APBD 2017 Tanjungpinang Diprediksi Turun


Kamis, 20 Oktober 2016 - 02:39:10 WIB
APBD 2017 Tanjungpinang Diprediksi Turun

TANJUNGPINANG, HALUAN — Wali­kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah memprediksi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (ABPD) tahun 2017 men­datang akan mengalami penurunan di bandingkan tahun 2016 ini. Saat ini, Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang tengah menyusun APBD murni 2017 dan hanya mengacu pada angka-angka yang optimis yang bersumber dari pendapatan yang sudah pasti akan diterima.

“Kita susun yang optimis, tanpa mem­prediksikan. Jadi yang jelas-jelas saja. Kalau tidak ada gambaran, tidak kita masukkan ke APBD. Misal, untuk DBH provinsi, kita tanyakan dulu berapa pastinya yang akan dibayarkan,” kata Lis.

Dikatakan Lis, Pemko Tanjungpinang tidak ingin memasukkan sumber-sumber pendapatan, seperti dana bagi hasil bila belum pasti. Dengan demikian, Lis mem­per­kirakan APBD 2017 hanya berkisar pada angka Rp900 miliar lebih.

Memang, apabila dibandingkan tahun 2016 menurun, karena APBD 2016 capai Rp1 triliun lebih. Namun, menurut Lis, hal tersebut tidak menjadi masalah, karena angka yang disusun merupakan angka optimis, sehingga pelak­sanaan APBD juga lebih pasti.

Terpisah, Ketua Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang, Maskur Tilawahyu menga­takan, untuk tahun 2017 harus ada pola yang diubah dalam menggunakan APBD. Diharapkan Pemko Tanjungpinang mengu­rangi belanja pegawai dan meningkatkan belanja yang langsung bersentuhan kepada masyarakat.

“Kalau tidak pandai mengolah, maka akan merugikan masyarakat kita. Karena saat ini, kita sedang dihadapi kondisi ekonomi yang sulit berdampak pada daya beli mayarakat menurun. Saya harapkan juga pemerintah mengurangi pemba­ngunan fisik dan fokus kepada masyarakat kecil,” ujar Maskur.

Namun pada prinsipnya, kata Maskur, pihaknya tetap mendukung Pemko Tanjung­­pinang dalam pembangunan daerah. Apa yang telah dilakukan peme­rintah daerah dalam pembangunan sangat baik. (h/hk)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]