APBD 2017 Tanjungpinang Diprediksi Turun


Kamis, 20 Oktober 2016 - 02:39:10 WIB

TANJUNGPINANG, HALUAN — Wali­kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah memprediksi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (ABPD) tahun 2017 men­datang akan mengalami penurunan di bandingkan tahun 2016 ini. Saat ini, Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang tengah menyusun APBD murni 2017 dan hanya mengacu pada angka-angka yang optimis yang bersumber dari pendapatan yang sudah pasti akan diterima.

“Kita susun yang optimis, tanpa mem­prediksikan. Jadi yang jelas-jelas saja. Kalau tidak ada gambaran, tidak kita masukkan ke APBD. Misal, untuk DBH provinsi, kita tanyakan dulu berapa pastinya yang akan dibayarkan,” kata Lis.

Dikatakan Lis, Pemko Tanjungpinang tidak ingin memasukkan sumber-sumber pendapatan, seperti dana bagi hasil bila belum pasti. Dengan demikian, Lis mem­per­kirakan APBD 2017 hanya berkisar pada angka Rp900 miliar lebih.

Memang, apabila dibandingkan tahun 2016 menurun, karena APBD 2016 capai Rp1 triliun lebih. Namun, menurut Lis, hal tersebut tidak menjadi masalah, karena angka yang disusun merupakan angka optimis, sehingga pelak­sanaan APBD juga lebih pasti.

Terpisah, Ketua Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang, Maskur Tilawahyu menga­takan, untuk tahun 2017 harus ada pola yang diubah dalam menggunakan APBD. Diharapkan Pemko Tanjungpinang mengu­rangi belanja pegawai dan meningkatkan belanja yang langsung bersentuhan kepada masyarakat.

“Kalau tidak pandai mengolah, maka akan merugikan masyarakat kita. Karena saat ini, kita sedang dihadapi kondisi ekonomi yang sulit berdampak pada daya beli mayarakat menurun. Saya harapkan juga pemerintah mengurangi pemba­ngunan fisik dan fokus kepada masyarakat kecil,” ujar Maskur.

Namun pada prinsipnya, kata Maskur, pihaknya tetap mendukung Pemko Tanjung­­pinang dalam pembangunan daerah. Apa yang telah dilakukan peme­rintah daerah dalam pembangunan sangat baik. (h/hk)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 10 September 2016 - 02:45:57 WIB

    Penyusunan APBD Riau 2017 Ter¬ken¬dala SOTK Baru

    PEKANBARU, HALUAN — Penyu­sunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 di Pro­vin­si Riau, perlu disesuaikan lagi ber­dasarkan perubahan Struktur Orga­nisasi dan Tata Kerja (SOTK) perang­kat daerah yang ba.
  • Selasa, 07 Juni 2016 - 02:23:37 WIB

    Dana Pendidikan Anambas Belum 20 Persen dari APBD

    ANAMBAS, HALUAN — Alokasi dana pendidikan di Kabupaten Kepulauan Anam­bas (KKA) tidak per­nah mencapai 20 persen seperti yang telah dia­manat­kan Undang-Undang sejak daerah tersebut dimekarkan. Hal tersebut tak dapat di.
  • Rabu, 27 April 2016 - 02:45:40 WIB
    Operasional Bus Trans Metro Pekanbaru

    Masih Ditanggung APBD Rp1,5 M Sebulan

    Masih Ditanggung  APBD Rp1,5 M Sebulan PEKANBARU, HALUAN — Biaya operasional 75 unit bus penumpang Trans Metro Pekanbaru (TMP) hingga kini masih ditanggung Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Pekanbaru karena dipergunakan sebagai angkutan umum mas.
  • Kamis, 10 Maret 2016 - 04:01:21 WIB
    Dampak Rasionalisasi

    Penggunaan APBD Lamban

    PEKANBARU, HALUAN—Memasuki bulan ke tiga 2016, APBD Pekanbaru belum bisa digunakan oleh SKPD. Padahal keterlambatan ini berpengaruh terhadap pelayanan masyarakat..
  • Senin, 15 Februari 2016 - 02:14:17 WIB
    Pertanyakan Dasar Hukum Pendampingan KPK

    Dewan Bantah Intervensi APBD Riau

    PEKANBARU, HALUAN — Rencana Komisi Pemberantasan Korupsi mendampingi Pemprov Riau dalam penyusunan APBD, direspon langsung DPRD Riau. Pemicunya, adalah pernyataan lembaga antirasuah itu yang menyebutkan adanya dugaan interv.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM