Dewan Imbau Warga Jangan Dirikan Rumah di Tanah Terban


Rabu, 19 Oktober 2016 - 01:07:32 WIB

Padang, Haluan—Ketua DPRD Kota Padang H. Erisman Chaniago,  didampingi anggota dewan  Iswandi Muchtar dan  H. Maidestal Hari Mahesa me­ngunjungi lokasi tanah terban yang terjadi di Kelurahan Batang Arau RT 03 RW 03 Kecamatan Padang Selatan, kemarin.

Ketua  DPRD Kota  Padang Erisman  berharap  Pemko Pa­dang melalui Dinas terkait BN­PB, Dinas Sosial agar menga­komodir kebutuhan warga yang terkena musibah.

“Kami lihat  di lokasi keja­dian,  kondisinya cukup parah yang berdampak pada rumah warga  yang berada di bawahnya. Hal ini harus  dicarikan solu­sinya  agar tidak menimbulkan korban jiwa atau harta, “ ujarnya.

Agar ada pendataan  by name by adress,  untuk warga di kelurahan Batang Arau. Pihak kelurahan harus berkoordinasi,  dengan Dinas TRTB untuk memperkecil persoalan yang terjadi di daerah lereng per­bukitan. 

“Terkait  keberadaan rumah warga,  apakah pantas atau tidak berdiri didaerah lereng. Apalagi  dengan kemiringan  90 derajat,” katanya.

Hingga akhir tahun, cuaca ekstrem terjadi di Kota Padang. Perlu penanganan dari instansi terkait.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Padang Iswandi Muchtar menambahkan, Kota Padang   daerah rawan bencana seperti banjir, longsor, pohon tumbang apalagi beberapa waktu terakhir cuaca ekstrem melanda Kota Padang.

“Kami  mengimbau masya­rakat  tidak  membangun rumah di kawasan lereng perbukitan. Apalagi  di kemiringan yang cukup curam,” ujarnya.

Lurah  Batang Arau Efri­naldi  mengatakan,kelurahan Batang Arau  ada 19 RT dan  dua bulan lalu sudah mem­berikan data warga yang tinggal kemiringan 90 derajat   pada  TRTB. 

“Kami  khawatir, seandainya rumah ini terban  mengaki­batkan dampak pada 11 rumah, 17 kk 58 jiwa yang berada dibawah, “ ujarnya.

Selalu dingatkan pada  warga yang  tinggal di kelurahan Ba­tang Arau, khususnya dikawasan lereng yang kondisi  curam agar  waspada ketika turun hujan lebat. 

Kemudian tidak memper­bolehkan warga   mendirikan bangunan baru di lereng per­bukitan yang kemiringannya mencapai 90 derajat.  Apalagi tidak ada izinnya.

Camat Padang Selatan Fuji Astomi  mengimbau masyarakat Padang Selatan tidak men­diri­kan rumah di lereng perbukitan.   Berbahaya juga tidak memiliki izin kepemilikan, artinya tidak sesuai dengan aturan.

“Saya rasa,  pemerintah membuat aturan  untuk masya­rakat. Sebab pemerintah,  telah mempertimbangkan aspek nega­tif yang  timbul jika masyarakat melanggarnya,” katanya.

“Kami selalu mem­peringat­kan agar warga  tidak  mendiri­kan bangunan baru. Ini meru­pakan,  suatu peringatan Tuhan,  agar tidak lagi melanggar aturan - aturan yang sudah ada, “ ungkapnya.(h/ade)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 14 Maret 2020 - 18:13:41 WIB

    Heboh Virus Corona di Padang, Dewan Minta Jaga Jarak 2,5 Meter dari Orang Lain

    Heboh Virus Corona di Padang, Dewan Minta Jaga Jarak 2,5 Meter dari Orang Lain PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang, Azwar Siry menyebutkan, setelah pihaknya mencoba mendalami virus corona atau Covid-19 ini. Ternyata yang mengakibatkan virus tersebut cepat penularannya karena pen.
  • Ahad, 15 September 2019 - 12:37:42 WIB

    Warga Kuranji Sampaikan Aspirasi ke Dewan dari Dapilnya

    Warga Kuranji Sampaikan Aspirasi ke Dewan dari Dapilnya PADANG, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPRD Kota Padang Zulhardi Z.Latif dari Partai Golkar, Dapil Padang II Kecamatan Kuranji Pauh, kemarin gelar acara silahturahim serta syukuran sekaligus dirangkai dengan agenda menjemput asp.
  • Selasa, 29 Januari 2019 - 13:58:53 WIB

    Dewan Desak Pemko Padang Berantas Pemalak

    Dewan Desak Pemko Padang Berantas Pemalak PADANG, HARIANHALUAN.COM -- DPRD Kota Padang mendesak Pemko Padang untuk membasmi pemalakan liar di lokasi wisata Pantai Air Manis. Sebab, jika hal tersebut tidak dibenahi akan merugikan Kota Padang..
  • Kamis, 29 Desember 2016 - 00:30:29 WIB

    Dewan Minta Pemko Larang Petasan di Malam Tahun Baru

    Padang, Haluan—Malam pergantian tahun dari 2016 ke 2017 tinggal hitungan hari. Tahun baru identik dengan berbagai euphoria, salah satunya petasan, mercun, kembang api dan se­jenisnya..
  • Jumat, 02 Desember 2016 - 00:53:31 WIB

    Tak Lagi Memadai, Gedung Dewan Diusulkan Pindah

    Padang, Haluan—Kalangan anggota DPRD Kota Padang mengusulkan, kantor DPRD Kota Padang dipindahkan sementara waktu ke Gedung Bagindo Azis Chan karena kantor DPRD yang saat ini berlokasi di Jalan Sawahan dinilai tak memadai.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM