DIBANGUN DI PANTAI PADANG

Trotoar Difungsikan Desember


Senin, 17 Oktober 2016 - 01:40:24 WIB
Trotoar Difungsikan Desember ESKAVATOR diturunkan untuk membangun pedestrian guna mempercantik Pantai Padang. Pembangunan telah dimulai semenjak akhir Agustus dan diperkirakan selesai akhir November. (16/10). (MELATI OKTAWINA)

PADANG, HALUAN—Pemko Padang saat ini tengah membangun pedestrian atau trotoar tempat berjalan kaki untuk pengunjung di Pantai Padang sepanjang lebih kurang 300 meter.

“Pembangunan sudah di­mulai sejak Agustus dan akan selesai akhir November dengan biaya Rp3,3 Miliar,” ujar Ke­pala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi pada Haluan, kemarin.

Dikatakannya, pedestrian ini dibangun karena tempat berjalan kaki bagi pengunjung Pantai Padang belum tersedia. Selain itu pembangunan pedes­trian ini juga berfungsi sebagai mempercantik Pantai Padang.

Pembangunan pedestrian saat sekarang ini dimulai dari monumen IORA hingga ke batu GT yang terdapat di dekat Muara Lasak. Pengerjaan telah dilakukan dari akhir Agustus dan diperkirakan akhir No­vember selesai.

Medi menyatakan adapun tujuan membangun pedestrian selain mempercantik pantai dengan taman kecil sekitarnya juga untuk memberikan kenya­manan bagi pengunjung yang datang.

Menurutnya dengan begitu pengunjung dapat berjalan kaki atau menggunakan sepeda bisa menikmati keseluruhan objek wisata sekitar Pantai Padang tanpa harus menggunakan kendaraan.

“Awal Desember pedes­trian ini telah bisa digunakan oleh pegunjung Pantai Pa­dang,”ucap Medi.

Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan kedisiplinan bagi pengunjung dalam parkir  sebab nantinya akan ada ka­wasan khusus parkir untuk pengunjung pantai. Di samping itu pembangunan pedestrian ini juga digunakan untuk antisipasi saat pasang air laut.

Menurut Medi pem­ba­ngu­nan pedestrian ini juga telah didukung oleh masyarakat sekitar karena memang pem­bangunan ini bertujuan untuk semakin meningkatkan kun­jungan masyarakat ke Pantai Padang.

“Sejauh ini masyarakat sekitar telah mendukung, se­perti pedagang yang telah rela membongkar kiosnya dan men­dukung pembangunan pedes­trian tersebut,” ujar Medi.

Sementara itu, Ketua Asso­ciation of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Indonesia Asnawi Bahar mendukung pemba­ngunan pedestrian oleh disbud­par Kota Padang. Pedestrian hal yang sangat vital di suatu destinasi wisata. Karena selain memperindah pantai juga mem­buat tamu nyaman.

“Asita sangat mendukung hal ini, karena bagian dari pengembangan destinasi meru­pakan bagian dari keinginan besar ASITA,” ucap Asnawi Bahar.

Namun pemerintahan Kota Padang jangan berhenti di pembangunan  pedestrian ini saja. Meskipun kondisi Pantai Padang yang telah mulai tertata dengan rapi.

Masih ada beberapa hal yang mesti dilakukan oleh Disbudpar. Seperti penataan kuliner, pentaan kafe-kafe agar lebih menarik, dan me­nam­pilkan performance music atau paket kesenian budaya di hari libur.

“Penambahan permainan juga penting untuk dilakukan seperti banana boat, flying fish, dan parasailing , dan banyak lainnya. Jadi warga mempunyai pilihan lain ketika berkunjung ke Pantai Padang. tidak hanya seke­dar menikmati keindahan pantai,” tutur Asnawi Bahar.(h/mg-mel)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]