Kelurahan KGB Maksimalkan Pelayanan Online


Kamis, 20 Oktober 2016 - 02:47:26 WIB
Kelurahan KGB Maksimalkan Pelayanan Online WAKIL Walikota Irwandi ketika meninjau Kantor Lurah Kubu Gulai Bancah.

BUKITTINGGI, HALUAN — Kelurahan Kubu Gulai Ban­cah terus melaksanakan pela­yanan administrasi berbasis online untuk memberikan kemu­dahan bagi masyarakat.

Seiring itu juga disosia­lisasikan eksistensi pemanfaatan media cyber kepada masyarakat luas, sehingga masyarakat pa­ham benar dan mau me­man­faatkan keberadaan media cyber tersebut. “Sebagai kelurahan cyber maka pelayanan berbasis cyber ini masih perlu kita sosia­lisasikan ke masyarakat,” ujar Lurah Kubu Gulai Bancah Indra Heldi.

Baca Juga : Pemko Padang Panjang Cek Kesiapan Posyan Idul Fitri

Menurut Indra Heldi, latar belakang masyarakat tentu tidak sama, termasuk dalam pe­ma­haman terhadap teknologi. Ka­lau kalangan muda, terutama pelajar dan mahasiswa memang sangat cepat respon, sehingga mereka dengan mudah me­ngakses pelayanan administrasi kependudukan secara online.

Namun, bagi kalangan awam tentu saja teknologi dalam pela­yanan kemasyarakatan itu se­suatu yang baru, meski bisa meng­gunakan telpon selular. Bahkan pihak Kelurahan secara langsung menunjukkan tatacara mengakses sistem yang telah disediakan

Baca Juga : ASN di Dharmasraya Dilarang Meninggalkan Daerah, Sutan Riska Tuanku Kerajaan: Kepala OPD Wajib Berikan Laporan Kedisiplinan Pegawai

Saat ini pelayanan berbasis cyber di Kubu Gulai Bancah sama sekali tidak ada kendala. Di kantor lurah disediakan beberapa unit perangkat kom­puter lengkap dengan jaringan internet. Demikian pula sumber daya manusia (SDM) aparat yang mengelola pelayanan, juga tidak perlu diragukan. “Artinya perangkat keras dan lunak sudah siap, tinggal lagi kesiapan ma­syarakat untuk me­man­faat­kannya,” kata  Indra Heldi.

Dikatakannya, hingga saat ini baru sekitar sepuluh persen masyarakat yang telah me­manfaatkan pelayanan berbasis cyber itu dalam hal administrasi kepemerintahan. Karena itulah, sosialisasi disampaikan pada setiap kesempatan.

Penerapan pelayanan online itu bukanlah untuk jangka pen­dek, melainkan sasarannya ada­lah untuk jangka panjang. Oleh karena itu perlu pemahaman, sehingga masyarakat mengerti dan pada akhirnya menjadikan hal itu sebagai kebutuhan.

Selain sosialisasi terang Indra, pihaknya juga akan me­ngadakan kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Cata­tan Sipil (Disdukcapil) Kota Bukittinggi dalam hal data kependudukan. Dengan adanyan kerjasama tersebut maka data kependudukan yang dibutuhkan sewaktu-waktu langsung bisa diakses antara kedua lembaga melalui internet. (h/tot)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]