Kantor Cabang Kejari Air Bangis Diresmikan


Kamis, 20 Oktober 2016 - 02:41:22 WIB
Kantor Cabang Kejari Air Bangis Diresmikan KEPALA Kejaksaan Negeri Sumatera Barat, Widodo Supriyadi didampingi Bupati Pasaman Barat, Syahiran dan Wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto foto bersama saat peresmian Kantor Cabang Kejaksaan Negeri Simpang Empat. (IDENVI SUSANTO)

PASBAR, HALUAN — Kan­tor Cabang Kejaksaan Negeri Pasamana Barat di Air Bangis, yang diresmikan oleh Kejaksaan Tinggi Sumbar, Rabu (19/18). Pembangunan kantor cabang yang menelan anggaran Rp1,8 miliar ini diharapkan bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Menurut Kepala Cabang Kejaksaan Pasbar, Nofrizal pembangunan kantor cabang ini sekaitan dengan terjadinya kebakaran yang melanda kantor cabang di Talu pada tahun 2010 silam.

“Kami terpaksa berkan­tor di rumah Kacabjari sela­ma tiga tahun. Tahun 2014 kami dapat perintah pindah ke Air Bangis. Disini, kami berkantor di kantor desa. Dengan kondisi yang serba terbatas itu, kami tetap komit memberikan pelayanan kepa­da masyarakat,” urai Nofrizal dihadapan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumbar Wi­dodo Supriyadi, Bupati Pas­bar, Syahiran serta Wakil Bupati, Yulianto.

Ia menambahkan, pada tahun 2015 dapat anggaran sebesar Rp1,2 miliar. Dana ini kemudian digunakan un­tuk membangun bagian de­pan kantor. Pada tahun 2016 anggaran ditambah sebesar Rp600 juta.

“Sekarang kami sudah memiliki Kantor Cabang Kejaksaan Negeri di Air Bangis. Namun, kami masih kekurangan sarana dan prasa­rana seperti mobiler. Kami berharap pada tahun 2017 bantuan mobiler bisa meleng­kapi kantor ini sehingga pelayanan kepada masyarakat semakin maksimal,” harap Nofrizal.

Bak gayung bersambut, Kepala Kejaksaan Negeri Sumbar Widodo Supriyadi mengapresiasi apa yang dila­kukan oleh Kacabjari Air Bangis. Walaupun dalam kondisi yang serba terbatas pelayanan tetap diberikan kepada masyaralat.

“Apa yang disampaikan oleh kacab tadi saya apresiasi. Karena ketekunan jugalah membuahkan hasil, “timpal Widodo Supriyadi.

Di Sumbar terdapat 15 Kantor Kejaksaan Negeri dan 6 Kantor Cabang. Salah satu­nya di Air Bangis. Kantor Cabang di Air Bangis ini cukup megah, tinggal me­leng­kapi dengan mobiler.

“Walaupun begitu, ke depan hal-hal baru perlu kita Lakukan. Sebab ada bebe­rapa kantor kejaksaan juga yang sudah naik kelas,” tam­bah Supriyadi.

Tidak hanya itu saja, kejaksaan ke depan harus bisa menerapkan sarana cepat, biaya ringan, jujur, bebas dan tidak memihak. Dengan ada­nya kantor cabang yang baru ini, pelayanan hukum teru­tama di sekitar Air Bangis ini bisa terlayani dengan baik.

“Sebab Pasbar meru­pa­kan daerah akan maju, karna daerah ini memiliki keistime­waan dan keunggulan. Pasbar memiliki Teluk Tapang, dae­rah yang kaya,” kata Widodo Supriyadi.

Selain itu, ke depan ada tugas penting dari kejaksaan. Mensukseskan tim pengawal pemerintah dan pemba­ngu­nan dan jaksa masuk sekolah.

Bupati Pasbar, Syahiran dalam sambutannya me­nyam­­paikan, kehadiran Kan­tor Cabang Kejaksaan Negeri di Air Bangis semakin me­nam­bah pelayanan hukum di Pasbar. Ada tiga kecamatan yang dekat dengan kantor cabang ini yakni Kecamatan Sungai Beremas, Kecamatan Koto Balingka dan Keca­matan Ranah Batahan.

“Kantor Cabang  Kejak­saan Negeri di Air Bangis ini merupakan tempat yang stra­tegis,” ulas Syahiran.

Syahiran berharap de­ngan adanya kantor cabang ini pelayanan masalah hukum ditingkatkan. Apakah dalam bentuk penyuluhan hukum kepada masyarakat dengan jemput bola.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Pasbar sudah mela­kukan kerjasama dengan Kejari Simpang Empat terkait dengan surat tilang,” tutup Syahiran mengakhiri. (h/idn/ows)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]