Pengesahan APBD-P Terlambat, Pelaksanaan Program Harus Disegerakan


Senin, 17 Oktober 2016 - 01:50:04 WIB

PADANG, HALUAN — Pe­ngesahan APBD-Perubahan (APBD-P) Sumbar tahun 2016 mengalami sedikit keterlam­batan dari ketentuan peme­rintah pusat. Dari jadwal yang ditetapkan hingga 30 Sep­tember atau tiga bulan sebe­lum akhir tahun anggaran, APBD-P 2016 Sumbar baru disahkan pada Selasa (11/10) pekan lalu.

Ketua DPRD Sumbar, Hen­dra Irwan Rahim mengatakan, memang benar pengesahan APBD-P sudah terlambat. Da­lam hal ini DPRD berharap Pemprov menyegerakan pelak­sanaan program pada APBD-P, sehingga semua program bisa optimal terlaksana.

Sebelum bisa dibelanjakan APBD-P harus dievaluasi ter­lebih dahulu oleh Kemen­terian Dalam Negeri (Kemen­dagri). DPRD dan Pemprov akan me­ngusahakan proses evaluasi bisa cepat selesai sehingga program bisa segera dilaksanakan. ”Kita berharap setidaknya sudah bisa dibe­lanjakan mulai minggu ke­empat Oktober ini,” kata Hen­dra.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, jika sudah disahkan, maka ang­garan sudah bisa dibelanjakan dan tak harus menunggu eva­luasi Kemendagri. ”Saya opti­mis realisasi APBD tahun 2016 bisa tinggi sesuai yang diharapkan,” tegasnya

APBD-P Sumbar sendiri berjumlah Rp4,8 triliun. Rin­cian­nya adalah, Pendapatan Daerah Rp4,6 triliun, belanja daerah Rp4,8 triliun, pene­rimaan pembiayaan Rp251 miliar. 

Selanjutnya, pengeluaran pembiayaan Rp75 miliar dan Sisa lebih penggunaan ang­garan (Silpa) Rp229 miliar. Pen­da­patan Daerah terdiri dari pendapatan asli daerah (PAD) Rp1,8 triliun, dana perim­bangan Rp2,6 triliun dan pendapatan lain-lain yang sah Rp88 miliar. Sementara be­lanja daerah terdiri dari bel­an­ja tidak langsung Rp2,6 triliun dan belanja lang­sung Rp2,1 triliun. (h/len)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 28 September 2015 - 20:25:51 WIB

    APBD-P 2015 Tunggu Pengesahan

    PADANG, HALUAN — Ang­­­garan Pendapatan Be­lanja Daerah Perubahan (APBD-P) Sumbar masih menunggu ketok palu. Ren­cananya, APBD-P tersebut akan ditetapkan pada 2 Ok­tober mendatang.

    Ketua Ti.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]