Kapolresta Sidak Layanan SIM


Selasa, 18 Oktober 2016 - 02:17:00 WIB
Kapolresta Sidak Layanan SIM KAPOLRESTA Padang Kombes Pol Chairul Aziz yang didampingi oleh Kasat Lantas Kompol Hamidi melakukan pengecekan di Kantor Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) pada Senin (17/10). (MUHAMMAD AIDIL)

Kapolresta Padang Kombes Pol Chairul Aziz didampingi Kasat Lantas Kompol Hamidi melakukan pengecekan di Kantor Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) pada Senin (17/10). Pengecekan Ini merupakan perintah langsung dari Kapolri Jendral Tito Karna­vian, sebagai langkah nyata mengubah kultur Polri yang koruptif agar makin dipercaya masyarakat. Karena itu, upaya bersih-bersih  di internal Kapolri terus dilakukan.

Pembersihan pelayanan, kondisi kantor serta kinerja anggota menjadi atensi pim­pinan. Tak hanya itu, sarana dan prasarana dalam pembuatan SIM pun men­jadi pusat perhatian dalam kun­jungan ini.

Pantauan Haluan, terlihat para petugas kepolisian lalu Lintas yang melayani pemohon SIM kaget melihat Kapolresta Padang langsung turun meninjau pelaya­nan dan cara cara pembuat SIM tersebut.

Terlihat Chairul Aziz berbin­cang bincang dengan pemohon SIM yang lagi antrian. Kemudian ia pun langsung menuju proses pembuatan SIM.

Kepada awak media, ia menga­takan inspeksi mendadak (sidak) tersebut dilakukan untuk melihat sejauh mana kewajiban seluruh anggota untuk bekerja dengan penuh tanggung dedikasi, meng­hindari percaloan serta juga sa­rana dan prasarana yang ada dengan dijaga sebaik mungkin.

“Calo harus dibersihkan dan dihapus. Jangan sampai ditemu­kan adanya calo dalam pelayanan SIM atau pembuatan STNK, kare­na perbuatan itu melanggar hu­kum serta menyebabkan keresa­han dalam pelayanan dan kenya­manan masyarakat,” tegas mantan Kapolres Dhamasraya ini.

Jika kedapataan anggota Pol­resta Padang yang melakukan pungli atau semacamnya, lanjut Chairul akan ditindak tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sidak hari ini tidak pertama kali, sudah banyak ia melakukan sidak di jajaran Polresta Padang yang mengutamakan pelayanan mulai dari SPKT, Pelayanan SIM dan pelayanan lainnya buat Mas­yarakat.

“Sekarang saatnya polisi harus memberikan pelayanan yang prima dan melayani dengan tulus. Kita lihat saja dengan pelayanan SIM ini ada sekitar 30 pemohon SIM yang tidak lulus, itu suatu perubahan bagi kita karena kita membersihkan praktek ‘main tolong’ yang dimulai dari diri sendiri sebelum kita imple­men­tasikan kepada khalayak ramai,” ujarnya. (h/mg-adl)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]