Bupati Tinjau Sejumlah Pembangunan Fisik


Kamis, 20 Oktober 2016 - 02:44:28 WIB
Bupati Tinjau Sejumlah Pembangunan Fisik Bupati Irdinansyah Tarmizi bersama Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir. Helfy Rahmi Harun saat meninjau kondisi bahu jalan dan dinding penahan tebing diruas jalan Sultan Alam Bagagarsyah, Senin (17/10).

BATUSANGKAR, HALUAN — Bupati Ir­di­nan­syah Tarmizi bersama Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir. Helfy Rahmi Harun, Senin (17/10) tinjau kondisi bahu jalan dan dinding penahan tebing di­ruas jalan Sultan Alam Ba­gagarsyah yang sedang dila­kukan pengerjaannya

“Dalam pengerjaan bahu jalan dan dinding penahan tebing yang telah selesai sebanyak 70% ini, masih butuh sedikit lagi pem­ber­sihan. Karena kita akan me­laksanakan iven besar yakni Festival Pesona Budaya Mi­nang­kabau (FPBM). Untuk penyelesaiannya tidak perlu tergesa-gesa, yang penting kondisi bahu jalan harus bersih dulu, nanti pada awal bulan November bisa kembali dikerjakan penyelesaiannya (finishing),” sebut bupati.

Kondisi infrastruktur se­perti jalan dan bahu jalan ini, lanjutnya, merupakan salah satu faktor pendukung untuk menyukseskan beberapa iven yang akan dilaksanakan di Tanah Datar.

Kepala daerah juga meng­ingatkan kepada instansi terkait adanya beberapa in­frastruktur di Istano Basa Pagaruyung yang harus se­gera dibenahi. “Karena di­sana akan dilaksanakan be­berapa kegiatan penting salah satunya pembukaan Festival Pesona Budaya Minangkabau yang dihadiri oleh beberapa provinsi dan negara tetang­ga,” tambah Irdinansyah.

Pembangunan in­frastuk­tur di tempat umum dan objek wisata, ditambahkan bupati lagi, bukan hanya dilaksanakan ketika kita akan melaksanakan sebuah iven besar saja, namun juga diba­ngun untuk kepentingan pela­yanan publik dan mening­katkan kesejahteraan ma­syarakat.

Bahu jalan adalah jalur yang terletak berdampingan dengan jalur lalu lintas yang berfungsi sebagai, ruang untuk tempat berhenti se­men­tara kendaraan yang mogok atau yang sekedar berhenti sementara untuk keperluan lain.

“Ini bisa berfungsi seba­gai ruangan untuk menghin­darkan diri dari saat-saat darurat, sehingga dapat men­cegah terjadinya kecelakaan, memberikan kelegaan pada pengemudi,” beber bupati lagi.

Dengan demikian, sebut­nya, dapat meningkatkan kapasitas jalan yang bersang­kutan ruangan pembantu pada waktu mengadakan pekerjaan perbaikan atau pemeliharaan jalan (untuk tempat penempatan alat-alat dan penimbunan bahan mat­rial), memberikan sokongan pada konstruksi perkerasan jalan dari arah samping, ruangan untuk lintasan ken­daraan-kendaraan patroli,a mbulans, yang sangat dibu­tuhkan pada keadaan darurat seperti terjadinya kecelakaan. (h/emz/rel)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]