TERKAIT KERUSAKAN LINGKUNGAN

Dir Reskrimsus: Pemko Batam Kurang Sosialisasi


Selasa, 18 Oktober 2016 - 01:03:09 WIB

NONGSA, HALUAN — Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dir Res­krimsus) Polda Kepri Kombes Budi Suyanto mengingatkan Pemerintah Kota (Pemko) Batam untuk berperan aktif menjaga kerusakan lingkungan, berupa penambangan pasir ilegal maupun pengrusakan hutan magrove.

“Polisi memang sudah tugasnya menangkap kalau tambang ilegal, namun pemerintah setempat juga harus mensosialisasikan dampak ulah warga, yang merugikan warga lain­nya,” kata Budi di Mapolda Kepri, kemarin.

Dikatakannya, pihaknya sudah beberapa kali melakukan penertiban, bahkan melakukan penangkapan terhadap penambang ilegal maupun pengrusakan hutan magrove, namun pemerintah daerah sangat kurang perhatian melakukan pencegahan sebelum besar.

Seperti penambang pasir ilegal yang ada di Nongsa maupun Tembesi, di mana seharusnya pemerintah daerah sudah melakukan pencegahan awal maupun sosialisasi terhadap warga, sehingga tidak ada lagi akti­vitas merusak lingkungan.

“Sudah membesar baru sibuk lapor polisi, jadinya kami tukang tangkap. Seharusnya warga diberi sosialisasi dahulu dampak dari per­bua­tan merusak lingkungan,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, be­berapa waktu lalu dilakukan tindakan terhadap lima tersangka kasus tam­bang pasir ilegal di Kawasan Mergong belakang Mapolda Kepri, Nongsa, Batam. Lima tersangka itu, yakni SW, AB, RS, AP, AC dan kasus tersebut sudah tahap dua saat ini.

Kawasan tersebut tidak saja me­ru­sak lingkungan, namun juga meng­hasilkan limbah yang mencemari laut dan pantai. Aktivitas itu, sudah ber­lang­sung bertahun-tahun dan sulit ditertibkan.

Budi menegaskan, Kota Batam ini bukan daerah pertambangan, jadi tidak boleh ada pertambangan di sini. Itu akan merusak lingkungan sekitar dan ekosistem laut. “Kalau masih ada yang melakukannya kami tindak tegas,” ungkapnya. (h/hk)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]