Kelurahan KGB Maksimalkan Pelayanan Online


Kamis, 20 Oktober 2016 - 02:47:26 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kelurahan KGB Maksimalkan Pelayanan Online WAKIL Walikota Irwandi ketika meninjau Kantor Lurah Kubu Gulai Bancah.

BUKITTINGGI, HALUAN — Kelurahan Kubu Gulai Ban­cah terus melaksanakan pela­yanan administrasi berbasis online untuk memberikan kemu­dahan bagi masyarakat.

Seiring itu juga disosia­lisasikan eksistensi pemanfaatan media cyber kepada masyarakat luas, sehingga masyarakat pa­ham benar dan mau me­man­faatkan keberadaan media cyber tersebut. “Sebagai kelurahan cyber maka pelayanan berbasis cyber ini masih perlu kita sosia­lisasikan ke masyarakat,” ujar Lurah Kubu Gulai Bancah Indra Heldi.

Menurut Indra Heldi, latar belakang masyarakat tentu tidak sama, termasuk dalam pe­ma­haman terhadap teknologi. Ka­lau kalangan muda, terutama pelajar dan mahasiswa memang sangat cepat respon, sehingga mereka dengan mudah me­ngakses pelayanan administrasi kependudukan secara online.

Namun, bagi kalangan awam tentu saja teknologi dalam pela­yanan kemasyarakatan itu se­suatu yang baru, meski bisa meng­gunakan telpon selular. Bahkan pihak Kelurahan secara langsung menunjukkan tatacara mengakses sistem yang telah disediakan

Saat ini pelayanan berbasis cyber di Kubu Gulai Bancah sama sekali tidak ada kendala. Di kantor lurah disediakan beberapa unit perangkat kom­puter lengkap dengan jaringan internet. Demikian pula sumber daya manusia (SDM) aparat yang mengelola pelayanan, juga tidak perlu diragukan. “Artinya perangkat keras dan lunak sudah siap, tinggal lagi kesiapan ma­syarakat untuk me­man­faat­kannya,” kata  Indra Heldi.

Dikatakannya, hingga saat ini baru sekitar sepuluh persen masyarakat yang telah me­manfaatkan pelayanan berbasis cyber itu dalam hal administrasi kepemerintahan. Karena itulah, sosialisasi disampaikan pada setiap kesempatan.

Penerapan pelayanan online itu bukanlah untuk jangka pen­dek, melainkan sasarannya ada­lah untuk jangka panjang. Oleh karena itu perlu pemahaman, sehingga masyarakat mengerti dan pada akhirnya menjadikan hal itu sebagai kebutuhan.

Selain sosialisasi terang Indra, pihaknya juga akan me­ngadakan kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Cata­tan Sipil (Disdukcapil) Kota Bukittinggi dalam hal data kependudukan. Dengan adanyan kerjasama tersebut maka data kependudukan yang dibutuhkan sewaktu-waktu langsung bisa diakses antara kedua lembaga melalui internet. (h/tot)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 15 November 2018 - 21:26:13 WIB

    Kelurahan di Kota Pariaman Dapat Bantuan Rp100 Juta

    Kelurahan di Kota Pariaman Dapat Bantuan Rp100 Juta PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 16 kelurahan yang ada di Kota Pariaman mendapat suntikan dana keluarahan sebesar Rp100 juta untuk tiap kelurahan. Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kota Par.
  • Ahad, 01 April 2018 - 11:57:34 WIB

    Pesta Demokrasi di Kelurahan Jalan Kereta Api, Pemilihan Ketua LPM Hingga Bundo Kanduang

    Pesta Demokrasi di Kelurahan Jalan Kereta Api, Pemilihan Ketua LPM Hingga Bundo Kanduang PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Warga Kelurahan Jalan Kereta Api, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman mengadakan pemilihan ketua LPM, PKK, bundo kanduan g, dan ketua karang taruna di SDN 15 Jalan Kereta Api, Minggu (1/4)..
  • Sabtu, 25 Februari 2017 - 11:31:58 WIB

    Tujuh Kelurahan jadi Sasaran Pengembangan Kampung KB di Padang Panjang

    Tujuh Kelurahan jadi Sasaran Pengembangan Kampung KB di Padang Panjang PADANGPANJANG, HA­LUAN – Setelah sukses dengan capaian di Kampung KB di Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Pa­dang Panjang, Koordinator PKB/PLKB Padang Panjang Timur berencana mengembangkan program serupa di tujuh kelurah.
  • Kamis, 25 Agustus 2016 - 04:00:50 WIB
    JUARA I KELURAHAN BERPRESTASI NASIONAL

    KGB Jadi Ikon Kelurahan Cyber di Indonesia

    KGB Jadi Ikon Kelurahan Cyber di Indonesia BUKITTINGGI, HALUAN—Kelurahan Kubu Gulai Bancah (KGB) Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS), meraih penghargaan dari Kementrian Dalam Negri (Kemendagri), sebagai kelurahan berprestasi tingkat nasional untuk tingkat Region.
  • Senin, 25 Juli 2016 - 04:05:46 WIB

    Aplikasi e-Kelurahan Hadir di Padang Panjang

    Aplikasi e-Kelurahan Hadir di Padang Panjang PADANG PANJANG, HALUAN — Saat ini Masyarakat Padang Panjang tidak perlu lagi bolak balik ke kantor kelurahan untuk mengurus berbagi macam urusan surat menyurat..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM