13,7 Miliar untuk Pilkada Payakumbuh


Kamis, 20 Oktober 2016 - 02:55:24 WIB

PADANG, HALUAN — Pemerintah Da­e­rah Kota Payakumbuh memberikan duku­ngan anggaran Rp13,7 Miliar untuk pelak­sanaan Pilkada serentak, 15 Februari 2017 mendatang. Dengan anggaran sebanyak itu, diharapkan penyelenggaraan Pilkada bi­sa sukses.

Sebanyak Rp9,1 Miliar diantaranya dib­erikan untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rp2,9 Miliar dianggarkan untuk Pan­waslih, dan Rp1,7 Miliar untuk penga­ma­­nan Pilkada. “Sesuai dengan perundang-un­dangan yang ada, Pemda berkewajiban mem­berikan bantuan dan fasilitas untuk pelaksanaan Pilkada. Bantuan yang dibe­rikan mulai dari penyediaan data kepen­dudukan, dukungan anggaran pelaksa­naan, dukungan dengan penugasan perso­nil, sosialisasi, monitoring kelancaran pilkada, dan sejumlah dukungan lainnya. Itu semua kita laksanakan,” terang Sekre­taris Daerah (Sekda) Kota Payakumbuh Benni Warlis.

Dijelaskan Benni, untuk Data Pemilih Sementara (DPS) berjumlah 86.733 pemilih. “Kami juga akan menyelenggarakan sosia­lisasi pemilihan sebanyak lima angkatan yang satu angkatan terdiri dari 200 orang. Dengan sasarannya, tentu seluruh masya­rakat Payakumbuh,” jelasnya, saat meng­ha­diri sosialisasi tatap muka kepada stake­holder dan masyarakat dalam rangka per­siapan pengawasan Pilkada di Aula Kantor Walikota Payakumbuh, Selasa (18/10).

Tidak hanya itu, Pemda juga akan ikut me­rumuskan langkah-langkah untuk ke­lan­caran pelaksanaan Pilkada. Ko­ordi­nasi an­­tar lembaga pemerintahan, juga di­per­erat. “Konsolidasi antar instansi untuk ke­a­ma­nan, menciptakan stabilitas politik yang kondusif dan memberikan dukungan pe­­nuh agar Pilkada berjalan lancar,” ucap­nya.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawas­lu) Sumbar Elli Yanti mengatakan, apre­siasinya atas dukungan yang diberikan oleh semua pihak termasuk Pemda Kota Paya­kumbuh yang akan melaksanakan Pilkada tahun 2017 mendatang.

Ia juga mengatakan, pelaksanaan sosialisasi sangat berdampak pada penga­wasan Pilkada, karena peran dari semua pihak yang hadir sangat diharapkan. Seluruh lapisan masyarakat menjadi perpanjangan tangan dari Bawaslu agar sama-sama mengawasi jalannya Pilkada. “Mari bersama-sama kita selamatkan Pe­milu di Kota Payakumbuh. Mudah-mu­da­han acara sosialisasi ini memberikan man­faat bagi semua, dan memberikan dam­pak yang berkelanjutan untuk penga­wa­san Pemilu yang kondusif mendatang,” ujarnya.

Ketua Bawaslu RI Prof Muhammad, juga mengajak seluruh masyarakat untuk ikut mensukseskan Pilkada yang akan dilaksanakan di tahun 2017, nanti karena masa depan masyarakat akan ditentukan dengan pemimpin yang dipilih nantinya.

Ia juga menjelaskan, ukuran keber­hasilan pengawasan bukan seberapa banyak pelanggaran kode etik, namun seberapa efektif keberhasilan yang dilaku­kan dalam pengawasan kelancaran Pemilu. “Jangan bangga jika pengawas banyak mengungkap pelanggaran, tapi banggalah karena dapat mencegah pelanggaran terjadi,” ujarnya.

Sosialisasi diikuti oleh 150 orang peserta yang terdiri dari pemilih pemula (siswa dan mahasiswa), Panwaslu 19 kabupaten/kota, KPU, tokoh masyarakat, pasangan calon dan stakeholder Bawaslu lainnya.

Sedangkan narasumber Komisi II DPR RI Arteria Dahlan, Komisioner Bawaslu Sumbar Aermadepa dan Surya Efitrimen, Sekda Payakumbuh, Ketua Bawaslu RI Muhammad, moderator tim ahli dari Bawaslu RI Saparudin. (h/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]