang bagus itu tidak bisa dilakukan sendiri. Butuh ratusan animator untuk meng­hasilkan karya yang layak tayang seperti Upin dan Ipin,” ungkapnya.

Meski baru dibentuk pada Maret 2016 yang lalu, namun AINAKI Sumbar yakin akan dapat mengumpulkan ano­mator asal Sumbar dan dapat menghasilkan karya yang luar biasa nantinya.

“Ainaki ini memiliki misi untuk mencetak ratusan artist dan animator dalam kurun waktu dua tahun ini. Di­lanjut­kan dengan terciptanya puluhan studio animasi baru demi men­dukung misi ainaki pusat dalam menciptakan 1000 IP baru di Indonesia,”katanya.

Saat ini AINAKi tidak bergerak sendiri, dengan duku­ngan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Taufik berha­rap akan dapat menghasilkan karya keratif lainnya.

“Setelah Roadshow  di UNP nanti akan kami lanjutkan ke PNP, ISI Padangpanjang dan terakhir di Unand. Diharapkan dengan Roadshow ini makin banyak animator-animator baru bermunculan di Sumatera Barat,”harapnya. (h/isr)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM