Bhakti TNI KB Kes Kodim 0308 Dinilai Provinsi


Rabu, 19 Oktober 2016 - 00:29:30 WIB
Bhakti TNI KB Kes Kodim 0308 Dinilai Provinsi WAWAKO Genius Umar saat mem beri sambutan pada penilaian Kodim 0308 Pariaman.

PARIAMAN, HALUAN — Wakil Walikota Pariaman Ge­nius Umar menghadiri penilaian Bhakti TNI KB Kes tingkat Provinsi Sumatera Barat, ber­tempat di Markas Kodim 0308 Pariaman, Senin (18/10).

Menurut Genius Umar, Ko­dim 0308 Pariaman yang mem­punyai 2 wilayah, yaitu Kabu­paten Padang Pariaman dan Kota Pariaman, telah banyak berbuat dalam menekan angka kelahiran, baik di Kabupaten maupun Kota Pariaman. Se­hingga banyak prestasi yang dicapai oleh Kodim Pariaman dalam mensukseskan KB dan Kesehatan, baik di level provinsi maupun nasional.

Lebih lanjut Genius Umar mengatakan  gerakan men­jadikan Babinsa TNI sebagai penyuluh KB sangat membantu upaya pengendalian laju per­tumbuhan penduduk di Kota Pariaman. Sosialisasi dan ajakan oleh personil babinsa secara persuasif menjadi langkah yang tepat.

“Pengendalian jumlah pen­duduk dilakukan untuk men­ciptakan kualitas keluarga yang lebih baik. Keterlibatan babinsa TNI sebagai penyuluh KB ber­sama penyuluh KB dari BK­KBD sangat baik dalam me­ngajak masyarakat untuk ikut program KB,” ujarnya.

Saat ini TNI telah banyak terlibat dalam meningkatkan ketahanan nasional, mulai dari menekan angka ledakan pendu­duk, sampai terjun membantu petani untuk meningkatkan Ketahanan Pangan yang me­rupakan hal yang tak terpisah dalam mendukung Ketahanan Nasional, tutupnya

Wakil bupati Padang Paria­man, Suhatri Bur dalam sam­butannya mengapresasi duku­ngan Kodim 0308 Pariaman dalam upaya pengendalian laju pertumbuhan penduduk di Pa­dangpariaman. Sumbangsih Kodim 0308 Pariaman melalui program TNI KB kesehatan sangat mempengaruhi laju per­tumbuhan penduduk Padang Pariaman.

“Salah satunya melalui KB kesehatan bagi pria, adalah strategi yang tepat dalam me­ngen­dalikan laju pertumbuhan penduduk,” ulasnya.

Dandim 0308 Pariaman, Letkol Arh Endro Nurbantoro dalam eksposenya mengatakan, suksesi program KB kesehatan sebagai upaya pengendalian laju pertumbuhan penduduk ter­kendala minimnya anggaran. Namun hal tersebut bukanlah hambatan bagi Kodim 0308 Pariaman dalam melaksanakan program KB. Hal tersebut di­buk­tikan capaian yang melam­paui target sasaran KB kese­hatan yang mencapai 1.031 aseptor baru.

“Kendala berupa keter­bata­san anggaran bukan halangan, dengan gotong royong bersama, kita bisa melampaui target aseptor baru yang telah dite­tapkan. Gotong royong dan dukungan dari tokoh masya­rakat, todat sehingga kendala dapat kita atasi,” ujarnya.

Sementara itu, ketua tim penilai program TNI KB kese­hatan tahun 2016, Kapten Arh Wendra menuturkan, sejauh ini Kodim 0308 Pariaman menjadi salah satu kodim dijajaran Korem 032 Wirabraja terbaik dalam pelaksanaan program KB kesehatan.

Dari pemaparan yang di­sampaikan kedua kepala daerah dan peninjauan dilapangan hasil capaian aseptor bagi dan me­tode pendekatan yang dilakukan oleh babinsa TNI dan penyuluh KB kepada masyarakat sangat sangat terbantu capaian aseptor baru.

“Sejauh ini kodim 0308 Pariaman salah satu pe­nye­lenggara program TNI KB kesehatan terbaik. Setelah sele­sai semua sasaran penilaian, akan diumumkan,” tandasnya.

Hadir juga Ketua DPRD Kabupaten Padang Pariaman Faisal Arifin, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin II,  Wakapolres Pariaman Kom­pol Aksalmadi, Kepala Dinas BP2KB Kota Pariaman Definal dan jajaran, Camat se Kabu­paten Padang Pariaman, serta tim penilai yang datang dari Provinsi Sumbar dan jajaran Kodim 0308 Pariaman. (h/rel)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]