Marquez Juara Dunia MotoGP


Senin, 17 Oktober 2016 - 01:59:33 WIB
Marquez Juara Dunia MotoGP

MOTEGI, HALUAN - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, resmi menjadi juara dunia MotoGP 2016 setelah memenangi balapan GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (16/10). Marquez mengunci gelar juara dunia menyusul tidak finisnya Valentino Rossi (Movistar Yamaha) dan Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha). Marquez menutup GP Jepang dengan koleksi 273 poin, unggul 77 angka atas Rossi (196 poin) dan Lorenzo (182) di papan klasemen. Meskipun masih ada tiga seri tersisa namun tak mempengaruhi keunggulan Marquez.

Dengan demikian, Marquez menjadi juara dunia MotoGP untuk ketiga kalinya. Dua gelar sebelumnya ia sabet pada tahun 2013 dan 2014. Ini membuatnya meraih total lima gelar juara dunia, setelah sebelumnya meraih gelar juara dunia di kelas Moto3 dan Moto2.

Marquez pun menyamai pen­capaian Lorenzo sebagai pebalap asal Spanyol yang sukses menjua­rai kelas teratas (MotoGP) seba­nyak tiga kali. Untuk Lorenzo, dia menjuarainya pada tahun 2010, 2012, dan 2015.

Namun, jumlah gelar juara keduanya masih kalah dari peba­lap Spanyol lainnya, Angel Nieto, yang sudah mengoleksi 13 gelar juara. Bedanya, Nieto tidak per­nah menjadi juara di kelas teratas (500cc/MotoGP).

Selain menyamai pencapaian Lorenzo, Marquez juga menyamai torehan sesama rider Honda, Dani Pedrosa. Dengan kemenangan di Motegi siang tadi, Marquez meraih 29 kemenangan di kelas primer, sama dengan jumlah keme­na­ngan Pedrosa di kelas tersebut.

Jumlah kemenangan terba­nyak di kelas primer masih dipe­gang oleh Rossi. The Doctor sudah mengoleksi 88 kemenangan se­jauh ini dan, mengingat dia belum akan pensiun, masih mungkin untuk menambahnya. Marc Mar­quez meraih gelar juara dunia MotoGP-nya yang ketiga. Dia pun menyamai pen­capaian Jorge Lo­renzo dan Dani Pedrosa.

Dilansir dari kompas.com dan detik.com, balapan di Motegi, Minggu (16/10) siang WIB, ber­lang­sung seru ketika Rossi dan Lorenzo (Movistar Yamaha), dan Marquez (Repsol Honda) yang menempati baris start terdepan sudah terlibat adu cepat selepas start.

Ketiga rider itu kemudian juga terus meluncur di posisi paling depan. Tapi pada prosesnya Rossi justru meluncur keluar lintasan dan akhirnya out dari balapan pada putaran tujuh. Padahal saat itu ia menempati posisi dua di belakang Marquez.

Dengan lima putaran tersisa, giliran Lorenzo yang terjatuh ketika menempati posisi dua. Kenyataan tersebut membuat Mar­quez di ambang gelar juara dunia. Pada akhirnya Marquez benar-benar meluncur paling duluan melintasi garis finis. Ia memenangi balapan, diikuti Andrea Dovizioso (Ducati) dan rider Suzuki Ecstar Maveric Vinales.

Jorge Lorenzo menyebut, Marquez sebagai pebalap paling konsisten tahun ini. Oleh kare­nanya, Marquez amat layak menjadi juara dunia.

Jika dilihat dari pencapaian sepanjang 15 seri ini, Marquez memang “hanya” memenangi lima seri. Namun, pebalap asal Spanyol itu selalu berhasil finis —kendati pun harus finis di luar 10 besar seperti saat dia finis di posisi 13 pada MotoGP Prancis.

Sementara itu, Rossi —terma­suk di MotoGP Jepang— sudah empat kali gagal finis. Lorenzo sudah tiga kali gagal finis.

“Saya ingin memberi selamat kepada Marquez karena dia tidak memiliki keuntungan dari motor­nya sendiri tahun ini dan dialah yang paling konsisten. Jadi, dia layak menjadi juara,” ujar Lo­renzo di situs resmi MotoGP.

Lorenzo sendiri menyesali dirinya harus mengakhiri balapan ketika masih menyisakan lima putaran. Ia mengaku sedikit salah lantaran tengah dicecar Dovi­zioso dari belakang.

“Karena Dovizioso mengejar, saya harus menggeber motor lebih cepat daripada sebelumnya di tikungan itu. Ban depan saya tidak bereaksi dan saya pun terjatuh,” kata Lorenzo. (h/ald)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 20 Februari 2020 - 22:56:09 WIB

    Sah! Marquez Perpanjang Kontrak di Honda

    Sah! Marquez Perpanjang Kontrak di Honda SAITAMA,HARIANHALUAN.COM-Sempat dikabarkan akan berlabuh di Ducati atau Yamaha, Marc Marquez resmi  memperpanjang masa kontrak di Honda, Kamis (20/2)..
  • Selasa, 31 Desember 2019 - 09:49:33 WIB

    Blak-blakan! Alex Marquez akan Setim dengan Sang Kakak

    Blak-blakan! Alex Marquez akan Setim dengan Sang Kakak MOTOGP, HARIANHALUAN.COM -- Beberapa waktu yang lalu, secara mengejutkan tim Repsol Honda segera menentukan siapa pengganti dari Jorge Lorenzo yang memutuskan pensiun di tahun 2019..
  • Selasa, 19 November 2019 - 08:54:05 WIB

    Sah!  Alex Marquez Resmi Gabung ke Repsol Honda

    Sah!  Alex Marquez Resmi Gabung ke Repsol Honda JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Pentas balapan MotoGP musim depan dipastikan menjadi paling seru setelah  Alex Marquez resmi bergabung memperkuat Repsol Honda..
  • Sabtu, 19 Oktober 2019 - 22:49:59 WIB

    Marquez Sudah Sapu Bersih Seluruh Sirkuit MotoGP

    Marquez Sudah Sapu Bersih Seluruh Sirkuit MotoGP MOTEGO, HARIANHALUAN.COM - Marc Marquez berhasil menyabet pole position di kualifikasi MotoGP Jepang. Ini menandakan dirinya sudah melengkapi koleksi pole position di semua sirkuit MotoGP.
  • Senin, 07 Oktober 2019 - 10:15:59 WIB

    Inilah Fakta dan Data Dibalik Juaranya Marc Marquez 

    Inilah Fakta dan Data Dibalik Juaranya Marc Marquez  HARIANHALUAN.COM-Jika yang diukur adalah jumlah gelar juara dunia, maka Marquez berpeluang besar merebut status pebalap terhebat sepanjang sejarah MotoGP. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM