Produksi Padi Sawahlunto Meningkat


Selasa, 18 Oktober 2016 - 01:07:46 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Keberhasilan Pemerintah Kota Sawahlunto dalam meningkatkan produksi padi hingga 10,24 persen, berbuah penghargaan dari pemerintah sebagai kota/kabupaten yang berhasil meningkatkan produksi beras di atas lima persen di tahun 2015.

Penghargaan itu langsung diserahkan oleh Gubernur Sumatra Barat, Irwan Pra­yitno pada perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ting­kat Sumbar 2016 yang ber­langsung di Kota Solok , Kamis (13/10) lalu.

Selain itu, Walikota Ali Yusuf juga menerima peng­hargaan terbaik II sebagai pembina ketahan pangan dan peringkat I penyuluh pen­damping atas nama Dedi Kusmiadi yang berhasil mem­bina WKP Desa Talawi Mudik.

“Keberhasilan yang kita raih tidak terlepas dari upaya semua pihak, terutama da­lam upaya mencari solusi atas keternatasan lahan dan irigasi dalam meningkatkan pro­duksi panen padi ma­syarakat, salah satunya dengan me­ngembangkan bibit varietas unggul lokal Padi Gadang Rumpun yang produksinya bisa mencapai diatas 8 ton per hektare,” kata Ali Yusuf.

Benih Padi Gadang Rum­pun, sebutnya, sebagai benih varietas lokal Sawahlunto merupakan  salah satu keber­hasilan dalam percepatan swasembada pangan di kota ini, di samping beberapa kegiatan optimasi lahan dan perbaikan irigasi.

Penggunaan bibit Padi Gadang Rumpun dirasa nyata telah mampu mening­kat­kan produksi beras warga, dengan persentase sebesar 10 persen hasil gabah  kering giling.

Ditambahkan bapak tiga anak itu, saat ini sudah ba­nyak petani yang bera­lih menggunakan benih Gadang Rumpun. Setidaknya sudah ada 100 hektare la­han per­sawahan milik masyarakat yang ditanami dengan Padi Gadang Rumpun. Bahkan di Desa Rantih, Kecamatan Talawi, kelompok tani yang ada sepakat untuk beralih menggunakan Padi Gadang Rumpun.

Melihat hasil dan ke­unggulan varietas lokal itu, Pemerintah Kota Sawahlunto berupaya menjadikan varietas Gadang Rumpun ini sebagai salah satu bibit unggul nasio­nal dengan mengupayakan legalitas dari Ke­men­teri­an Pertanian RI.

Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Per­ta­nian dan Kehutanan Sa­wah­lunto, Heni Pur­wa­ning­sih kepada Haluan menye­butkan, pada 2014 hasil gabah kering giling berkisar 15,116 ton. Sedangkan tahun 2015 su­dah mencapai angka 16,651 ton. “Hasil itu sangat kontras dengan jumlah luas areal persawahan yang ada saat ini yang terus me­ngalami pe­nyusutan. Dimana pa­da 20­13, luas sawah di kota ini 1.770 hektare, dan ber­kurang pada tahun 2014 yakni men­jadi 1.6­80 hek­tare,” sebut Heni.

Heni menambahkan, khu­sus untuk varietas padi ga­dang rumpun telah dilakukan beberapa tahap uji coba, seperti adaptasi musim tahun 2013 lalu.

Setelah lulus uji adaptasi musim, selanjutnya uji ta­hapan mutu dan keta­hanan terhadap hama pe­nyakit dan penyakit lainnya.

“Selangkah lagi, setelah uji mutu dan ketahanan pa­ngan, maka varietas lokal Sawahlunto ini akan menjadi varietas benih padi ung­gul nasional yang diha­rap­kan akan mampu men­dong­krak hasil panen masyarakat se­kaligus untuk memenuhi kebutuhan pangan akan be­ras ditengah penyusutan areal persawahan seperti yang terjadi saat sekarang ini,” ungkapnya. (h/mg-rki/hel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 April 2020 - 19:35:18 WIB

    Tim Gugus Tugas Pariaman Gandeng UKM Produksi Ratusan APD

    Tim Gugus Tugas Pariaman Gandeng UKM Produksi Ratusan APD PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Dalam mengatasi keterbatasan Alat Pelindung Diri (APD), Pemko Pariaman melalui Tim Gugus Tugas penanganan wabah virus Corona atau Covid-19 memanfaatkan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di wila.
  • Sabtu, 22 Februari 2020 - 16:15:12 WIB

    Produksi Lele di Kota Pariaman Capai 280 Ton per Tahun

    Produksi Lele di Kota Pariaman Capai 280 Ton per Tahun PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman mengungkapkan, bahwa hingga saat ini ikan lele masih mendominasi produksi budidaya di daerah itu..
  • Senin, 03 Februari 2020 - 17:42:18 WIB

    Gantikan Nan Budiman, Yulfaizon Jabat GM Unit Produksi Ombilin

    Gantikan Nan Budiman, Yulfaizon Jabat GM Unit Produksi Ombilin SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM- Putra daerah Sawahlunto Yulfaizon resmi menjabat General Manager Unit Pertambangan Ombilin PT. Bukit Asam (Persero) Tbk, menggantikan Nan Budiman yang memasuki masa purna bakti. Serahterima jabata.
  • Jumat, 10 Februari 2017 - 15:27:43 WIB

    Panen Perdana Padi Organik, Pakan Rabaa Utara Produksi 3,7 Ton per Hektare

    SOLOK SELATAN, HALUAN - Panen perdana padi organik di Nagari Pakan Rabaa Utara, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) Solok Selatan (Solsel) berhasil produksi 3,7 ton per hektare (ha). Hasil produksi ini diyakini masih re.
  • Selasa, 13 September 2016 - 02:31:40 WIB

    Produksi Karet Sawahlunto Terus Meningkat

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Meski harga komoditi karet belakangan mulai rendah, namun produksi petani karet Sawahlunto terus mengalami peningkatan. Data Dinas Pertanian Kota Sawahlunto dalam tiga tahun terakhir, menunjukan peningk.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM