Satreskrim – Dishutbun Tingkatkan Koordinasi


Rabu, 19 Oktober 2016 - 00:25:45 WIB
Satreskrim – Dishutbun Tingkatkan Koordinasi KASATRESKRIM Polres Agam AKP Syafrizen berdiskusi bersama Kadis Hutbun Yulnasri, usai memimpin apel kordinasi.

AGAM, HALUAN — Dinas Kehu­tanan dan Perkebunan (Dishutbun) Agam saling menguatkan kordinasi dengan Polres Agam dalam pence­gahan kasus illegal loging, di wilayah hutan Kabupaten Agam. Kedua lembaga itu juga mengajak masyarakat, peduli serta melakukan pencegahan dan memerangi ulah orang-orang yang tak bertang­gungjawab yang merusak hutan, termasuk kasus kebakaran hutan.

Kadishutbun Yulnasri usai apel bersama Satreskrim Polres Agam, Selasa (18/10) mengatakan, pihak­nya terus meningkatkan kordinasi dengan Polres Agam terkait pem­bakaran hutan dan lahan baik disengaja maupun. Kelalaian itu dapat diancam pidana sesuai KUHP dan Undang-Undang  nomor 41, tahun 1999 tentang Kehutanan, serta Undang-Undang Nomor 18 tahun 2004 tentang Perkebunan.

Ia meminta, kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran sampah atau semak belukar di sekitar hutan, karena bisa menye­babkan kebakaran yang besar atau meluas. Selain itu, masyarakat diminta tidak menebang hutan di Luhak Agam, demi terciptanya hutan di Agam ini tetap utuh. “Dalam menjamin terselenggaranya pencegahan hutan dari kebakaran serta pembalakan liar, maka kepada pejabat kehutanan tersendiri tentu sesuai dengan sifat pekerjaannya. Wewenang pidananya diberikan kepada pihak kepolisian,” jelasnya.

Kasatreskrim Polres Agam AKP Sya­frizen mengatakan, dampak dari ke­bakaran itu sudah jelas meng­gangg­u kehidupan masyarakat. Pem­balakan liar sudah jelas meru­gi­kan masyarakat, hewan dan biota lain­nya. Ia mengatakan, koordinasi Hut­bun dalam rangka penang­gu­langan keba­karan hutan dan serta pem­balakan liar di Agam sangat stra­tegis.

“Kami berharap semua pihak dapat menyepakati dan memerangi serta komitmen untuk memi­nima­lisir peristiwa kebakaran hutan dan pembalakan liar. Selain itu, kita tentunya sangat butuh dukungan dari masayarakat. Peran aktif ma­sya­rakat juga sangat berpengaruh terhadap apa yang sama-sama kita harapkan, “ jelasnya. (h/yat)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]