Jalan Evakuasi Batu Bajanjang Segera Dituntaskan


Selasa, 18 Oktober 2016 - 01:05:07 WIB

AROSUKA, HALUAN — Pem­­bangunan jalan evakuasi yang menghubungkan Nagari Batu Bajanjang dengan pusat Ibu Kota Kabupaten Solok Arosuka, akan menjadi prio­ritas bagi Pemkab Solok untuk segera dituntaskan. Mendesaknya pe­nyelesaian jalan tersebut lantaran me­rupakan jalur alternatif jika terjadi bencana alam gunung meletus.

Hal ini ditegaskan Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nur­din usai meninjau akses jalan yang sudah direncanakan sejak 15 tahun silam itu. Namun dari tinjauan ke lapa­ngan itu, ia melihat kondisi jalan yang sangat mem­pri­hatinkan dan sangat sulit untuk ditempuh.

“Kondisnya sangat mem­prihatinkan dan sangat sulit untuk ditempuh dengan ken­daraan roda empat. Kita akan upayakan pembangunan jalan itu secapat mungkin. Akan kita upayakan pemba­ngu­nannya selesai pada tahun 2017,” kata Yulfadri Nurdin.

Disamping sebagai lang­kah antisispasi bencana, jalan se­panjang 12 kilometer itu juga memperpendek jarak tempuh warga Batu Bajan­jang hendak menuju Kota Padang. Jika sela­ma ini petani Batu Bajanjang memasarkan hasil pertaniannya ke Kota Padang harus melewati Kota Solok, maka dengan ada­nya jalan evakuasi ini,mereka tak perlu lagi melewati Kota Solok, namun bisa lansung ke Kota Padang dengan mele­wati Aro­suka, dengan meng­hemat jarak tempuh sepan­jang 50 kilometer.

“Jalan ini juga memu­dahkan petani Batu Bajan­jang me­masarkan hasil perta­niannya ke Kota Padang,” tambah Yulfadri Nurdin.

Pihaknya menambahkan, pembangunan jalan evakuasi ini juga akan berpengaruh terhadap kepercayaan masya­rakat terha­dap pemerintah. Karena ma­syarakat Batu Bajanjang dan Bukik Sileh saat ini sudah mulai jenuh dengan janji-janji pe­merintah.

Sementara itu, Ketua Frak­si Gerindra, Jon Firman meminta Pemerintah se­tem­pat mem­percepat pemb­a­ngunan jalan evakuasi Batu Bajanjang-Aro­suka tersebut. Karena jalan itu merupakan jalan alternatif bagi warga jika terjadi bencana alam Gunung Talang meletus. Sebe­lumnya, Pemerintah Kabupaten Solok sempat berjanji akan me­nuntaskan pembangunan jalan evakuasi in pada tahun 2016 melalui dana Pusat. Namun entah kenapa, hingga saat ini pengerjaan jalan tersebut belum juga ter­lak­sana.

“Dulu pemerintah ber­janji akan membangun jalan evakuasi pada tahun 2016 dengan meng­gunakan dana APBN dan APBD Sumbar sebesar Rp12 miliar. Saya berharap pemerintah tak lagi mengobral janji kalau belum ada kepastian pembangunan jalan ini,” kata Jon Firman Pandu. (h/ndi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]