AKIBAT SERING DILALUI TRUK

Jalan Pemukiman di Batang Kabung Rusak


Selasa, 18 Oktober 2016 - 01:57:14 WIB
Jalan Pemukiman di Batang Kabung Rusak TRUK pengangkut pasir sedang mengisi muatan di Muaro Penjalinan Batang Kabung Padang, Senin (17/10). (CHAIRUL SURF)

PADANG, HALUAN—War­ga Kelurahan Batang Kabung Kecamatan Koto Tangah keluhkan truk pro­yek yang lalu lalang karena mem­buat jalan rusak akibat truk bermuatan besar se­ring me­lintasi jalan pe­mukiman.

Normalisasi yang dila­kukan oleh Balai Sungai di Muara Penjalinan Batang Kabung, juga diselingi adanya aktifitas tambang pasir. Pasir yang dikeruk dari dasar mu­ara dibawa oleh truk.

Dari pantauan Haluan, Senin (17/10) ke lokasi, terlihat beberapa truk sedang mengisi muatannya dengan menggunakan alat berat.

Hal tersebut diakui oleh Juntak pengawas yang bertu­gas dilapagan. Ia mengatakan dalam seharinya bisa 60 unit mobil truk membawa pasir dari sini.

Dengan jenis truk yang berbeda, ada berjenis Tiper dan Fuso.

“Pasir disini tidak dijual, hanya diberikan kepada ma­syarakat,” ujarnya.

Juntak menegaskan tidak ada proses jual beli disini, pasir-pasir ini dibawa untuk timbunan.

Berbeda dengan itu Tas­lim salah seorang warga Batang Kabung mengatakan pasir tetsebut diperjual beli­kan. Satu mobilnya seharga Rp200-300 ribu.

“Jika mobil tiper Rp200.­000, kalau mobil fuso Rp300.­000 per unitnya,” tegasnya

lanjutnya, bahkan untuk warga setempat juga diber­lakukan harga yang sa­ma. Tambang pasir ini dikelola petugas dan ketua pemuda yang bekerja sama.

Aktifitas tambang meng­akibatkan jalan yang dilintasi oleh truk tersebut rusak parah sehingga warga setempat mengeluhkan hal itu.

Salah satunya Ani, warga yang biasa berjualan di ping­gir muara kini mengeluh karena kesulitan karena kon­disi jalan yang hancur dan becek membuat dagangnya sepi. (h/mg-rul)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]