Revitalisasi Adat Babaliak ka Surau Harus Digalakkan


Selasa, 18 Oktober 2016 - 01:46:30 WIB
Revitalisasi Adat Babaliak ka Surau Harus Digalakkan BUPATI Irfendi Arbi menghadiri alek batagak penghulu malewakan gala Datuk Sinaro Nan Babudi, di Nagari Sungai Beringin, Kecamatan Payakumbuh, beberapa hari yang lalu. (ZUL)

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Revitalisasi adat dan babaliak ka surau yang digalakkan semasa pe­merintahan Bupati Amri Darwis dan Wabup Irfendi Arbi akan kembali digalakan. Ini merupakan salah satu upaya memperkuat peranan para niniak-mamak, dalam menjaga anak nagari dari perkembangan arus globali­sasi.

“Kita secara bersama sama perlu menerapkan re­vitalisasi adat dan babaliak ka surau,” ungkap bupati Irfendi Arbi, saat menghadiri kegia­tan Batogak Panghulu, Male­wakan Gola, Lukman Dt Sinaro Nan Babudi yang kini menjabat Walinagari, di Su­ngai Beringin, Kecamatan Payakumbuh, di Rumah Go­dang Gonjong Limo, Kam­puang Koto, Pasukuan Sem­bilan.

Irfendi mengapresiasi masyarakat Sungai Beringin yang masih menjunjung ting­gi nilai-nilai adat istiadat Minangkabau, yang bernuan­sa ABS-SBK hingga seka­rang. Utamanya dalam men­ja­lankan kehidupan sehari-hari. Dia mengajak, seluruh niniak-mamak dapat menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah serta masyarakat di nagari.

“Saya sudah lama me­mandang dan ingin meng­hidupkan kembali program refitalisasi nagari adat dan babaliak ka surau. Mari kita tumbuhkembangkan kembali, hidup beradat, banagari, di kampuang kito,” ajak Irfendi.

Lebih lanjut diin­for­masikannya, saat ini arus persaingan global se­makin berat.

Karena itu, anak nagari dan seluruh elemen masyarakat perlu dibentengi dari perbuatan-perbuatan yang menyimpang, akibat masuknya budaya luar. “Saya meminta peranan ni­niak­mamak, manjaga anak keme­nakan.

Sebab elok na­gari dek niniak mamak, elok tapian dek nan mudo,” him­baunya.

Kehidupan beradat harus terus berjalan, terjalin ker­jasama yang baik antara tokoh adat dengan seluruh unsur. Bupati didaulat me­masangkan soluak, sebagai pertanda pengesahan gelar sako kepada Datuk Sinaro. Pada puncak pergelaran itu, puluhan niniak-mamak yang berpakaian lengkap dengan baju kebesarannya, mela­kukan prosesi bararak keli­ling kampung, yang dimulai dari Kantor Walinagari Su­ngai Beringin, hingga ke Balai Adat dan finis di Ru­mah Gadang Gonjong Limo, Kampuang Koto, Suku Sem­bilan, di Jorong Kototangah.

Selain niniak mamak, arak-arakan yang diiringi alat musik talempong pacik ini, juga turut diikuti ratu­san ibu-ibu Bundo Kan­duang, yang memakai taku­luak ikek sembari men­junjung bung­kusan maka­nan dengan tam­pan bernama dulang. Begitu pula para monti, malin dan dubalang, layak­nya pele­waan gelar adat di Ranah Minang. Prosesi ‘Ma­le­wakan Gola Datuk Sinaro Babudi’ diwar­nai prosesi dialog ber­bahasa Minang yang disebut ba­alua.

Menurut Dt.Paduko Sin­do salah seorang niniak-mamak setempat, alek nagari ‘Malewakan Gola Datuk Si­na­ro Nan Babudi’ ini. Sebe­lumnya diisi dan dime­riahkan dengan kesenian tradisional rabab, salawat dulang dan randai.

“Se­perti­nya gelar adat yang hendak dikukuhkan ini bukanlah gelar sem­bara­ngan,” ujarnya. (h/zkf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 09 Januari 2020 - 21:21:53 WIB

    Revitalisasi Lima Pasar, Pemkab Pessel Ajukan Proposal ke Pusat

    Revitalisasi Lima Pasar, Pemkab Pessel Ajukan Proposal ke Pusat PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mengajukan proposal senilai Rp20 miliar ke pemerintah pusat untuk membangun dan merevitalisasi lima pasar yang ada di daerah itu pada 2020..
  • Ahad, 21 Juli 2019 - 23:08:51 WIB

    Revitalisasi Pasar Koto Baru Solusi Atasi Kemacetan Arus Lalulintas 

    Revitalisasi Pasar Koto Baru  Solusi Atasi Kemacetan Arus Lalulintas  TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM-Revitalisasi Pasar Koto Baru Kecamatan X Koto merupakan hal yang sudah lama diidam-idamkan. Masalah utamanya adalah menjadi penyebab kemacetan yang sudah menjadi momok bagi masyarakat. Saat ingin.
  • Ahad, 21 Juli 2019 - 15:49:45 WIB

    Revitalisasi Pasar Koto Baru Dimulai

    Revitalisasi Pasar Koto Baru Dimulai TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Revitalisasi Pasar Koto Baru Kecamatan X Koto merupakan hal yang sudah lama diidam-idamkan. Masalah utamanya adalah menjadi penyebab kemacetan yang sudah menjadi momok bagi masyarakat. Saat ing.
  • Senin, 01 Juli 2019 - 11:59:44 WIB

    Revitalisasi Aset Bersejarah Cikal Bakal Menuju Warisan Dunia

    Revitalisasi Aset Bersejarah Cikal Bakal Menuju Warisan Dunia SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Kebijakan besar yang diambil Pemerintah Kota Sawahlunto tahun 2004 silam, berupa revitalisasi aset bersejarah kota tambang, ternyata memiliki pengaruh besar, dalam mengantarkan Sawahlunto sebag.
  • Kamis, 27 Juni 2019 - 12:42:34 WIB

    Dua Pasar Tradisional Pasaman Direvitalisasi

    PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pasaman, pada tahun anggaran 2019 akan melakukan revitalisasi bangunan dua pasar tradisional guna meningkatkan kenyamanan pedagang dan pembeli di pasar itu..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]