Pelabuhan Serasan Hampir Tenggelam


Kamis, 20 Oktober 2016 - 02:39:50 WIB
Pelabuhan Serasan Hampir Tenggelam PELABUHAN Pelni di Kecamatan Serasan hampir tenggelam akibat air laut mengalami pasang.

NATUNA, HALUAN — Pelabuhan Pelni yang ada di Kecamatan Serasan hampir tenggelam, lantaran air laut mengalami pasang yang cu­kup tinggi bercampur gelom­bang besar. Hal tersebut dikatakan salah seorang war­ga Serasan, Doni.

Dikatakannya, pelabuhan bertaraf nasional itu terus-menerus dihantam gelom­bang, sehingga air naik ke atas pelantar pelabuhan dan sebagiannya terendam air. “Air pasang terjadi di Se­rasan dan mengalami ge­lombang besar, sehingga ujung pela­buhan hilang de­ngan air,” kata Doni, Selasa (18/10).

Diceritakannya, peristiwa itu terjadi karena dampak hujan angin dan gelombang tinggi yang terjadi semala empat hari berturut-turut. “Hujan sejak empat hari dan tak ada hentinya, ditambah gelombangnya tinggi, se­hingga air naik ke pela­bu­han,” ujarnya.

Ia mengaku, tidak bisa membayangkan bila kondisi itu berlansung lebih lama. “Bagaimana kalau lebih lama cuaca macam itu, mungkin pelabuhan itu benar-benar tenggelam,” sebutnya.

Ia pun berharap ada tin­dakan antisipasi atas peris­tiwa-peristiwa semacam itu ke depannya. “Ke depan harus ada upaya antisipasi, paling tidak program pem­bangunan pemecah ombah, seperti batu miring atau bisa saja penanaman hutan mang­rove,” harapnya.

Menurutnya, cuaca itu tidak hanya berdampak pada pelabuhan, tapi juga aktifitas masyarakat juga turut ter­halang, karena mereka tidak bisa berbuat banyak di bawah cuaca ekstrem seperti itu. Demikian juga dengan sektor kelistrikan.

“Warga pun taku keluar rumah. Bagaimana mau be­kerja, kalau hujan terus. Mereka mengerjakan apa yang bisa dikerjakan di ru­mah saja,” ungkapnya.

Kondisi yang terjadi itu dibenarkan Kapolsek Sera­san, AKP Benhur Gultom. “Ya betul, di sini (Se­ra­san,red) hujan telah empat hari berturut-turut, makanya air naik,” katanya. (h/hk)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 08 Oktober 2016 - 02:43:56 WIB
    SEJAK DIBANGUN TAHUN 2010

    Terminal Pelabuhan Roro Belum Digunakan

    DUMAI, HALUAN — Sejak dibangun tahun 2010, Terminal Pelabuhan Roro di Dumai, hingga saat ini belum digu­nakan dan telah banyak yang rusak. Proyek APBN yang berniliai miliaran rupiah itu pun terbengkalai dan belum ada serah.
  • Sabtu, 10 September 2016 - 02:46:55 WIB

    Pelabuhan Sungai Perak Tak Kunjung Diperbaiki

    Pelabuhan Sungai Perak Tak Kunjung Diperbaiki TEMBILAHAN, HALUAN — Dermaga Pelabuhan Kelurahan Sungai Perak, Kecamatan Tem­bilahan roboh, sejak dua bulan lalu hingga kini belum kunjung diperbaiki Pemkab Inhil. Kondisi ini, tentunya menyulitkan akses transportasi warga.
  • Rabu, 04 Mei 2016 - 05:07:04 WIB

    Pelabuhan Parit Rampak Dikaji

    Pelabuhan Parit Rampak Dikaji KARIMUN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten (Pem­k­ab) Karimun akan m­e­­­mindahkan pelabuhan kargo, dari Pelabuhan Ta­man Bunga yang terletak persis di depan kediaman dinas Bupati Karimun, ke pelabuhan Parit Rampak di Me.
  • Kamis, 21 April 2016 - 01:52:08 WIB

    Masyarakat Beting Berharap Peningkatan Status Pelabuhan

    BETING, HALUAN — Masyarakat Desa Beting, Kecamatan Rangsang Pesisir, sangat berharap perbaikan dan peningkatan status pelabuhan. Lokasi Pelabuhan Desa Beting salah satu pelabuhan yang dilintasi trayek kapal penumpang Dumai-.
  • Senin, 04 April 2016 - 03:42:38 WIB

    Pelabuhan Berhala Dapat Anggaran Rp20 Miliar

    TANJUNGPINANG, HALUAN — Pasca peninjauan dan peletakan batu pertama pembangunan Pelabuhan Pu­lau Berhala pada Kamis (31/3) lalu, Wakil Gubernur Kepri Nurdin Basirun meminta se­mua SKPD di Pemprov Kepri untuk bersinergi me.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]