TEMUKAN BENIH PESILAT ANDAL

27 Sasaran Silat Ikuti Galanggang Siliah Baganti


Selasa, 18 Oktober 2016 - 01:24:45 WIB
27 Sasaran Silat Ikuti Galanggang Siliah Baganti Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah memukul gong tanda dimulainya iven Galanggang Siliah Baganti (GSB) Padang Baralek Gadang, yang digelar di GOR PT Semen Padang, Senin (17/10). (ISHAQ)

PADANG, HALUAN — Se­banyak 27 Sasaran Silat ambil bagian dalam Galanggang Si­liah Baganti (GSB) Padang Baralek Gadang, yang digelar di Gelanggang Olahraga PT Semen Padang, mulai 17 hingga 20 Oktober mendatang. Melalui iven ini, diharapkan tumbuh benih-benih baru pesilat andal Kota Padang.

GSB Padang Baralek Ga­dang mengusung tema Ma­nitiang Pusako Lamo, Kita Lestarikan Silat Tradisi Mi­nangkabau. Iven ini dihadiri dan dibuka lang­sung oleh Wa­likota Padang Mahyeldi Ansharullah, Pe­ngu­rus Ikatan Pencak Silat Indo­nesia (IPSI) Sumbar dan Kota Padang, Ke­pala Dispora Kota Padang, Musyawarah Pimpinan Daerah dan Kecamatan (Muspida dan Muspika) se-Kota Padang, serta Para Tuo Silek yang berdomisili di Kota Padang, Senin (17/10).

Dalam sambutannya, Mah­yeldi mengatakan, upaya meles­tarikan kebudayaan adalah ke­wajiban bersama, terlebih lagi bagi Pemerintah Kota (Pemko) Padang, dan salah satu cara pelestarian tersebut adalah de­ngan mendukung penuh peles­tarian seni budaya silat di Kota Padang, dan di Minangkabau pada umumnya.

“Namun demikian, dalam menghelat kesenian ini perlu kita selaraskan dengan upaya me­melihara adat istiadat yang terangkum dalam falsafah Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK). Seba­gaimana kita terapkan dalam silat ini, di mana pesilat wanita kita tetap berpakaian tertutup dan mengenakan hijab saat tampil di gelanggang. Ini perlu diterapkan dalam setiap cabang olahraga yang digeluti anak nagari,” kata Mahyeldi memberi apresiasi.

Selain itu, Mahyeldi juga berpesan agar warga Kota Pa­dang ikut menerapkan nilai-nilai kearifan yang terkandung da­lam silat. Dalam artian, ke­arifan tersebut tidak hanya diterapkan saat berada di arena, me­lainkan terus menjadi san­daran dalam menjalankan ke­hidupan.

“Dalam silat kita kenal istilah Saasok Sakumayan, yang menjadi ciri kesolidan, ke­setia­kawanan dan kebersamaan an­tar sesama pesilat. Kearifan ini perlu sama-sama diterapkan dalam setiap lini kehidupan,” katanya lagi.

Kepada wartawan, Ketua IPSI Kota Padang Zulhardi Z Latief mengatakan, iven ini diikuti 27 dari 70 lebih sasaran silat yang ada di Kota Padang. Tak kurang dari 172 pesilat dari berbagai tingkatan umur, ikut ambil ba­gian dalam iven ini. Ia pun ber­harap, iven ini menjadi agenda rutin dan selalu disokong oleh Pemko Padang.

“Iven-iven seperti ini perlu digelar sebagai ajang silaturahmi antar sasaran silat, sekaligus mencari bibit-bibit baru pesilat yang akan mewakili Kota Padang di kejuaraan ting­kat provinsi. Sebagaimana diketahui, setengah pesilat Sumbar pada PON di Jabar kemarin berasal dari Kota Padang, dan prestasi ini akan terus kami ting­kat­kan,” jelas Zulhardi.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana GSB Pa­dang Baralek Gadang, Saparman, juga mengakui bahwa kegiatan ini men­jadi ajang silaturahmi, sekaligus menjadi ajang uji krea­tivitas antar sa­saran silat yang ada di Kota Padang. Sehingga, penyelenggaraannya perlu disokong setiap tahunnya. (h/isq)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 22 September 2016 - 03:59:21 WIB
    DANA HIBAH KONI KABUPATEN SOLOK TAK KUNJUNG DICAIRKAN

    27 Cabor Ancam Boikot Porprov

    AROSUKA, HALUAN — Di tengah kesibukan Kabupaten dan Kota lain yang ada di Sumbar, mempersiapkan kontingennya menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke XIV di Kota Padang yang rencananya digelar November mendatang, K.
  • Rabu, 21 September 2016 - 17:57:20 WIB

    Waduh!..Dana Tak Dicairkan, 27 Cabor Kabupaten Solok Ancam Tidak Ikut Porprov

    Waduh!..Dana Tak Dicairkan, 27 Cabor Kabupaten Solok Ancam Tidak Ikut Porprov AROSUKA ,HALUAN--Di tengah kesibukan Kabupaten dan kota mempersiapkan kontingennya menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke XIV di Kota Padang..
  • Jumat, 20 Mei 2016 - 04:07:08 WIB

    27 Pengurus KONI Kabupaten Solok Dicopot

    Arosuka, Haluan — Sebanyak 27 orang pengurus KONI Kabupaten Solok diber­hentikan dengan hormat. Namun, hampir mayoritas pengurus harian dan pengurus cabang olahraga di daerah itu me­nyam­paikan surat mosi tidak percaya t.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM