Pulau Panjang Butuh Sentuhan Pemerintah


Kamis, 20 Oktober 2016 - 02:42:44 WIB
Pulau Panjang Butuh Sentuhan Pemerintah Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit dan Wakil Bupati, Yulianto foto bersama disalah satu sekolah di Pulau Panjang, Nagari Air Bangis. (OSNIWATI)

PASBAR, HALUAN — Meski telah dihuni se­banyak 320 Kepala Keluarga (KK), ternyata Jorong Pulau Panjang, Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Baremas ini masih minim sarana dan prasarana. Masyarakat berharap Pemerintah Kabupaten Pasaman bisa lebih fokus membangun kawasan terpencil ini.

Salah seorang warga ber­nama Joni, kepada Haluan menuturkan, kawasan yang berada di pulau ini sangat membutuhkan alat transportasi yang lebih cepat. Dalam hal ini transportasi laut guna me­mudahkan mereka pergi ke Air Bangis.

“Itu yang kami rasakan sebagai masyarakat. Kalau pergi ke pasar harus me­num­pang kapal nelayan. Untuk itu, kami sangat berharap kepada Pemerintah Kabupaten Pasa­man, melalui bupati untuk bisa lebih memperhatikan kami dan memberikan fasilitas yang kami butuhkan ini,” tuturnya.

Joni juga ingin jalan yang ada di Jorong Pulau Panjang itu diperbaiki. Sebab, akses jalan yang ada juga masih buruk.

Sementara, Kepala Jorong Pulau Panjang, Helvizar bebe­rapa waktu yang lalu menga­takan, Pulau Panjang  meru­pakan salah satu daerah di Air Bangis. Tetapi, daerah yang terletak di pulau itu masih daerah tertinggal. Dari 260 rumah yang ada di Jorong Pulau Panjang, masih ada seba­nyak 15 unit rumah yang tidak layak huni.

“Rumah tersebut perlu kita rehab, semoga ada program rehab atau bedah rumah di Pemda Pasbar yang menyasar ke pulau kami ini,” harap Helvizar.

Ia menambahkan, ekonomi masyarakat pesisir tersebut menengah ke bawah dan dino­minasi oleh nelayan. Kebu­tuhan nelayan terhadap alat tangkap juga masih tinggi. Artinya nelayan butuh bantuan seperti peralatan kapal.

“Pada umumnya kehidupan masyarakat di Jorong Pulau Panjang ini nelayan. Makanya kita butuh bantuan peralatan nelayan,” kata Helvizar.

Dari sektor pendidikan, Pulau Panjang masih jauh tertinggal. Sekolah yang di­miliki seperti SD dan SMP juga minim sarana dan prasarana, seperti pustaka, labor, buku-buku pelajaran.

“Namanya pulau terpen­cil pasti masalah utamanya adalah minim sarana prasarana. Ma­syarakat juga harus keluar pulau dulu kalau ingin ke pasar. Sebab di Pulau Panjang ini tidak ada pasar,” jelas Helvizar.

Walaupun begitu, tambah Helvizar, Jorong Koto Panjang merupakan salah satu daerah kawasan wisata yang indah di Pasbar. Helvizar mempre­diksi­kan jumlah wisatawan yang datang ke pulau tersebut ketika lebaran mencapai 3 ribu orang.

“Pulau Panjang ini cukup indah dengan objek wisata lautnya. Namun masih butuh sentuhan ke depannya,” ka­tanya lagi.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit yang didampingi oleh Bupati Pasbar Syahiran Wakil Bupati Yulianto juga berkesempatan mengunjungi Jorong Pulau Panjang ini bebe­rapa hari lalu.

Menanggapi permintaan masyarakat ini, Bupati Pasbar Syahiran berjanji akan segera merealisasikan keinginan ma­syarakat tersebut.

“Insya Allah, kkita akan segera benahi ka­wasa Pulau Panjang ini untuk menjadi kawasan wisata yang indah,” pungkas Syahiran. (h/ows/hel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 19 Februari 2019 - 10:50:13 WIB

    Pulau Angso Duo Mulai Dipercantik

    Pulau Angso Duo Mulai Dipercantik PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Objek wisata Pulau Angso duo Pariaman dipercantik dengan lampu warna warni sistem solar cell bantuan dari PT Alfa Light System. .
  • Kamis, 30 Maret 2017 - 14:08:24 WIB

    Bank Nagari Pulau Punjung Sediakan KUR Rp30 M

    Bank Nagari Pulau Punjung Sediakan KUR Rp30 M DHARMASRAYA, HALUAN—Kepala Bank Nagari Cabang Pulau Punjung, Tasman, menyatakan, pihaknya menyediakan kredit usaha rakyat (KUR) untuk kabupaten tersebut pada tahun ini sebesar Rp30 miliar. Pihaknya menyediakan KUR sebanyak .
  • Kamis, 04 Agustus 2016 - 13:05:38 WIB

    Pariaman Rancang Pulau Tangah Jadi Taman Burung

    Pariaman Rancang Pulau Tangah Jadi Taman Burung PARIAMAN, HALUAN--Sejumlah kota dan kabupaten di Sumbar berlomba-lomba berinovasi di bidang pariwisata. Kota Pariaman tidak mau ketinggalan, satu pulau di Kota Tabuik disulap menjadi taman burung..
  • Rabu, 03 Agustus 2016 - 03:56:22 WIB
    BENAHI OBJEK WISATA

    Pulau Angso Duo Akan Ditutup Sementara

    Pulau Angso Duo Akan Ditutup Sementara PARIAMAN, HALUAN — Pemerintah Kota Pariaman berencana untuk menutup sementara objek wisata Pulau Angso Duo dari kegiatan wisata ke pulau. Hal ini dilakukan untuk pembenahan pulau tersebut..
  • Rabu, 08 Juni 2016 - 02:31:14 WIB

    Pemko Segera Perbaiki Logo Pulau Angso Duo

    Pemko Segera Perbaiki Logo Pulau Angso Duo PARIAMAN, HALUAN — Penanganan logo Pulau Angso Duo, dan abrasi di tempat wisata tersebut masih dalam tahap pembicaraan dan proses tender..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM