Ranperda OPD Akhirnya Disetujui


Selasa, 18 Oktober 2016 - 01:55:03 WIB

PADANG, HALUAN—Pengajuan menge­nai Rancangan Peraturan Dae­rah (Ran­perda) Pembentukan dan Susunan Orga­nisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Padang yang sempat tersendat di DPRD Kota Padang akhirnya disetujui, Jumat (14/10) lalu di Sawahan.

Wakil Walikota Padang menga­takan bahwa Ranperda Pembentukan dan Su­sunan Perangkat Daerah terse­but diajukan dalam rangka memenuhi amanat pasal 232 ayat (1) UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan PP 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

“Saya berharap perangkat dae­rah baru ini akan dapat melak­sanakan tugas dengan lebih baik, pelayanan publik lebih mak­simal, dan dapat menyelesaikan seluruh persoalan dengan lebih baik,” ucap Em­zalmi.

Emzalmi pun menyatakan untuk penge­sahan OPD banyak diantara pihak DPRD yang tidak setuju dengan apa yang dia­jukan oleh pemerintah Kota Padang.

Seperti beberapa legislator sempat tidak menyetujui usulan pemisahan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) dengan Badan Pen­dapatan Daerah (Ba­penda). Mereka berkeinginan BPKA dan Bapenda digabung menjadi satu Dinas.

“Meskipun pengesahan OPD dan Ran­perda berjalan lambat di DPRD Kota Padang, namun akhirnya dise­tujui juga,” tutur Emzalmi.

Selain pemisahan dan pengga­bungan BPKA dan Bapenda yang menjadi perma­salahan. DPRD juga menolak dibentuknya Dinas Keta­hanan Pangan yang diajukan Pem­ko Padang. Sebagai jalan tengahnya maka diambillah dengan cara vo­ting.

Setelah dilakukan voting, akhir­nya lebih separuh anggota DPRD yang menyetujui pemisahan BPKA dengan Bapenda. Begitu juga dengan pem­bentukan Dinas Keta­hanan Pa­ngan.

“Jumlah suara yang setuju BPKA dan Bapenda dipisah yakni  25 suara. Se­dangkan yang tidak setuju seba­nyak 11 suara. Sementara jumlah suara yang setuju dibentuk Dinas Ketahanan Pangan yakni 30 suara. Tidak setuju 4 suara dan abstain 2 suara,”tutur Emzalmi.

Dengan begitu, akhirnya diperoleh keputusan bahwa secara keseluruhan Ranperda OPD Pemko Padang dise­tujui.(h/mg-mel)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 15:47:29 WIB

    DPRD Padang Apresiasi Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2019

    DPRD Padang Apresiasi Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2019 HARIANHALUAN.COM - DPRD Kota Padang laksanakan sidang paripurna yang mengagendakan Raperda Walikota Padang tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2019, Selasa (2/6). .
  • Senin, 27 Januari 2020 - 20:40:32 WIB

    Wako Sampaikan Tiga Ranperda, Salah Satunya Terkait Pendaftaran Usaha Pariwisata

    Wako Sampaikan Tiga Ranperda, Salah Satunya Terkait Pendaftaran Usaha Pariwisata PADANG, HARIANHALUAN.COM -- DPRD Kota Padang menggelar rapat paripurna dengan agenda mendengarkan nota penjelasan Wali Kota Padang terkait usulan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang diusulkan Pemerintah Kota (Pemk.
  • Sabtu, 10 Agustus 2019 - 18:16:11 WIB

    Padang Godok 16 Ranperda untuk Segera Di-Perdakan

    Padang Godok 16 Ranperda untuk Segera Di-Perdakan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Selama 2019, Pemerintah Kota (Pemko) Padang bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Padang telah mengusulkan 16 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) untuk ditetapkan sebagai peraturan daera.
  • Jumat, 30 Desember 2016 - 01:24:45 WIB
    DPRD SUMBAR NGAKU MAKSIMAL

    Enam Ranperda Tidak Tuntas

    PADANG, HALUAN — Dari 19 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang ditarget­kan tuntas sepanjang 2016, DPRD Sumbar hanya bisa menyelesaikan 13 Ranperda. Enam lainnya tak tuntas. Kondisi ini tentu menjadi catatan untuk tah.
  • Sabtu, 24 Desember 2016 - 00:52:04 WIB
    KOMISI V DPRD SUMBAR

    Ranperda Olahraga Rampung Januari

    PADANG, HALUAN — Rancangan Peraturan Daerah (Ranpeda) tentang keolahragaan yang diprakasai oleh Komisi V DPRD Sumbar dijadwalkan rampung pada bulan Januari..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]